10 hal yang perlu diketahui sebelum “nekat” keliling Jepang tanpa tour -part 2


Sambungan dari Part 1: 10 hal yang perlu diketahui sebelum keliling Jepang tanpa Tour

6. PASMO dan SUICA

Pasmo
Pasmo

Apa itu Pasmo atau Suica? Nah kalau mau praktis sebenernya di Jepang tinggal beli ini. Mau naik kereta, naik bis, subway, monorail, Disney Train, atau sekedar mau beli ramen, beli minuman di vending machine, semua tinggal tempelin kartu ini. Jadi fungsinya seperti emoney nya Bank Mandiri, atau Flash nya bank BCA, bisa buat belanja dan bisa dipakai utk semua jenis transportasi di Jepang.

Jadi kamu enggak usah pusing beli tiket di mesin lagi setiap kali mau naik train, cukup tap kartu ini di gate untuk keluar dan masuk Train Station.

Untuk beli kartu ini bisa di setiap station, ada mesin yg bertuliskan Pasmo. Ada beberapa mesin yg memiliki opsi Bahasa Inggris, selanjutnya tinggal ikuti instruksi.

  • Anak berumur 6 sd 12 tahun dapat memperoleh Pasmo  Child (setengah harga). 
  • Untuk mendapatkan pasmo child hubungi petugas yg berdiri di dekat mesin pasmo, dan tunjukkan passpor si anak. Selanjutnya petugas akan memandu untuk membeli  Pasmo di mesin. 

Lantas bedanya Pasmo dan Suica?  Hanya beda perusahaan yang mengeluarkan, fungsinya sih sama.

 

7. Limited/Express Train

Jenis Train yang satu ini agak berbeda, biasa disebut Limited/Express train, atau Scenic Train. Ada berbagai macam, untuk scenic kadang ada yang bagian atapnya terbuat dari kaca, jadi memang bisa melihat pemandangan dengan lebih lapang. Salah satu contoh dari Train ini adalah Odakyu Limited Express Train yang melayani beberapa jalur, yang paling favorite Shinjuku – Hakone dan Shinjuku- Gotemba (Factory outlet).

Tiket train jenis ini bisa dibeli di mesin yang tersedia di area tertentu, biasanya ada tulisannya gede dengan warna yang berbeda. Sayangnya untuk JR Pass umumnya tidak bisa digunakan untuk jenis train seperti ini .

Mau ke Hakone (Fuji) dengan train ini untuk info lengkapnya bisa dilihat

http://www.odakyu.jp/english/romancecar/

 

8. HYPERDIA

Source: http://www.hyperdia.com/en/
Source: http://www.hyperdia.com/en/

Apa sih Hyperdia? Nah yang ini penting banget, sebelum berangkat ke Jepang susun itinerary yang baik. Termasuk di dalamnya naik train atau bus apa saja? Untuk jadwal Train, biaya dan nama stationnya bisa didapat lengkap dari Hyperdia, www.hyperdia.com 

Web ini bisa juga di donlot versi Android maupun IOS nya, meski tidak off line.

Biasanya pertanyaan yang sering muncul apakah lebih murah pakai JR Pass atau beli PASMO dan bayar untuk setiap tripnya? Nah untuk membandingkan mana yang lebih murah coba susun itinerary lengkap dengan harga per trip (infonya dari hyperdia). Contoh kalkulasinya bisa di donlot https://jalansendirijepang.com/2015/12/02/itinerary

Bagaimana dengan Google Maps? Google maps biasa saya gunakan untuk menentukan station, terutama mencari station yang terdekat dengan tujuan kita. Selamat mencoba …!

 

To be continued part 3

 

 

Advertisements

132 thoughts on “10 hal yang perlu diketahui sebelum “nekat” keliling Jepang tanpa tour -part 2

  1. Hi Mr wong,

    saya mau minta sarannya. terima kasih sebelumnya. karena saya ngeliat reply2 comment nya ramaaaahhh bgt.. sehat2 trus ya..

    saya rencana ke jepang, tgl 28 jan 17 sudah tiba di haneda dan tgl 5 feb saya balik ke indo dari haneda juga. fyi, saya lg hamil nanti 6 bulan…

    jika dokter ngizinkan nantinya saya akan brangkat. tp sampai dengan saat ini itinerary saya blm siapkan.
    boleh saya minta masukan itinerary yg gk capek2 bgt, santai2 aja. hehehe….

    terima kasih.

    Like

    1. Hi Ria, thanks ya udah mampir 🙂
      Dan semoga kamu juga sehat terussss hehehe
      Itinerary ya, saran saya sih jangan terlalu jauh muternya, cukup sekitar Tokyo, city tour, Karuizawa, Kawagoe. Sebenernya transportasi si gak masalah buat mereka yg sedang hamil, aman2 ajah, cuma weathernya biasa too cold di bulan segitu.

      Bikin aja itinerarynya dulu, ntar saya comment.

      Wong

      Like

  2. Bro, mau nanya donk kalo itinerary ku (blm fix tapi kira2 aja) sbaiknya beli JR Pass atau beli pass2 biasa aja? Kalo di Osaka kan ada Amazing Osaka sama Kintetsu Pass.
    Osaka-Tokyo-Osaka

    Osaka 14-16 Nov
    Kyoto 17-19
    19 menuju Tokyo (masih bingung mau langsung ke Kawaguchiko apa ke Tokyo) — enak mana ya?
    Let’s say Kawaguchiko 19-21 Nov
    21-22 Nov malam Tokyo city
    23 Nov – 24 Nov Disneyland 2 day pass
    24 balik ke Osaka
    25 Balik Indo

    Saya rada bingung ini jenis card nya kok macam2. Kira2 di Japan itu anak 2 dan 6 tahunan bayar transport gak ya? Apakah memingkinkan utk bawa stroller?
    Thanks ya

    Like

    1. hi…Princess

      Kalau dari Kyoto ke Kawaguchiko bisa saja, meski lebih ribet transportnya, kalau mau gampang ya ke Tokyo dulu, terus daytrip aja ke kawaguchiko, enggak perlu nginap.
      Kalau itinerary kamu harus balik lagi ke Osaka sebaiknya beli JR Pass, sudah pasti untung deh.
      Anak umur dibawah 6 tahun masih gratis utk transport di Japan.
      Stroller ya bawah lah, khususnya untuk yg 2 tahun, sebaiknya bawa 1 stroller, jangan bawa 2.

      Cheers
      Wong

      Like

  3. Saya mau ke jepang akhir desember sampai dengan awal januari ke osaka kyoto dan tokyo. Apakah kartu suica berlaku untuk 3 kota tsb sekaligus?

    Like

  4. Pa wong mau tanya saya sekeluarga mau jalan2 di tokyo aj…saran pakai transportasi apa ya…bs tlg dijelaskan…jr pass,,,,kereta,,,jr line itu gmana bedainnyya ya

    Like

  5. Hii pak Wong
    Mohon dibantu penggunaan pass apa yang bisa menghemat itin tsb
    Day 2: haneda-asakusa-tokyo sky tree-ueno-skytree(ambil koper)-asakusabashi(rencana akan pakai TSP 3 hari pak)
    Day 3: asakusabashi-akabanebashi-nijubashimae(imperial park)-shinjuku-shiodome(hamarikyu garden)-asakusabashi(menggunakan tsp 2)
    Day 4:asakusabashi-meiji jingu-omotesando-tochomae-akihabara-asakusabashi(menggunakan tsp 3)
    Day 5: asakusabashi-shinjuku-fuji-asakusabashi
    Day 6 : asakusabashi-taman yamashita-kishamichi promenade-yokohama chinatown-landmark yokohama-asakusabashi (rencana dr yamashita -landmark yokohama pakai yokohama pass)
    Day 7:asakusabashi-osaka-nishinakajima(hotel)-shinsaibashi-dotombori-nishinakajima
    Day 8: nishinakajima-usj-nishinakajima
    Day 9: nishinakajima-fushimi inari-saga arashiyama-minamikata(hotel)
    Day 10 : nishinakajima-tsurumi ryokuchi park osaka-akuarium kaiyukan(rencana pakai akuarium+cruise ship santa maria pass)-santa maria-nishinakajima(hotel)
    Day 11: nishinakajima-kansai airport
    Matur nuwun Pak Wong

    Like

    1. hi kalau menurut saya sih kamu enggak perlu beli JR Pass karena kamu enggak perlu balik lagi ke TOkyo. Untuk ke Fuji bisa beli odakyu atau pakai pasmo ke odawara dan seterusnya. Cukup beli pasmo saja, dan untuk shinkansen bisa beli di station.

      Wong.

      2017-06-22 15:23 GMT+07:00 Jalan Sendiri ke Jepang :

      >

      Like

  6. Hai kak wong…terimakasih udah meluangkan waktu membalas…hhehe
    Saya masih bingung kak wong…saya masukkan tgl berangkat dr tokyo – kyoto tgl 30 november 2017 tulisannya kok the bus you searched is not found…
    Itu tandanya udah penuh atau emang blm tersedia ya kak wong??apa ada ketwntuan berapa bulan sebelum berangkat baru bisa di pesan??

    Terimakasih kak wong

    Like

  7. Hai kak wong…terimakasih untuk jawaban pertanyaan saya mengenai epaspor…hhehehe
    Saya ada pertanyaan lagi nih kak wong…sampai ngga bisa tidur mikirnya…hhehehe
    Kak wong saya kan rencana sampai di tokyo jam 07.00 pagi…rencana mau explore tokyo dulu terus malamnya jalan ke kyoto naik bus…
    Yg jadi pertanyaan bisakah saya dapat seat/bus pada pemesanan hari itu juga??
    Atau adakah yang menjual online dan pembayaran tanpa menggunakan kartu kredit??
    Terimakasih sebelumnya kak wong… 😊🙏

    Like

  8. Sore mas wong,
    salam kenal, sy Ovi dari Bogor.

    Saya sudah baca beberapa artikel mas wong, sangat bermanfaat sekali untuk yang mau coba alias “nekat” ke jepang tanpa ada tour guide.
    Sy rencana insyaAllah mau jepang juga bersama keluarga. Boleh tanya ya mas,
    1. Penerbangan sy dr jakarta mendarat di Narita, kalau dari Narita ke daerah Setagaya sy sudah cek di hyperdia.com rutenya ada, tapi bisa ga sih kita naik kereta sambil bawa koper dan stroller?
    2. Karena bawa anak-anak, sy berniat beli SUICA saja sesampainya di Narita, berapa minimal isi saldonya mas? lalu apa bisa di refund saat sy mau kembali ke Indonesia? Bisa ga kalau sy simpan saja kartunya, kali aja ada rejeki ke jepang lagi. Kalau kaya di Singapore kan kartunya ada masa berlakunya, kalau SUICA bgmn?
    3. Saya rencana lebih byk city tour, tapi ada 1 hari rencana mau PP ke Gala Yuzawa, Mas wong dan keluarga sudah pernah kesana kah? Untuk shinkansen anak kecil bayarnya berapa ya kalau usia 3 tahun?

