Oh ya satu hal yang paling penting selama kamu di Hokkaido!  Please tolong dibaca dan dipahami dihayati dan diamalkan hehehe… es dan salju itu licinnnnnnn! Bayangin aja kamu jalan diatas es serut abang es teler, cuma kagak ada sirop dan alpokatnya. Jadi sebelum mulai jalan-jalan di Hokkaido, please guys beli dulu sepatu boot khusus salju (snow boot) atau beli snow grip yang bahannya campuran plastik dan karet (jangan yang bahannya metal, loe bukan mau concert Rock!). Buat yang belum paham apa itu “Snow Grip” bisa diliat photonya keq gini;

Snow Grip
Snow Grip: biar Sepatu gak licin!

 

 

Selama di Sapporo kamu bisa kemana ajah? Jalur rutin salah satunya

ishiya chocolate
Ishiya Chocolate Factory
  1. Ishiya Chocolate Factory, ada pabrik coklat, sayangnya tutup waktu kesana karena renovasi, tapi disamping Factory ada taman “Shiroi Koibito Park” yang cakep buat photo-photo. Buat kesana bisa naik Train dan lanjut dengan jalan kaki dikit.

 

  1. Mt Moiwa, ropeway, nah yang ini agak tricky juga kesananya kalo lagi salju tebel. Pertama kamu naik tram, kemudian lanjut dengan bus yang pangkalannya agak ngumpet disebelah kiri jalan. Jadi setelah turun dari Tram jalan sedikit ke arah Mt Moiwa base, nah di sisi kiri ada bus gratis buat bawa kamu ke base. Pemandangan disini sebenernya bagus, tapi seringnya sih kabut selama musim salju.

 

  1. Odori Park, taman ini letaknya tepat di tengah-tengah Sapporo dan kalau lagi ada Ice Festival yang biasanya di bulan Januari pasti bagus banget. Tapi kalau December kamu kesini sih kosong dan dingin, gak ada apa-apa. Dibawah taman yang cukup luas ini terdapat area bawah tanah yang menghubungkan 3 station, Susukino, Odori Park, dan Sapporo Station sepanjang 3-5km barangkali. Jadi selama winter yang dingin banget diluar, ini area buat kamu ngumpet dan ngangetin badan or hybernate. Di dalam areal ini ada banyak restoran dan jalur ini juga menghubungkan banyak shopping mall, keren deh.

 

Sebenernya masih banyak sih yang bisa kamu liat di Sapporo, tapi udah dibahas deh di banyak blog so sesuaikan aja ama minat dan bakat kamu hehehe…

Yang jelas makanan disana terasa lebih enak, saking dinginnya kali, bawaan mau makan mulu 🙂

 

Next, perjalanan ke Otaru dan Jozankei…

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements