Perjalanan kali ini agak berbeda, mereka yang ke Hokkaido di bulan December sampai dengan Maret harus pake baju tebel, dan siap-siap kalo di photo keliatan kayak King Kong, karena bajunya berlapis-lapis guys!

Paling enggak kamu pakai 4 lapis, mulai dari extra warm nya Uniqlo, kemudian kaos atau flannel, sweater dan terakhir waterproof jaket. Ditambah lagi “Beanie” di kepala udah pasti pake kalo gak mau jidat kedinginan, dan syal wajib kalo enggak mau masuk angin. Meski loe udah minum 10 biji Tolak Angin gaes mending tetap pake syal. Rata-rata suhu di luar selama di Hokkaido emank berasa seperti di dalam kulkas  yaitu “0 derajat”  sampai dengan dibawah “0”  alias minus…rekor tercatat sih “-9 derajat” waktu di Otaru …brrr…sedap hehehe

 

Ada beberapa kota yang biasa dikunjungi di Hokkaido, yaitu Sapporo, Otaru, Hakodate, dan Noboribetsu. Sapporo adalah pintu gerbang untuk Hokkaido, pesawat kamu mendarat Tokyo atau Osaka terus dari situ naik Train atau pesawat yang sebagian besar berangkat dari Haneda Airport. Jadi kalau kalian pesan tiket pesawat dari Jakarta, sebaiknya mendarat di Haneda supaya gampang lanjut ke Hokkaido.

Baggage Check In – Haneda

 

Ada beberapa maskapai dari Haneda ke Sapporo dan yang paling banyak tentunya ANA air.  Kali ini saya coba ANA yang prosedur check in dan proses bagasinya serba otomatis.

 

haneda booking

 

Check in menggunakan mesin, ada Bahasa Inggrisnya kok, biasa tinggal scan, pilih seat, confirm.

Check In Machine – Haneda

haneda airport

 

Selanjutnya bawa koper ke bagian “check-in Bagasi”, please make sure koper kamu enggak terlalu besar dan beratnya gak lebih dari 20kg. Kalau lebih dari 20kg kamu diantar ke loket untuk check in manual, jadi lebih lambat deh prosesnya.

 

haneda airport 2

haneda bus 2
Airport Limousine Bus – Ticket

 

haneda bus

haneda bus 3
Bag Tag and Ticket

 

Kalau kamu mendarat di Narita dan harus pindah ke Haneda untuk cari pesawat ke Sapporo.  Cara yang paling gak ribet untuk ke Narita naik “Bus Limousine”.  Tinggal beli tiket di Loket yang gak jauh dari exit gate, setelah beli tiket kemudian tunggu di platform yang tertera di tiket. Koper-koper kamu nanti diurus sama supir dan kenek yang masukkin ke bus dan kamu diberikan bag tag.