    Mohon informasinya mas wong.
    Terimakasih

    Like

    1. hi Ovi

      Thanks ya udah mampir,
      1. Naik kereta bawa koper bisa aja, tapi emank ribet sih, usahakan koper jangan terlalu besar, belanja nanti aja di hari terakhir, sekalian beli koper. Kalo koper plus stroller…wah kalo cuma kamu yg bawa sendiri sih, enggak recommended deh, ribet banget. Tapi kalo ada porter yg ngebawain sih bole2 ajah hahaha

      2. SUICA , minimal 1500 yen awal ngisi, nanti bisa disisain sampai 500 yen, kalo mau di refund kena potong 150 yen. Berlaku selama 10 tahun dari terakhir pakai. Kalao saya si simpen ajalah, lagian bisa dibuat nama kita di mesin, buat koleksi.

      3. Shinkansen anak dibawah 6 tahun gratis, tapi enggak dapat tempat duduk.

      Wong

      Like

  9. Mr Wong, sy Martin, tgl 24 mei – 3jun . Tibo di narita. Rencana beli jr pass 7hari. Nah sy mau pakai jr mulai tanggal 28 mei. Sy mau nanya; dari narita tgl 24 mei pakai transportasi apa utk ke daerah ueno. Lalu sy mengaktifkan jr pass dimana jika tanggal 28mei mau mulai pakai nya. Jika tgl 24 mei mengaktifkan di airport apakah bisa utk memulai pakai tanggal 28mei? Tq Mr.Wong.

    Like

  10. Hai kak wong… 😊

    Kak wong mau tnya nih kan aku punya epasspor, udah registrasi visa waiver bln agustus 2016…dan udah aku pakai ke jepang september 2016 selama 3 hari…
    Nah rencana kan desember tahun ini mau ke jepang lagi…apa saya musti registrasi lagi??atau visa waiver saya yang lalu masih bisa dipakai??

    Terima kasih sebelumnya kak wong…salam traveller

    Like

    1. hi Dedik

      Kalo udah registrasi kamu mau ke jpn 10 kali dalam setaon juga boleh hehehe…selama maksimal 15 hari dan kunjungannya bertujuan wisata (bukan ngawinin anak orang) heehhe… dan gak perlu registrasi lagi, kecuali ganti passport (expired)

      Wong

      Like

    2. Mr Wong, sy Martin, tgl 24 mei – 3jun . Tibo di narita. Rencana beli jr pass 7hari. Nah sy mau pakai jr mulai tanggal 28 mei. Sy mau nanya; dari narita tgl 24 mei pakai transportasi apa utk ke daerah ueno. Lalu sy mengaktifkan jr pass dimana jika tanggal 28mei mau mulai pakai nya. Jika tgl 24 mei mengaktifkan di airport apakah bisa utk memulai pakai tanggal 28mei? Tq Mr.Wong.

      Like

  11. hi Mr. Wong!
    Saya Mita, rencana ke jepang di bulan juli tgl 10 2017..
    dan so fr sampe skrg blm ada plan mau kemana aja, rencana kami ber3 cewe-cewe.
    pertanyaannya adalah apakah kalo mau trip ke jepang harus bikin plan yg fix kaya tmn2 yg komen diatas? bisa gak kalo cm random aja gt, yg penting sampe jpg dulu,hotel fix, dan baru nentuin hr ini mau kmn, bsok mau kmn? soalnya blm bisa nentuin jg mau berapa lama disana maybe 5 days or more.
    thanks before ^^

    Like

    1. hi Mita

      nah paling demen nih orang yg type tournya kayak gini, no plan, just go, kalo kamu emank easy going dan dah sering travelling, dan bukan travel di peak season. Menurut saya paling okeh cara begitu, saya juga belakangan enggak pake plan2 an, just go, tapi ya dg pertimbangan diatas tadi ya. Juli sayangnya rame loh, jadi baiknya plan ahead.

      Wong

      Like

  12. Hi Mr Wong, saya mau tanya. Saya stay di shinjuku mau ke mt. Fuji dan chuerito pagoda awal april 2017. Enaknya yg mana duluan dipergiin ? Tolong dibantu rute transportnya. Dari shinjuku sebaiknya bus atau train ya ? Saya ada beli JR pass.

    Like

  13. Dear Pak Wong,

    mohon info nya transportasi umum yang bisa digunakan untuk day trip ke Kawaguchi lake sampai mt. Fuji level 5 dari tokyo / osaka bagaimana ya? FYI, saya bawa 1 infant dan 1 lansia. Perjalanan minggu depan.
    Terima kasih 🙂

    Like

  14. Salam kenal,
    Saya Nany-lokal guide di Jepang untuk turis -turis Indonesia
    Kalau boleh saya bantu untuk informasi ya
    Untuk gambaran
    Kota Osaka itu seperti kota Surabaya nya Indonesia
    dengan jarak kira kira 600 Km dari Tokyo dan bisa ditempuh
    dgn flight,bis malam dan yg cepat adalah Shinkansen
    Kota Tokyo itu seperti kota Jakarta
    Kota Kyoto itu seperti kota Jogjakarta
    Rutenya
    Osaka, Kyoto, Nagoya, Yokohama dan Tokyo

    Untuk Shiragawa go dan HIdaTakayama
    Kyoto-Kanazawa-
    Kanazawa-Shiragawago- Hida Takayama..

    Untuk jalan jalan dgn bis umum sampai di 5 Level Mt Fuji
    kalau Summer mungkin ada beberapa bus yg kesana
    winter itu kadang tidak bisa naik atau kalau lucky di level 1
    agak sulit dicapai dengan kendaraan umum.

    Hakone..
    Ini bisa ditempuh dari Shinjuku Stn dan bus

    Jadi mulai dari booking tiketnya untuk tiba dan kembali di airport yg berbeda
    kalau di airport yg sama, disarankan untuk membeli JR PASS

    Like

    1. Hi nany , saya rencana ke tokyo , 7 sd 11 july 2017 , apakah available untuk customise tour as our guide ? , kami family 6 dewasa.

      Like

    2. hai sis Nany, saya berencana lebaran juni 2017 ke jepang, 5 orang ( anak 13th,6 th dan mertua 74 kursi roda karna ga kuat jalan) suah tidak kalo jalan sendiri naik train…kalo sewa tour guide ada avaiable? harga berapa ya?thx

      Like

    3. halo Nanny,
      saya dan keluarga( 4 org ) akan ke tokyo, osaka, dan kyoto, unt.tgl.26 des2017 s/d 01 des 2018
      apakah bisa menjadi guide bagi kami?
      untuk itinerary sih belum ada.
      thansk

      Like

  15. Mr Wong
    Mau tanya..

    Saya ke Jepang tanggal 14-22 Februari
    Nah, itu masih winter ga?

    Dan tempat iconic / wisata yang wajib dikunjungi apa aja nih? 🙂
    Saya ke Osaka, tapi feel free kalau mau ke mana aja
    Makasih Mr Wong

    Like

  16. salam kenal pak,
    pak saya mau minta masukannya, kondisi saya sedang hamil 6 bulan. rencana tgl 15 maret jam 14.00 siang saya tiba di haneda. ini rencana intenery saya sbb :
    * tgl 15 maret tiba di Tokyo (Haneda) pukul 14.00 ( ke hotel cek in)
    * tgl 16,18, 19 maret explore tokyo ( shinjuku, shibuya, ginza, odaiba, ueno ) tapi karena hamil mgkn ga semua bisa dikunjungi
    * tgl 17 maret (disneyland) hari jumat agar tidak terlalu ramai disana dari pada hari sabtu dan minggu
    * tgl 20 maret pagi menuju Gotemba (Snow yeti, light illumination) malamnya rencana langsung menuju Kyoto / osaka
    * tgl 21- 22 maret kyoto ( nginap semalam) explore kyoto
    *tgl 22-24 maret Osaka ( explore osaka)
    *tgl 24 malam skitar jam 19.00 ke bandara kansai back to jakarta

    pak pertanyaan saya :
    1. menurut bapak dgn intenery sprt ini dan kondisi kehamilan saya apa perlu saat di tokyo saya beli one day pass metro subway ( agar menghemat sehari keliling tokyo)
    2. saat di gotemba saat malamnya saya rencana menuju ke kyoto malam hari dgn naik bus willer dari stasiun mishima, tapi tidak bisa karena sdh penuh saat saya mau booking on line. apa ada alternatif lain yg sama hematnya dan memudahkan kondisi saya yg sedang hamil ini menuju kyoto ?
    3. andai jadwal saya rubah tidak ke gotemba tapi ke kawaguchiko saja, di kawaguchiko misal saya mau berangkat ke kyoto dari sana mengunakan bus malam willer . kalo dari sana saya naik bus willernya dimananya pak ? kalo dari list bus willer kan ada yg naik dari shizouka dan lain2, nah saya berarti naiknya dari stasiun apa pak kalo di kawaguchiko ? berharap kalo dari kawaguchiko msh bisa saya booking bus willernya. tks sebelumnya

