Sources: Google image
Sources: Google image

 

Transportasi di jepang sudah sangat maju, dimana-mana ada train, bus, dan metro(subway).  Harga tiket utk dalam kota realtif murah. Contoh keliling Tokyo, Yamanote Line dr Shinjuku ke Shibuya 160 yen atau kurang lebih Rp 20 ribu.

Utk keluar kota spt Nikko, Nagano, Fuji itupun jaringan transportasinya sangat baik.

Train pun datang dengan jadwal yang sangat tepat, kalaupun kita gak ngerti huruf kanji, asalkan kamu tahu jadwal jam berapa train kamu harus tiba, informasi itu sudah cukup untuk menemukan train yang kamu cari.

Ditambah lagi belakangan ini di setiap gerbong sudah ada screen (TV kecil ) dengan bahasa Jepang dan Inggris, di setiap perhentian, screen akan menunjukkan nama station tersebut.

Pilihan tiket pun banyak ragam, kita bisa beli berbagai macam PASS. Mulai dari JR PASS yang dapat digunakan di hampir seluruh Jepang, dan juga ada PASS yang hanya dapat digunakan untuk area tertentu seperti JR PASS EAST, JR PASS HOKKAIDO, dan lainnya. PASS ini cocok untuk turis yang wisata ke jepang.

Belum lama ini diperkenalkan PASS baru yang bernama JR TOKYO WIDE PASS dan JR PASS EAST (NAGANO NIIGATA), keduanya merupakan pilihan yang menarik saat wisata ke jepang.

source : google image
source : google image

 

 

 

 

 

 

 

 

Nah lantas kenapa hrs sewa mobil?

Kalau menurut saya sih sewa mobil ada kelebihannya, contohnya:

  1. Ada beberapa obyek wisata yang letaknya agak jauh dari kota besar, contohnya NIKKO natural heritage, Yamanouchi Monkey Forest, Hakone Fuji. Obyek wisata tersebut hanya dapat dicapai dengan bus. Bus di daerah terpencil (lokal) tersebut umumnya tidak dicover oleh JR pass, jadi kita harus membeli tambahan PASS untuk daerah tersebut. Harganya seringkali tidak murah 🙂
  2. Bagasi, menyeret bagasi kemana-mana gak nyaman, belum tentu bagasi bisa dititipkan di loker yang tersedia di station. Karena jumlah loker di station kecil sangat terbatas.
  3. Keuntungan lain dengan mobil adalah Flexibilitas, kita bisa stop di obyek-obyek wisata yang agak tersembunyi. Kita lewat, lihat bagus, stop dan nongkrong.
  4. Ngirit.com , kalau dihitung-hitung sewa mobil relative lebih murah dibanding beli JR PASS, apalagi kalau kita bepergian dengan  4 atau 5 orang.  Untuk perjalanan 7 hari misalnya, sewa mobil sekitar 58,000 yen, sedangkan JR PASS untuk 4 orang saja sudah 155,520 yen !!

Karena alasan itulah (Terutama no. 4) saya coba sewa mobil buat wisata ke Jepang, banyak pilihan web yang menawarkan jasa sewa mobil dengan harga yang cukup reasonable !

Setelah browsing sana sini, persyaratan untuk mengemudi di Jepang adalah punya SIM International. 

Browsing lagi … “Cara Bikin SIM International” ketemu deh web kepolisian, wah ternyata gampang, biaya Rp 250,000 dan hanya dalam waktu 15 menit jadi. Siippp 🙂

Berangkat bikin SIM International, dan benar, gak pake lama, sim udah jadi, cakep dah !!

Sesampai di rumah browsin lagi untuk sewa mobil online, … masukkin tanggal sewa, isi form hmmm koq ga ada pilihan “INDONESIA” ya untuk  asal negara??  Mungkin lupa kali yah masukkin nama Indonesia ?

Terus setelah diperhatikan kok ada tulisan ini yah?

 

Please check now. You are able to drive in Japan if it is issued based on Geneva Convention in 1949,NOT Vienna Convention in 1968.
Please check now. You are able to drive in Japan if it is issued based on Geneva Convention in 1949,NOT Vienna Convention in 1968.

Whattt…???

 

wisata jepang 3

 

 

 

 

Browsing lagi cari negara yang terdaftar dalam Geneva Convention 1949….

Dan ternyata sodara-sodara, rupanya SIM INTERNATIONAL INDONESIA  TIDAK DIAKUI DI JEPANG , Indonesia mengikuti konvensi Vienna tahun 1968.

Atau dengan kata lain “Kita enggak bisa sewa mobil dan nyetir di Jepang !!”  😦

Semoga ini jadi pelajaran bermanfaat bagi yang mau coba nyetir di Jepang, dan mudah-mudahan yah siapa tahu ada dari kementrian Jepang atau Indonesia yang baca ini blog dan berbaik hati mau merubah peraturan tersebut. Demi peningkatan turis di kedua belah negara hahaha…..

 

 

 

 

Advertisements