    Like

    1. hi Vita

      wah challenging juga ya kesana saat hamil, saya bukan ahlinya kalo soal kondisi hamil …jd sebaiknya consult dokter ya (disclaimer on) 😛
      1. Menurut saya jangan beli Day pass, lbh baik suica/pasmo , daypass itu ribet kadang metro ga berlaku, kadang line tertentu ga berlaku. Akibatnya kamu jadi byk jalan yg gak perlu krn cari train yg bisa pake daypass
      2. daripada ke Gotemba, kalau sekedar cari factory outlet, lebih baik ke Karuizawa Prince Factory outlet, lbh mudah aksesnya dan menurut saya sih enggak kalah bagusnya.
      3. Perjalanan ke Kawaguchiko bisa naik bus dari Shinjuku, dari Kyoto memang jauh lebih ribet. Kalau dari TOkyo ada pilihan juga naik Odakyu train.
      4. utk city trip kamu si sebenernya bisa kok meski hamil, 3 hari cukup utk keliling TOkyo, jangan lupa mampir di Meiji Jinggu saat pagi hari…
      5. Disneyland jumat juga rame, mending hari Senin- Kamis , cek aja Tokyo Disney Crowd Calendar (googling)

      Cheers – WOng

      Like

  17. Halo mr wong, terimakasih buay reviewnya. berguna buay saya yg mau pergi sekeluarga besar bulan juni 2017.
    Kami pergi 13-24 Juni tiba di haneda pulang dari narita.
    Itinerary kami :
    1. 14 jun: tokyo -hakone – osaka (castle + dotonburi)
    2. 15 jun: osaka – free
    3. 16 jun: osaka-kyoto (fushimi inari – kiyomizudera )
    4. 17 jun: nara PP dari kyoto
    5. 18 jun: kyoto – kanazawa – takayama
    6. 19 jun: takayama – shirakawago – matsumoto – tokyo
    7. 20 jun: tokyo  (kuil asakusa – ginza)
    10. 21 jun: tokyo – free day
    11. 22 jun: disneyland/disney sea. yg lain free day
    12. 23 jun : free day
    13. 24 jun: pulang

    cukup ok tidak ya. kami pergi ber 20 orang termasuk 2 remaja dan 1 anak 2 thun. kalau sewa bus mahal srkali jd rencana pakai train atau metro.
    Yang ingin saya tanyakan memungkinkan tidak untuk jalan sendiri. Dan apakah stasiun shinkansen dan bus ramah terhadap orang tua dalam artian ada lift dan eskalator. serta apakah kami perlu JR pass atau suica cukup.
    terimakasih mr Wong

    Like

    1. hi Nancy
      Thanks ya udah mampir, kalo menurut saya itinerary nya dah bagus kok, paling Disney kalo mau keduanya harus 2 hari, enggak cukup sehari, apalgi kamu 20 orang hehehe..pasti maunya beda2 hehehe
      Nah soal 20 orang ini agak ribet loh ngaturnya, saran saya sih mending pake tour, atau kalo mau pake lokal guide. Ditambah lagi ada orang tua, seriously dipertimbangkan lagi sih. Yg namanya jalan sendiri kadang kita harus ngejar kereta, kemudian kereta juga suka penuh, belum lagi kesasar.

      Salam -Wong

      Like

  18. Dear mr wong,
    Mau bertanya donk mengenai itinerary di jepang, karena baru pertama kali dan mengajak anak 3.5 tahun (rencananya pakai stroller, supaya gak cape).
    Apakah itinerary di bawah ini cukup efektif buat perjalanan dengan stroller?
    Ataukah terlalu melelahkan untuk anak 3.5 tahun. Terutama untuk kyoto (ragu untuk memasukkan di itinerary, karena infonya banyak jalan menanjak disitu). Makasih ya sebelumnya.

    Rencananya tgl 19-26 april 2017.
    19 apr : pesawat tengah malam 23:45
    20 apr : tiba di haneda airport (pagi)

    20 apr: Tokyo
    Shibuya
    Harajuku
    Akihabara
    Odaiba tokyo bay

    21 apr : Tokyo
    Disneyland
    (Memang plan nya tidak ke disneysea)

    22 apr
    Mt Fuji – Fuji five lakes

    23 apr : Tokyo
    Ginza
    Asakusa
    Omotesando
    Shinjuku
    Museum tokyo toy and tokyo fire

    24 apr : Kyoto
    Fushimi inari
    Gion
    Shido dori

    25 apr : Osaka
    shinsaibashi
    Dotonbori

    26 apr
    Balik dari haneda airport
    Pesawat jam 11.45 pagi

    Like

    1. Hi Jenny

      Thanks ya udah mampir, first of all 3,5th sih dah cukup besar kok buat diajak jalan ke Jepang, dulu anak saya 2,5th udah diajak kemana2 tanpa stroller. Jadi not too problematic sih menurut saya. Paling hari pertama jangan terlalu byk jalan dulu, istirahat saja. Dan saya lihat itinerary kamu udah cukup loose kok, perfect buat truly enjoy Japang, happy holiday!!

      Wong

      Like

  19. Hello Mr. Wong
    Saya berencana keiling Tokyo selama 7 hari bersama kakak saya bertiga..
    Nah, kami berencana holiday 18-24 feb dengan prinsip low budget hehehe

    Day 1: DPS-NRT arrival at 08.50 am, hachiko statue, shibuya
    , ihat winter illumination di Sagamihara
    Day 2:
    Tsukiji Fish Market, Plum Fest Yushima Bunkyo-ku, Roppongi Hills, Tokyo Sky Tree
    Day 3:
    Disneyland
    Day 4:
    Sensoji Temple, Odaiba, Ueono Park
    Day 5:
    asakusa, yoyogi park, harajuku, akihabara
    Day 6: –
    Day 7:
    NRT-DPS:11.00 am

    Mengingat di Japan lagi winter, dan katanya jam 5 sore udah mulai gelap,
    1. Apakah itinerary yg saya rencanakan berikut sudah pas? Kalau kurang pas, mohon diberi masukan yaa Mr Wong hehehe misalnya (tokyo sky tree lebih bagus saat malam, dll) dan kalau ada jalur yang tidak searah mohon dibetulkan juga yaa Mr. Wong…
    2. Mending beli Tokyo Subway untuk yang 3 hari sebanyak 2, atau ada alternatif lain yang lebih hemat tapi worth it?)
    3. Saya berencana tinggal di rumah teman saya di Asaka, tapi check innya hanya bisa jam 15.00-21.00, nah, apakah di Tokyo ada loker penitipan koper? kalau ada lebih baik saya menitip di daerah mana?
    4. Di Day 6 rencananya mau ke Kawaguchiko Lake tapi masih mikir-mikir lagi takutnya pas winter ga kelihatan Mount Fujinya,,, ada advice kah Mr. Wong?

    Many thanks before Mr. Wong, and sorry for ask many questions hihihihi maklum this is my first time aboard.. 🙂

    Like

    1. hi Michelle

      1. Oke…soal winter si gak masalah, ga ada bedanya buat Tokyo, toko tetep buka sampe malem. Sky tree selain jelek , bayarnya mahal , cari aja yg gratis di gedung metropolitan. Disneyland sayang donk kalo cuma 1 hari, gak keburu ke disneysea?? Sisanya udah oke, tapi dengan waktu segitu, kamu kan sempat ke Fuji (daytrip dari TOkyo) bagus loh kalo lagi winter. Gala Yuzawa juga deket dari Tokyo, dan oke saat winter.

      2. Not a big fan of day trip, I think is ribet and a waste of money, beli aja pasmo atau suica. Dan kalo kamu ke Gala Yuzawa, beli Tokyo Wide Pass
      3. Ada loker donk, di station, cari station bis kalo bisa (jauh lebih murah)
      4. harus donk pigi, ke Fuji level5 kalo bisa…saat winter keereeenn

      All the best, nyantai aja, feel free kalo masi ada yg mau ditanyaain…dan kalo masi ada extra ticket bole juga kok dikirim heheheh

      Wong

      Like

  20. Hi Pak Wong, saya Enjel. Saya plan ke Jepang tahun depan.
    Jkt – Osaka : 7 jul, tiba di 8 Jul pagi plannya mau keliling sekitar Osaka bay
    9 jul : plan nya mau city tour Osaka dengan Osaka sky vista, ke umeda and joypolis
    10 jul : USJ
    11 Jul : pagi2 mau ke Tokyo, setibanya di Tokyo bias keliling ke Shinjuku, shibuya
    12 jul : Tokyo Disneyland
    13 jul : Tokyo disneysea
    14 jul : Tokyo – Gotemba – Tokyo
    15 Jul : Tokyo city tour dengan sky hop bus
    16 jul : haneda – Jkt jam 11.45

    Pak Wong mohon peunjuk donk, apakah itinerary saya sudah ok atau belum? apakah masih bias diselipin ke fushimi iari, sebenernya saya pengen banget ke fushimi inari. Btw saya traveling with my family, bersama suami dan 2 anak saya umur 8yrs and 6yrs.
    Apakah saya perlu ambil JR pass? ataukah saya beli lepasan aja? Kalo dari airport ke area hotel di shin Osaka untuk ber 4, antara taxi, bus or train apakah beda jauh harganya?
    Mohon bantuan pajk Wong yach. Thanks

    Like

  21. Hi Pak Wong
    Thanks untuk artikelnya sangat membantu.
    Btw, butuh advise nih.
    Saya rencana ke jepang 8 hari, masuk dinarita dan pulang di osaka.
    Hari 1: explore tokyo
    Hari 2 : explore tokyo
    Hari 3 : brgkt kamakura (pagi), terus ke kawaguchiko (siang)
    Hari 4 : naik mt.fuji (pagi), terus brgkt ke nagoya (sore)
    Hari 5 : explore nagoya, brgkt kyoto (sore)
    Hari 6 : explore kyoto, brgkt osaka (sore)
    Hari 7 : explore osaka
    Hari 8 : pulang jakarta, (karena flight pagi)
    Pertanyaan saya,
    Dengan perjalanan seperti ini, apa perlu saya pakai JR pass? Kalau dari kamakura untuk ke kawaguchiko lebih baik saya naik kereta atau ke gotemba dilanjutkan bus untuk ke kawaguchiko? Dan dari kawaguchiko ke nagoya, perlu lewat gotemba lagi atau tidak? Untuk rencana perjalanannya memungkinkan tidak?
    Terima kasih pak Wong

    Like

    1. hi Rei

      Kalau liat itinerary kamu sih enggak perlu JR Pass, dan beberapa rute juga enggak bisa pake JR Pass. Kamakura ke Kawaguchi naik train bisa. Dr kawaguchiko ke Nagoya, gak perlu ke Gotemba lagi. Utk rencana perjalanannya memungkinkan, cuma agak heran aja sih, biasa orang lbh suka spend waktu banyak di Kyoto dari pada putar2 di Fuji doank hehehe
      Wong

      Like

      1. thanks pak wong untuk advisenya dan udh balas comment saya.

        iya, temen ada yang ngomong begitu juga. jadinya saya daytrip ke fuji dari tokyo, kemudian esok harinya ke kamakura dan lgsg menuju kyoto dan osaka. terima kasih pak wong. akhir bulan oktober sampai awal november, cuaca di Jepang bersahabat tidak ya? terima kasih

        thanks juga untuk website nya yang membantu banget. hehe

        Like

      2. hi u re most welcome,

        Tapi daerah Kawaguchi itu susah memang aksesnya, pilihan yg byk cuma bus. Jadi coba kamu cek juga Fujikyu Bus , ini alternative yg lebih baik dari pada train, khusus di daerah tsb. Atau dari Tokyo ke Fuji area, kemudian balik lagi ke TOkyo, baru lanjut ke Kamakura,Kyoto, dsb.

        Have fun on ur holiday!!

        Wong

        2016-10-16 19:24 GMT+07:00 Jalan Sendiri ke Jepang :

        >

        Like

      3. Btw October oke kok, lebih enak November sih , lebih sedikit hujannya dibanding October.

        Wong

        2016-10-17 20:56 GMT+07:00 Hartawan Wong :

        > hi u re most welcome, > > Tapi daerah Kawaguchi itu susah memang aksesnya, pilihan yg byk cuma bus. > Jadi coba kamu cek juga Fujikyu Bus , ini alternative yg lebih baik dari > pada train, khusus di daerah tsb. Atau dari Tokyo ke Fuji area, kemudian > balik lagi ke TOkyo, baru lanjut ke Kamakura,Kyoto, dsb. > > Have fun on ur holiday!! > > Wong > > 2016-10-16 19:24 GMT+07:00 Jalan Sendiri ke Jepang comment-reply@wordpress.com>: > >>

        Like

  22. salam kenal pak Wong… mau tanya,saya mau ke jepang penginnya ke Osaka< Tokyo dan Kyoto . M.Fuji terus ke Hokaido butuh berapa hari? mohon dibuatkan schedulenya karena saya belum pernah ke Jepang

    Like

    1. hi Noni

      Osaka , Kyoto dan TOkyo butuh 7 hari ada disana kalau mau lumayan enjoy, kalo mau buru2 5 hari disana, kalo tambah hokkaido ya tambah 3-4 hari lagi.
      Schedule maaf saya gak bisa bikinin, tiap orang punya selera yg lain2, silahkan liat comment yg ada di blog ini, byk yg cantumkan itinerary yg bagus2.

      Wong

      Like

  23. Mas bro.
    Mau nanya.
    Renc saya january 2017 kepingin jalan ke jepang sendirian.

    Apa yang harus saya urus biar semua lancar.

    Mohon panduannya.
    Paspor juga baru mau bikin.
    Dijepang mbolang. Gak ada tujuan pasti. Intinya jalan jalan kisaran waktu seminggu.

    Makasih

    Like

    1. Hi Bro Haryanto

      Thanks udah mampir, yg hrs diurus yah? Hm mulai dari tiket dulu sih, habis itu passport, dan siapin dananya. Baru bikin itinerary.
      Seminggu cukup kok buat keliling Osaka, Kyoto, Tokyo.

      Wong

      Like

  24. Pak Wong mau nanya dong..cuman 2 kok…
    1. katanya lagi rame yah orang Indonesia yang gagal masuk jepang? ada saran gak biar bias lolos lancar? rencana sama istri mau kesana bulan depan nih..
    2. seharian cukup gak pak kira kira buat ke doraemon museum trus baliknya ke odaiba?

    makasih pak
    Mirza

    Like

    1. hi Mirza

      So far sih saya belum dengar cerita soal kegagalan itu. Tapi dengan adanya bebas visa tentunya akan byk yg mau kesana dan karena angkanya makin besar, jumlah yg direject meski prosentasenya tetap, tapi jumlahnya makin besar (maybe loh ya hahaha).
      Ga ada tips khusus sih, kalau khawatir sebaiknya apply visa saja, tidak perlu pakai e passport, jadi dokumen kamu pasti lengkap.
      Doraemon museum saya belum pernah, tapi kalau baca2 reviewnya pasti cukup lah seharian, gak besar kok. Dan byk waktu untuk balik ke Odaiba

      Wong

      Like

  25. Pak wong, bulan oktober depan saya akan ke jepang dan berencana utk tidak beli jr pass, mohon info ttg pasmo dan suica, apa bisa dipakai untuk operator (termasuk jr) atau hanya operator tertentu?

    Like

      1. Kak wong mau tanya apakah ada persyaratan tabungan mengendap di rekening berapa atau ada deposit di tabungan untuk wisatawan yg mau sekedar melancong ke Jepang, kalau tidak ada berapa paling minimal uang tunai yg kita bawa untuk masuk ke Jepang? Mau backpack paling seminggu disana, kebetulan untuk tempat tinggal sudah ada teman di sana. Thanks kak wong

        Like

      2. hi Reno

        Sekarang ini sih sudah ada bebas visa kalau menggunakan E-passport jadi persyaratan soal rekening sih tidak terlalu jadi masalah, yg penting dokumen kamu lengkap. Dan saat kesana pastikan jangan bawa terlalu mepet, paling tidak bawa Rp 5juta rupiah per orang, dan hotel sudah ada booking nya(in case ditanya). Dan dandan perlente lah saat tiba disana, pake baju bagus rapi hehehehe biar gak disangka mau jadi imigran gelap ajah.

        Wong

        Like

  26. Halo mas…. informatif sekali tulisan2nya.
    Mohon sarannya dong mas…. Bulan september (tgl 17-23) nanti saya rencananya akan mengantar anak saya ke Fukuoka, tapi melalui Tokyo sekalian mengunjungi keluarga. Saya akan menginap semalam di Fukuoka, dan akan kembali ke Tokyo besoknya. Saya mempertimbangkan mampir ke Osaka (Fukuoka – Osaka dg pesawat) baru kemudian kembali ke Tokyo. Kira2 di Osaka saya bisa kemana saja? Saya baru akan tiba di Osaka sekitar jam 15….. kalau kembali ke Tokyo dg pesawat, apakah waktu 3 jam cukup untuk jalan2 di Osaka dan worth it?

    Thanks…

    Like

    1. Hi Desti
      Thanks udah mampir, ada waktu 3 jam itu dah hitung waktu tempuh dr kansai ke osaka blum ya? Takes about 1 to 1,5 hour. Kalau belum ya gak worth it lah, dr bandara ke kota, sampe kota kamu jalan 1 jam trus balik lg bandara

      Wong

      Like

  27. Halo Mr Wong, Saya Dimas, seru ya liat coment2nya , mohon bantu advice donk klo ada itenary yang perlu dirubah atau ada tempat yang kira2 bisa Mr Wong suggest, saya berangkat tanggal 19 sept – 30 sept 2016:
    Jadwal 19 sept – 30 sept

    19 sept (senin) JKT – HANEDA (sampai jam 10 mlm , overstay di airport)

    20 Sept -Haneda – Tokyo – Osaka
    apakah sudah betul kalo saya mau ke OSAKA ke esokan harinya saya dapat menggunakan JR PASS untuk monorail menuju Hamamatucho statiun , lalu dari sini saya naik apa ke tokyo station, dan dari tokyo station naik JR apa ke OSAKA ?
    20 Sept : OSAKA
    Saya stay di daerah Fukushima, drop tas lalu ke Shin umeda , Grand Front osaka, malamnya belum tau kmn lg ?

    21 Sept : Fullday trip UNiv Studio
    apakah baiknya beli dijakarta atau disana saja ? lebih murah mana , atau sama saja ?

    22 sept : Osaka
    osaka castle, tsukenkaku , Glico man, dontobori, shinsaibashi, den den town

    23 Sept : Osaka – Kyoto
    apa betul naik JR KYOTO line (kyoto city subway) turun di karasuma oike statiun (saya stay di piece hostel sanjo)
    kiyumzudera temple, fushimi inari, gion, nishiki, ponto cho

    24 sept : explore Kyoto
    ginkaku ji temple, the philosopher walk, kinkaku ji temple, arasiama

    25 sept : Kyoto – Tokyo
    harajuku , takeshitadori area, meiji shrine, shibuya

    26 sept (minggu)
    disyneylan tour

    27 sept
    odaiba area, akhibara, shensoji temple

    28 sept tokyo – hakone
    ini naik apa ya?

    29 sept : hakone – tokyo
    belum ada rute ditokyonya any suggest ?

    30 sept : tokyo – haneda

    mohon pencerahan ya suhu …..

    thanks

    Like

    1. hi Dimas

      Thanks udah mampir,

      1. Kalau mau langsung ke Osaka, kenapa gaik naik NEX (narita Express) ke Tokyo (JR Pass berlaku kok) terus dari Tokyo ambil Shinkansen ke Osaka. Nama shinkansennya cek di http://www.hyperdia.com
      2. Osaka malemnya ya paling ke Shinsaibashi , Namba area.
      3. Tiket Universal harus beli online dulu, kalau enggak mau buang waktu antri beli tiket
      4. Menurut saya sih kamu kelamaan puter2 di Osaka, jadi tgl 23 yg ke Kyoto terlalu maksa jadwalnya. Ke fushimi inari itu agak jauh. Ditambah lagi kalau pakai JR Pass biasa orang trip yg jauh2 dulu (memanfaatkan JR Pass) jadi city tour di skip dulu belakangan.

      5. 25 sept, udah gak sempet ke Meiji Shrine, Meiji harus datang di pagi hari
      6. 26 sept kok enggak sekalian ke Disneysea , dg waktu yg cukup banyak sih mending 1 hari disneyland , dan 1 hari lagi Disneysea
      7. Tokyo – Hakone bisa naik shinkansen *coba aja cek Hyperdia
      8. Menurut saya sih kamu kebanyakan city tour, padahal punya JR Pass, kalau saya sih udah ke Karuizawa, ke Nikko, Takayama, Matsumoto, Gala Yuzawa.

      Ok tapi ya itu kalo saya, interest orang kan beda2 heheheh

      Wong

      Like

  28. Hi ko Wong, rencananya saya mau ketemu teman di Sapporo ( ybs akan brgkt dari Surabaya ke Sapporo tgl 10 Feb 2017).

    Namun saat ini MAS Airlines lg promo tiket round trip Mdn Tokyo Mdn.

    Mohon info sebaiknya naik apa dari Tokyo Narita ke Sapporo ?

    Tq in advance ^_^

    Like

  29. Hi Mr. Wong,

    Saya ada planning ke japan dr tgl 10 sept – 20 sept 2016. Sejujurnya masih bingung sama transport japan, apakah kereta utk jr pass dan subway tuh sama?
    Dan kira2 itenary saya seperti ini secara garis besarnya.
    Day 1: tiba narita, ke hotel di daerah minato
    Day 2: mau ke mt fuji
    Day 3: mau ke osaka
    Day 4: usj
    Day 5: kyoto (balik lagi ke osaka)
    Day 6: dr osaka ke takayama
    Day 7: takayama balik ke tokyo
    Day 8: tokyo
    Day 9: tokyo
    Day 10: disney sea
    Day 11: tokyo-narita
    Nah, plan saya, beli jr pass nya 7 hari aja, cukup gak ya? Klo ke disneyasea, apa perlu jr pass? Terus, gimana ya kira2 itenary nya? Buat spesifik tempatnya masih bingung, soalnya kurang paham daerah wisata yg deket deket yang mana aja, bisa saran gak ya?
    Thanks a lot

    Like

    1. hi Wawa

      First of all, train sama subway beda sih, beda di tracknya, dan subway biasanya underground. JR pass gak berlaku untuk subway.
      Subway di jpn disebut Metro.
      Kamu harus pakai JR Pass sih kalau mau save, krn bolak bali Tokyo -osaka dan juga mau ke Takayama.
      Krn jr pass 7 hari, make sure dalam 7 hari itu kamu pergi yg jauh2. Sisanya untuk dalam kota Tokyo bisa pakai Suica atau Pasmo, spt ke disney sih murah transportnya, cukup pakai suica/pasmo.
      Utk Airport- Tokyo bisa pakai NEX (narita express) dan JR pass berlaku juga.

      Itinerary udah bagus kok, cuma capek ajah, terlalu padat hahahaha

      Salam
      Wong

      Like

      1. Kak wong…mau tnya donk…
        Kan rencana mau ke tokyo tgl 10-12 september besok…itinerary cuma mau explore tokyo aja sih kak…
        Utk transportasi pakai apa ya kak yg murah??jr yamanote line ada tiket terusannya ngga kak yg kayak jr pass??
        Terima kasih kak wong…

        Like

      2. Makasih kak atas jawaban pertanyaan sebelumnya…
        Boleh tnya lagi ya…hhehehe
        Klau sama tokyo metro lebih praktis suica/pasmo ya berarti??
        Klau pakai e-paspor pas masuk bandara jepang bakal di interview lg apa langsung bisa masuk??soalnya baru pertama ke luar negeri…makasih sebelumnya…. 🙂

        Like

      3. hi Dedik

        Kalau ini pertama kalinya kamu masuk Jepang, make sure kamu bawa duit jangan terlalu sedikit ya. Jadi nanti waktu isi kartu imigrasi paling tidak 1 orang bawa diatas 50,000 yen deh. Ga ada proses interview, kecuali kamu dicurigai teroris. Langsung cek passport, photo mata dan sidik jari. Prosesnya paling 2 menit.

        Wong

        2016-08-13 9:31 GMT+07:00 Jalan Sendiri ke Jepang :

        >

        Like

  30. Hallo Kak Wong,
    Saya dan teman2 bertiga akan berangkat tgl 29 Juli 2016,..Liat blognya Kak Wong cukup menarik nih..dan mo bertanya dikit karna belum pernah nih ke negri Sakura hehhe..
    Visa kami sudah keluar..Dan berikut itenarary yg coba kami susun
    28/7 KNIA – KLIA2 – HND
    29/7 Hakone
    30/7 Kyoto : Kyoto tower ; Gion
    31/7 Kyoto : Kinkakuji ; Ginkakuji ; kiyumizudera
    01/8 Kyoto : Imperial place ; Fushimi Inari ; Arashyima
    02/8 Nara : Nara park ; Kohfukuji ; Todaij
    03/8 Osaka : Osaka castle ; Dotonbori ; Americamura ; Shinsaibashi
    04/8 Yokohama : Museum ramen ; Osanbashi pier ; Chinatown
    05/8 Tokyo : Kawaguchi lake
    06/8 Tokyo : Asakusa, Shibuya ; Harajuku ; Akihabara
    07/8 Tokyo : Shinjuku ; Odaiba ; Ueno Park
    08/8 Tokyo : ada waktu 1/2 hari [ mau kemana? Tokyo tower atau tsujiki market? or ada ide
    Kak Wong bole berbagi transport apa yang lebih mudah dan cara menuju daerah wisata di ats atau ada inputan dengan schecule yang kami buat..ps.takut nyasar kak…hehe
    Oh ya..Kami menginap di Kisyunso Hakone,Kyoto Hana Hostel,dan Sakura hotel Ikebukoro.
    Sukses terus ya Kak..dan jangan lupa berbagi terus untuk kita-kita yang butuh bangat info seperti ini.

    Thanks
    Jenniver

    Like

    1. Hi Jenifer

      Sorry agak telat balesnya hehehe, itinerary kamu dah cukup bagus sih, mengenai transportnya gak mungkin saya info satu persatu, yg jelas hyperdia.com bisa jadi info no.1 untuk itu. Dan dg itinerary spt ini lebih baik beli JR Pass. Btw, saya baru balik dari sana, dan lumayan panas sih. So siap2 beli payung deh disana. Utk 1/2 hari tersisa, mendink kamu putar2 Tokyo saja, shopping atau wiskul, nanggung mau pergi yg jauh2 juga.

      Wong

      Like

  31. hai..makasih pake buanget tulisannya bermanfaat sekali, saya rencana mau ke jepang bulan oktober tahun ini & mau tanya2 transportasi disana
    1. Apakah kalo pakai JR Line bisa ke seluruh kota di jepang selama kita naik JR Line termasuk shinkansen tertentu jg bisa di gunakan
    2. Apakah beli JR Line bisa langsung di jepang karna dari info yang saya dapat lebih murah di jepang harganya.

    Thanks infonya yaa

    Like

    1. hi Maya
      Mungkin yg kamu maksud dg JR Line itu JR Pass yah? JR pass byk macemnya sih, dgn coverage area yg berbeda2. JR Pass ada yg bisa dibeli di jpn, tapi ada juga yg harus dibeli di luar jepang.
      Saran saya googling lebih lanjut ttg JR Pass dan sesuaikan dg itinerary kamu.

      WOng

      Like

      1. Yup benar JR Pass, apakah itu buat seluruh destinasi di jepang selama kita menggunakan JR Pass karna saya rencana mau pergi ke osaka & kyoto dari chiba tempat saya menginap atau harus membeli bbrp JR Pass ?

        Thanks info & replynya yaa

        Like

      2. hi Maya

        Tergantung JR Pass nya, ada berbagai macam JR Pass, coba deh kamu googling dulu. Kalau kamu memang mau ke Kyoto dan Osaka memang yg paling pas ya JR Pass yg fully cover semua.

        WOng

        2016-06-27 15:57 GMT+07:00 JalansendiriJepang :

        >

        Like

  32. Dear..mr. wong
    saya.. suami dan ketiga anak saya.. yang paling besar umur 6 tahun. Yang no. 2 usianya 3 tahun yng paling kecil 2 tahun. Berencana ke jepang tanggal 4 maret sd 12 maret 2017. Kl-haneda. Haneda-kl. Tiket sudah di tangan. Saya bingung buat itenary pejalanan. Karena bawa anak anak kecil. Takut nya mereka kecapekan kalau terlalu ngoyo perginya. Anak saya lengen liat salju. Kalau saya baca sih yg ada di hokkaido. Tapi saya pengen banget foto di gunung fuji sama ke osaka.bisa bantu saya bagaimana supaya bisa cover semua

    Like

  33. Dear Mr Wong,

    Apakah fast pass di disneyland berbeda dengan ticket disneyland ?

    Untuk Alpine Route, apakah bisa hanya sampai Daikanbo, kemudian lgs ke Shinano Omachi ?

    Thanks

    Like

    1. hi Emelia

      Beda donk tiket Disney dg Fast Pass. Fast Pass itu semacam express tiket, jadi antrian disana panjang. Nah kamu bisa ambil fast pass, gratis. Nanti disitu tertulis kamu bisa main antara jam 10-11 siang misalnya, dan gak perlu antri. Mekanismenya sendiri panjang deh kalau diceritain, coba kamu googling. Byk banget yg cerita soal fast pass disney. Bahkan ada yg bikin strategi dan apps untuk perkiraan waktu antrian.
      Alpine Route, wah sorry banget saya gak punya informasinya.

      WOng

      Like

      1. Dear Mr Wong

        Thanks banget utk infonya..Bloqnya sangat membantu ..Sy akan ke Jepang tgl 26 Juni 2016. Rutenya :

        Day 1, 26 Juni 2016
        Tiba di Narita jam 16:00, titip koper di Tokyo Bay Maihama Club Resort (jika memungkinkan), Langsung ke Toyama. Stay di Toyama.

        Day 2, 27 Juni 2016
        Alpine Route – Tokyo

        Day 3, 28 Juni 2016
        Disneyland

        Day 4, 29 Juni 2016
        Tokyo to Osaka

        Day 5, 30 Juni 2016
        Osaka to Kyoto ==> sy baca di forum tanya jawab, Mr Wong menyarankan dari Osaka ke Kyoto
        tidak perlu menggunakan Shinkansen.. bisa info jika menggunakan train, bisa info webnya..

        Day 6, 1 Juli 2016
        Kyoto to Tokyo,

        Day 7, 2 Juli 2016
        Tokyo to Mt Fuji, Stay di Gotemba

        Day 8, 3 Juli 2016
        Gotemba to Tokyo

        Day 9, 4 Juli 2016
        Disneysea

        Day 10, 5 Juli 2016
        Explore Tokyo

        Day 11, 6 Juli 2016
        Narita to Jakarta

        Bagaimana Itinery saya menurut Mr Wong. Untuk tgl 26 Juni, sy pesawat jam 6 pagi dari Jkt, tiba di Narita Jam 15:00, jika tidak memungkinkan utk membawa koper saya ke hotel utk di titipkan, apakah ada locker di bandara Narita atau Tokyo Station yg bisa di gunakan utk titip koper selama satu malam?

        Untuk Alpine Route, Rute terakhir adalah Shinano Omachi, apakah ada Shinkansen yg langsung ke Tokyo atau saya harus ke Nagano terlebih dahulu.

        Dari Tokyo ke Mt Fuji, sebaiknya menggunakan bus atau shinkansen, jika menggunakan bus apakah akan melewati jalan yg ada lagunya ketika mobil melewati jalan yg menuju level 5 Mt Fuji. Setelah dari Mt Fuji dan Lake Kawaguchi, saya akan ke Gotemba Preium Outlet. Apakah untuk ke Gotemba menggunakan bus yang sama? Saya sedikit bingung untuk hal ini.

        Untuk Itinery saya, apakah saya perlu membeli JR Pass dan Pasmo/Suica ? Jika perlu JR Pass, apakah sy beli yg utk 1 minggu ?

        Dari tanya jawab sebelumnya Mr Wong ada menyarankan print station map, bisa info webnya ?

        Mr Wong Sorry klu pertanyaannya banyak..,sama seperti Mr Wong, saya sdh sebln buka2 web tentang Jepang..biar nanti kalau sdh di sana …ngak nyasar …

        Thanks alot for your helping …

        Like

      2. hi again Emelia

        wuiii pertanyaannya byk bener??? harus di charged 100 yen nih utk tiap pertanyaan hahaha..tgl segitu saya juga ada di Jepang sih hahahha

        Aniwei, kalau menurut saya ya, jadwal kamu terlalu tight, bisa bengkok itu kaki. Nyampe lgs ke Toyama, udah gitu disana kan seharian tuh (7 jam perjalanannya dari Tateyama to Ogizawa) besoknya ke Disney. Disney kalo bisa jg dipisah, ribet, mendink kamu 2 hari sekalian, dan cari hotel dekat maihama.

        Utk Osaka Kyoto, byk trainnya, itu si merem juga nyampe lah, liat aja di http://www.hyperdia.com Cek juga dari sHinano omachi bisa langsung ke Tokyo enggak?

        Sbenernya kamu rada telat sih, itu jalur tateyama yg ada ice wall nya tgl 22 juni hari terakhir. setelah itu maybe gak bisa lewat.

        Tokyo ke Fuji bisa naik bus dari shinjuku , kalau mau ke Gotemba bisa naik bus itu juga, train juga bisa sih.

        OKie…kalo mau beli JR Pass ya 7 hari lah, yg lain mahal bangetttt hahaha

        WOng

        2016-05-25 19:46 GMT+07:00 :

        >

        Like

  34. Hi Mr Wong,

    Saya dengan Emilia, rencana tg 8 Juli’16 saya dan keluarga akan ke jepang (suami, dan 3 anak” saya), Saya kan sudah membeli tiket utk disneyland utk berlima, sekarang model tiketnya sistem barcode, apakah pada saat masuk nanti perlu menunjukkan identitas lagi..misalnya seperti passport? dan apakah tiket yg sudah dibeli utk kategori children, begitu sudah masuk ternyata batasnya sdh mentok di umur 12 tahun (junior) masih bisa terpakai utk masuk ke disneylandnya, Terima kasih.

    Like

    1. Hi Emilia

      Thanks udah mampir, iya sistem barcode memang sudah lama, nanti di scan saat masuk gate. Jadi kamu gak perlu ganti/tukar tiket kayak di Universal Singapore 😦

      Passport dibawa saja, just in case karena umurnya dah hampir mentog yah, tapi umumnya sih gak ditanya.

      Wong

      Like

  35. Hi Mr. Wong,

    Terimkasih banyak atas info-infonya,
    saya ada rencana liburan ke Jepang bulan Juni nanti, boleh tanya tentang itinerary saya,

    [Tokyo]
    Day 1
    Arrive at Hotel (23.00)

    Day 2
    Sensoji Temple
    Odaiba
    Harajuku – Yoyogi park
    Shibuya Crossing & Hachiko
    Harajuku – Omotesando

    Day 3
    Tsukiji Market
    Disneyland

    Day 4
    Shibazakura
    Gotemba
    Akihabara

    [Kyoto]
    Day 5
    Fushimi Inari
    Arashiyama Bamboo Forest

    Day 6
    Kyoto Manga Museum
    Ginkakuji

    [Osaka]
    Day 7
    Universal Studio Osaka

    Day 8
    Osaka Castle
    Osaka Aquarium Kaiyukan
    Shinshaibasi
    Dotombori

    [Tokyo]
    Day 9
    Mitsukoshi
    Takashimaya
    Ghinza

    Day 10
    Doraemon Park
    Isetan
    Tokyo Sky Tree
    Roppongi Hills

    selengkapnya: https://docs.google.com/spreadsheets/d/1Jxfg-Bza_DK3FJP7GZoyy2OtFAJVVlSox-Im3v_vN_E/edit?usp=sharing

    apakah itinerary tersebut ada yang terlalu mepet atau kurang tepat waktunya?

    untuk Day 4, dari Shibazakura ke Gotemba apakah benar bisa naik bus, karena saya lihat kalau by train itu makan waktu sampai 4 jam karena mengitari gunung.

    kindly waiting your reply,
    Thank you.

    Like

    1. Hi Lauren

      Thanks udah mampir, itinerarynya udah bagus kok.
      Sy comment dikit ajah ya:

      1. Day 3, kalau mau ke Disney harus datang pagi2, dan segera ambil fast pass. You spend the whole day there. Jadi enggak bisa ke tempat lain dulu.
      2. Day 5, Fushimi inari dan Arashiyama, itu agak mepet waktunya, masih bisa tapi kamu harus ke Fushimi pagi2 banget, baru ke Arashiyama.
      3. Shibazakura….itu dimana yah…ntar saya cek dulu

      Sisanya sih oke kok..

      Cheers
      Wong

      Like

      1. Hi Mr. Wong,

        1. Untuk Disney bukannya baru buka jam 9 pagi yah, sehingga masih ada waktu sebentar untuk mampir? Atau fast pass itu sdah bisa antri dari pagi?
        2. Agak sulit kalau pagi karena berangkat dari Tokyo – Kyoto jam 8 – 11 pagi, apakah jarak dari Fushimi ke Arashiyama terlalu jauh?
        3. Shibazakura ada di sekitar Lake Kawaguchi, Mt. Fuji.

        Terimakasih banyak atas sarannya Mr. Wong, sukses selalu. 🙂

        Like

      2. hi

        1. Bener, memang buka jam 9 pagi, tapi antrian sudah panjang, dan perjalanan kesana takes 1-1.5 jam dari tokyo . Fast pass sekitar jam 10-11 siang sudah habis ludes…. 2. Fushimi dan Arashiyama cukup jauh, dan kamu spent waktu di tiap lokasi gak bisa sebentar

        Suksses juga selalu heheh

        WOng

        2016-05-12 0:32 GMT+07:00 Jalan Sendiri ke Jepang :

        >

        Like

  36. Hai Ko Wong … salam kenal. Sebelumnya terimakasih banyak atas semua info bermanfaat yang disajikan disini. Keren abisss … Sy dan kelg, (suami+2 anak usia 9 dan 12th) rencana mau ke Japan tgl 16-22 Jun ini. Itinerary yg sya buat sementara ini :
    1. 16 Juni flight malam 22 CGK-Singapore-Narita
    2. 17 Jun Meiji Shrine, Azakusa temple, Tokyo Sky Tree, Imperial Palace, Odaiba
    3. 18 Jun DisneySea
    4. 19 Jun Hakone / Mt. Fuji Gotemba Outlet
    5. 20 Jun Tateyama Alpine Route (pengin pegang salju)
    6. 21 Jun Osaka Castle, Ikebukuro Aquarium, Ueno Zoo
    7. 22 Jun flight jam 11an Narita- singapore- CGK

    Yg saya tanyakan –
    1. saya rencana menginap di Shinjuku viai airbnb, apakah sdh tepat?
    2. Apakah keseluruhan rencana diatas terlalu padat?
    3. Sehubungan dengan rencana ke Tateyama lgs balik ke Shinjuku apakah masuk akal ?
    4,Apakah sy perlu beli JR Pass ?

    Mohn input dan sarannya yaa. Sebelumnya terimakasih banyak atas infonya. Salam Sukses dan sehat selalu utk Ko Wong dan kelg.

    Like

    1. hi Mia

      Thanks udah mampir, glad u like it.
      saya coba comment yah itinerarynya,
      1. untuk Disney, hanya ke Disneysea saja? Takutnya anak2 ngerengek tuh minta ke Disneyland juga (very tempting soalnya cuma sebelahan hahahaha)
      2. Nginap di Shinjuku airbnb dah oke kok, share donk lokasinya haheh..saya ada rencana ke Jpn lg bln Juli
      3. Tateyama in June, hmm sebaiknya cek dulu websitenya mereka, saya gak yakin masi ada salju di bulan Juni.
      4. Kalo ke Tateyama ya nginep daerah situ, terlalu jauh untuk balik lagi ke Shinjuku.

      JR pass, sebaiknya beli, karena kamu harus balik lagi ke Narita.

      Okie…met berlibur
      Wong

      Like

  37. Salam Pak Wong Saya Adi akan berangkat ke Jepang pada bulan Juli. Jadwal saya 7 Hari Tokyo 2 Hari Nagoya dan 5 hari Osaka. Saya berangkat sendiri dengan orang tua. Saya mau tanya pak apabila saya mau route 1 hari ke Alpine Road Tateyama Kurobe sebaiknya dari kota yang mana ya yang terdekat? Dan bisakah menggunakan JRPASS? Atau adakah city tour 1 day dari kota tempat berangkat? Note: JRPASS akan saya aktifkan di hari ke 7 sampai selesai untuk perjalanan TOKYO – NAGOYA – OSAKA. Terima kasih.

    Like

      1. Terima Kasih Untuk sarannya pak Wong. Bolehkah saya meminta email Pak Wong untuk melihat dan memberi saran intinerary saya? Terima kasih. Bisa dikirimkan alamat email ke line fradiwicaksana terima kasih pak

        Like

  38. Dear Mr Wong

    saya ada rencana ke Jepang 6-13 des 2016.
    Pulang pergi dari Haneda.
    Kalau rencana saya,mungkin kita lebih ke Tokyo-Osaka-Kyoto-Tokyo?

    1.Apa boleh di suggest kira2 pengaturan hari enaknya gimana ya? (Dilihat dari jenis objek wisata,mungkin kami prefer yg lebih modern,kecuali yg authentic bgt) .

    Shibuya, Harajuku, Shinjuku, Ikebukuro, Apakah di dlm tokyo dan bs diselesaikan dlm 1 hari? (Hari 1)

    2. Apakah tokyo disney sea dan sanrio puroland itu dekat?
    Kalau iya,untuk transport dari tokyo ke sana ,enaknya naik apa ya? ( rencana beli JRpass)

    3.Untuk penginapan di tokyo,osaka,kyoto adakah daerah yg recommended? (Yg dekat kemana2 tp ttp low budget)

    4. Untuk sewa apartemen seperti di airbnb apakah recommended ya?

    Makasih banyak pak,sori bnyk tny

    Like

    1. hi Jenifer
      1. Untuk itinerary silahkan coba dibuat dulu, nanti saya comment. Bisa donlot contohnya di https://jalansendirijepang.com/2015/12/02/itinerary/
      Shibuya, Harajuku dsb…bisa kok 1 hari, itu deket2 semua.

      2. Sanrio lupain aja deh, enggak bagus dan jauh.
      Tokyo disneysea, ada info lengkap di blog saya https://jalansendirijepang.com/2012/06/13/disneysea-the-only-one-in-the-world/

      3. Hotel yg pernah saya nginep bisa dilihat di https://jalansendirijepang.com/2012/05/07/hotel-di-jepang/

      4. recommend , byk kok yg pakai, yg penting tanya yg lengkap, dan liat rekomendasi orang2 lain.

      5. JR Pass sebaiknya beli, krn kamu bolak balik Tokyo – Osaka.

      Wong

      Like

  39. Dear Mr. Wong

    Saya ada rencana pergi ber 4 dengan orang tua, jadwal keberangkatan tgl 9 Mei 2016 tiba di Haneda dan Pulang ke Jakarta melalui Narita pada tanggal 17 Mei 2016.

    Saat ini saya belum menyusun itinary nya dan sebelumnya saya juga belum pernah ke jepang.

    Tujuan ke jepang :
    1. Cari suasana
    2. Kuliner makanan
    3. Budget selama di jepang 10 juta termasuk transportasi
    4. Ingin melihat wisata alam nya
    5. Berhubung bersama orang tua, jadi tidak boleh terlalu capek mengejar waktu atau kereta (santai2 aja)
    6. 1 lokasi per hari (bila memungkinkan 2 lokasi per hari dengan kondisi jalan santai)
    7. Lokasi kunjungan ingin searah dari haneda sampai narita (agar tidak bolak balik)
    8. Menginap di pemukiman penduduk lokal tidak jadi masalah/apartemen

    Beberapa hal yang ingin saya tanyakan
    1. Lokasi wisata mana saja yang wajib saya kunjungi?
    2. Transportasi apa yang paling tepat untuk trip saya?
    3. Restoran apa saja/kedai pinggir jalan mana saja yang patut di coba?
    4. Hotel/hostel/apartemen/homestay dimana saja yang dapat menjadi tempat menginap?
    5. Perlengkapan apa saja yang perlu saya bawa?
    6. Berapa estimasi biaya yang harus saya keluarkan?

    Mohon Mr.Wong berkenan membantu saya dalam menentukan itenary ini. Apabila ada kenalan orang indonesia yang menjadi guide di jepang boleh di kenalkan ke saya.

    Terima kasih atas bantuan nya.

    Regards,
    Dennies

    Like

    1. Hi Dennies

      1. Saran saya sih lokasi standar saja, bisa donlot itinerary disini buat contoh https://jalansendirijepang.com/2015/12/02/itinerary/
      2. Dr airport naik Airport limousine, info ada di blog, sisanya beli Pasmo/suica https://jalansendirijepang.com/2015/12/07/10-hal-yang-perlu-diketahui-sebelum-nekat-keliling-jepang-tanpa-tour/

      3. Semua perlu dicoba hahaha..di jpn sih makan apa aja enak, very high quality
      4. Nothing special sih, biasa aja…sama spt ke negara lain
      5. Nah 10 jt sih enggak cukup rasanya kalo buat 4 orang, 8 hari. Makan si enggak mahal sama spt di Jkt. transportasi antar kota yg mahal. Semua bisa dihitung di hyperdia.com contoh ada juga di link diatas.
      Bayar guide mahal loh, sekitar Rp 1 jt buat sehari nemenin doank.

      Wong

      Like

  40. Bro Wong, keren banget deh sharenya, tp saya blm pernah kejepang sendiri, takut. Tp skrg saya sama sepupu ber 2, cewe2 mau kejepang berkisar tgl 26maret sd 4 april. Rencananya dr osaka ke tokyo atau sebaliknya. Saya buat itenerarynya dulu ya, boleh ya saya kirim ke bro wong, minta tolong kira2 transport apa yg cocok n murah. Karena kunci utama tercapai travelnya efisien & efektif dr transportnya bukan? Biar ga buang waktu karena cari sana sini bingung nyasar dlsb heheheh…., makasih ya bro wong…, membuat saya makin berani melangkahkan diri ke negara yg kok kayaknya ga menggunakan bhs inggris di sign2/info2 nya…

    Like

      1. Makasih udah dibaless blessing bgtt deh, aq boleh ya email?
        Mudah2an visanya disetujui ya, sdg apply,
        klo tiket udah lunas buat tgl 25 maret sd 3 april, oooohhh sakuraaa…,
        Oh sedikit pertanyaan sblm email :
        Datang ke osaka tgl 26 M
        osaka 2hr
        Kyoto 2 hr
        Shiragawa, mt fuji, gotemba
        Tokyo 4 hr
        Haneda tgl 3 A
        Nah selama dikota2 (osaka/kyoto/tokyo) jalan2 sebaiknya naik apa jenis apa?
        Trus perjalanan osaka ke kyoto ke shiragawa ke fuji/gotemba kemudian ke tokyo sebaiknya naik apa?
        Aq jg sedang usaha cari hotel deket stasiun biar ga kesel geret2 koper hehe….

        Maap ya rada rese..(detil) nanyanya, drpd ga karuan disananya… Hehe

        Makasih bangett yaaa….

        Like

      2. Hi Deby

        Most welcome, bentar lagi berangkat yah…hahaha oleh2 nya ya jangan lupa
        Selama di Kyoto naik bus, Tokyo naik train, osaka naik train. byk kok pilihan di Jpn, nyantai aja, get familiar , nanti sisanya gampang.
        Ke Shirakawa agak ribet, pesen bus atau day trip tour saja.

        Have fun yah…
        Wong

        Like

  41. wah beneran deh lengkap bgt infonya.

    hai saya Marizka dr Jakarta.
    rancana mau ke jepang dr tgl 16 maret sampai 30 maret. (aga lama yaah) dan ga pake tour plus bawa ibuku. jadi hrs jelas nih proposal ke beliau. beliau suka sekali dgn culture traditional jepang. jadi mau ga mau hrs bawa beliau ke tempat2 unik seperti temple dan desa2 nya.

    menurut mas wong berapa lama waktu yg dibutuhkan utk mengeksplore tokyo?
    krn jujur saya lebih senang osaka dan kyoto. krn byk sejarahnya.

    pertanyaan saya
    1. pengalaman dan pemandangan apa yg paling berkesan utk mas wong di tokyo dan sekitarnya?
    2. berlaku juga utk osaka dan kyoto eheehe. tempat mana sajakah yg memorable bgt?
    3. saya ingin mengajak beliau ke pemandian onsen dan ryokan yg bagus namun jgn mahal2. ehehehehe. dimana menurut mas wong?
    4.apakah jr pass bisa dipakai ke hokkaido????? kalo iya bolehkah minta rutenya yg paling dekat? apakah dr osaka kyoto atau tokyo. thank you mas wong

    Like

    1. Hi Marizka

      Thanks udah mampir ya, wah pertanyaannya susah juga dijawab, kan tergantung selera tuh. Kalau saya si demen pemandangan, culture enggak terlalu, jadi jawabannya pasti gak sama deh. Tokyo sendiri , kalau kotanya dalam 2-3 hari dah cukup di explore, tapi sekelilingnya masih ada Kawagoe, Takao, Kamakura, Izu peninsula. Saran saya sih coba di googling, masing2 kota itu, barangkali ada yg sesuai selera hahaha..

      Onsen dan Ryokan, biasa dekat Hakone atau Kawaguchiko.
      JR pass bisa dipakai sampai ke Hokkaido, ruter terdekat ya dari Tokyo donk, kan sudah dibagian atas heheh..

      Wong

      Like

  42. Dear Brother Wong,

    Keren banget reply dari setiap pertanyaan yang masuk.. salute..
    Dari saya mohon pencerahannya….
    Saya berangkat tgl 12mei dan sampai di Tokyo (HND) 10.30pm dan pulang dari Osaka 18mei 11.00am.

    1. Kira2 untuk begitu sampai dan mesti menginap karena sudah larut malam, adakah saran penginapan yang Murah (backpack) dekat bandara atau saya bisa beli airport limousine dan cari hotel yang murah yang terjangkau oleh airport limousine atau bisa naik transportasi lainnya (JR atau dsb) ?

    2. Hari 1-2 sudah pasti area tokyo. Hari ke 3 rencana ke mount fuji. Hari ke 4-5 rencana osaka.
    Apakah disarankan menginap pada hari ke 3 diarea mount fuji atau lebih baik pp ke tokyo?

    3. Boleh suggest penginapan murah dan recommended deket2 stasiun tokyo maupun osaka?

    4. Boleh juga disuggest untuk transportasi dari tokyo ke mount fuji ataupun dari tokyo ke osaka?

    Terima kasih seblumnya.

    Like

    1. Hi Stevin

      Thanks udah mampir yah, Kalau jam 10, agak mepet memang, tapi saya pernah jam segitu sampai Haneda dan langsung naik Airport Limo ke city. Hotel di bandara cuma ada satu yg nempel ama Bandara, maybe agak mahal, di sekitar hotel ada juga, coba googling deh.
      Hari ke 3 di Fuji, kalau nginap disitu, besoknya ke Osaka agak ribet, saran saya balik ke Tokyo saja dan nginap di Tokyo, besoknya naik shinkansen ke osaka.
      TOkyo ke Mt Fuji ada di artikel ini https://jalansendirijepang.com/2012/06/27/osaka-kyoto-hakone-tokyo/

      Tokyo ke Osaka ya shinkansen atau wiler bus kalo mau murah.

      Wong

      Like

  43. Dear Mr. Wong.. salam kenal
    saya akhir april ada rencana k japan bersama teman saya selama seminggu.
    1.rute saya tokyo-osaka -kyoto (pp balik ke osaka) – Nara – tokyo.. apakah ini perlu jr pass ?

    2.saya mau tanya , Kalo beli jr pass yg 7days..apakah itu unlimited ? Apakah saya boleh bolak balik di kota yg sama?(misalkan osaka-kyoto-osaka, dan hari berikutny osaka-nara-osaka)

    3.pertama kali saya ke negra yang ga tau bahasanya.. apa yg saya perlu persiapkan?

    Thank u
    meli

    Like

    1. hi Meli

      Thanks udah mampir. Kalau liat rutenya dimana kamu perlu PP Osaka-Tokyo menurut saya sih beli JR Pass. Itu unlimited, kamu boleh pake apa saja dan kapan saja. Kyoto osaka, osaka nara, osaka hokkaido hehehe..bebas Mel . Yg gak boleh cuma shinkansen Nozomi dan beberapa Express train yg bukan JR.
      Yg perlu dipersiapkan kalo enggak mau pusing sih sewa wifi…disitu kamu donlot google map dan google translator, udah deh, gak bisa bahasnya juga gak masalah…suru mas google yg ngomong hahaha….
      Sewa wifi dimana? coba klik https://jalansendirijepang.com/2014/12/16/gadget-overdose-buat-yang-gak-bisa-hidup-tanpa-sosmed-dan-internet/

      Cheers
      WOng

      Like

    2. Hi Meli, saran saya beli JR PASS aja. Karna Tokyo-Osaka (oneway) saja dengan shinkansen harga berkisar ¥15,000. Itu berarti PP sudah ¥30,000. Sedangkan harga JR pass untuk 7 hari kurang sedikit dari itu. Belum lagi dihitung biaya transportasi lain nya seperti Osaka ke Kyoto/ Nara.

      Untuk persiapan, saran saya downlod aplikasi Japan Rail (android) atau pakai Hyperdia.com, bisa juga googlemap untuk panduan selama di Jepang. Tentu nya dengan menyewa wi-fi seperti pak Wong blg. Itu wajib jika baru pertama kali ke Jepang tanpa ikut tour. Hehe…

      Pilih hotel yang tidak jauh dari train station juga tidak kalah penting.

      Semoga membantu.

      Buat pak Wong, pengalaman nya luar biasa, saya baca hampir setiap artikelnya, menarik dan informatif. Terus menulis artikel-artikel tentang Jepang ya pak.

      Bulan 7 ini saya rencana ke Hokkaido-Tokyo-Hakone-Tokyo (12hari).

      Salam sukses pak Wong.

      Like

  44. terima kasih banyak mr.wong infomasi nya sangat mencerahkan jd ga perlu beli JR pass
    kalo boleh saya tanya 1 lagi, untuk transport dalam kota cukup beli suica ya bisa untuk kereta dan bis ??
    sekali lagi terima kasih..sukses selalu om

    Like

  45. Halo Mr. Wong, thank you informasinya di blog ini. Bermanfaat banget buat yang mau ke jepang tanpa tour.
    Saya rencananya mau ke jepang tgl 20 April – 26 April. Rutenya Osaka – Kyoto – Tokyo. Saya bakal pergi sama papa saya (yang umurnya udah gak muda lagi), jadi memang rencana mau beli JRpass karena kalo naik willer ke Tokyo kasian si papa. Nah saya mau tanya beberapa hal mengenai trip ke jepang boleh ya.

    1.Apakah JRpass itu bisa dipakai utk naik shinkansen tanpa batasan? Karena saya males pindah hotel dr osaka ke kyoto, jadi rencananya saya mau naik shinkansen ke kyoto dan pulang hari ke osaka lagi. Baru besoknya saya naik shinkansen lagi dari osaka ke tokyo.
    2. Lebih bagus USS Osaka atau Disneyland n Disneysea ya? Karena saya cuma boleh pilih satu (maklum bawa orang tua ;p)

    3. Utk tempat tinggal di tokyo, teman2 saya menyarankan di daerah shinjuku. Apakah daerah disitu aman dan cocok utk tempat tinggal?

    Thank you for answering and have a nice day 🙂

    Like

    1. hi…thanks ya udah mampir

      1. Wah untuk Osaka ke Kyoto sih enggak perlu naek shinkansen..hahahaha…kemahalan dan kalau itu alasan buat beli JR Pass sih , buat saya kemahalan dan agak mubazir…
      Untuk Rute kamu menurut saya sih enggak perlu beli JR Pass. Utk lokal train dan train dari Osaka ke Kyoto beli aja Passmo atau SUica.

      2. mana yg lebih bagus? hmm ini sih tergantung selera, tapi kalau ngajak org tua (yg maaf mungkin enggak bisa main sebagian besar wahana) sebaiknya ke Tokyo Disneysea , bisa dinikmati pemandangannya.

      3. Shinjuku..my favourite spot in Japan….hotel yg oke bisa dilihat di https://jalansendirijepang.com/2012/05/07/hotel-di-jepang/

      Have a nice day too…. 🙂

      Wong

      Like

  46. Hallo Mr. Wong ..

    Perkenalkan saya Kerlin dari Bandung. Rencananya awal april saya, suami dan baby usia 20 mo akan liburan ke Jepang. Membaca tilisan Mr. Wong sangat membantu saya sekali dan sangat binin gak sabar buat liburan ke Jepang. Tapi tetep aja ada yang buat saya binging, soalnya transportasinya banyak bgt dan yang bikin bingung saya harus pake apa?
    Berikut Itenary saya selama berada di Jepang nanti :
    Day 1
    Jakarta – Haneda
    (sampai tengah malam sehingga menginap di hotel bandara).

    Day 2
    Haneda – Shibuya
    (dari haneda ke shibuya menggunakan apa? karena hotel di dekat Kamata ST saya harus pake apa?)
    Disney Sea

    Day 3
    Explore Tokyo
    Mountain Fuji dll
    (untuk selama explore tokyo enaknya pake apa yah? banyak bgt referensi ini itu bikin saya pusing bgt)
    selama di tokyo saya ke tempat tempat wisata imperial palace,taman UENO, Odaiba, kawaguchiko, kabukicho, shinjuku, harajuku, shibuya, asakusa, kaminarimon, tokyo tower).

    Day 4
    Shibuya – Nikko Edomura
    EDO WONDERLAND
    kalo sempat malamnya jalan” di Tokyo dan bus malam ke Kyoto
    untuk perjalanan ke Kyoto naek will express saya lihat sekitar 700 rban, nahuntuk shinkansen sekitar 900 rba kmrn saya lihat di hyperdia, beda tipis yah? apa saya salah harga .. hehee ..

    Day 5
    Explore Kyoto

    Day 6
    Kyoto

    Day 7
    Osaka
    Universal Studio Osaka
    pulang

    (antara 2 hari di Osaka atau Kyoto saya masih bingung penegnnya ke kobe, nagoya, cuma takut gak cukup waktunya, menurut Mr. Wong lebih baik 2 hari d Osaka atau Kyoto?)

    kiranya seperti itu rencana perjalanan saya, kira-kira ada masukan dari Mr. Wong mengenai tempat yang keren menurut Mr. Wong saya juga suka jalan, liat pemadangan dll .. Hehehe .. Ataupun ada segala masukan saya senang sekali ..

    Ditunggu yaa Mr. Wong ..
    Maav sekali saya curhatnya ngeribetin ..
    heheheheee …

    Like

    1. Hi Kerlin

      Thanks udah mampir yah, wah pertanyaannya byk bener hehehe…tapi namanya bawa Baby perlu lah info selengkapnya.
      Saran saya pastikan kamu sudah pesan wifi ya selama disana infonya di https://jalansendirijepang.com/2014/12/16/gadget-overdose-buat-yang-gak-bisa-hidup-tanpa-sosmed-dan-internet/

      Minimal dg mifi kamu bisa dapat info lengkap, update dan tahu lokasi dan train apa yg hrs dinaiki.
      Utk destinasi kemanapun bisa cek di http://www.hyperdia.com Haneda ke Shibuya enggak sulit, byk pilihan train. Keikyu line sampe shinagawa kemudian ganti yamanote line (cek saja di hyperdia). Tapi kalau kamu bawa koper byk karena pindah hotel, sebaiknya naik Airport Limousine.

      Selama di Tokyo ya sebaiknya naik Train, paling mudah dan murah. Yamanote line yg terpenting, sudah termasuk di dalam rute train tersebut beberapa obyek wisata penting tokyo.

      Utk shinkansen bukan salah harga, tapi kamu belum masukkan ongkos Seat Fee (ada tulisan diatasnya, jadi total 13,950 Yen) .

      Osaka gak byk yang dilihat, paling cuma ke Shinsaibashi dan Namba, saya si prefer ke Kyoto ,byk yg dilihat, bisa ke Arashiyama kalo demen pemandangan.

      Okie..met berlibur yah
      Wong

      Like

    2. dear Mr wong
      tanya dikit dong n advise nya. saya bersama istri 15 april brkgt tujuan haneda rencana bbrp hari di tokyo dan pulang tiket sudah di beli dr osaka tanggal 23, pertanyaan saya
      – di tokyo enaknya cari hotel di daerah mana ya enaknya biar lumayan deket sana sini, apakah perlu beli JR Pass
      – karena pulang dari osaka, enaknya sy menginap di kyoto apa langsung osaka ya om ?
      – dari tokyo (statsiun apakah ) menuju osaka baiknya saya naik shinkansen kah dan perlu beli JR juga kah ??
      maaf banyak pertanyaannya, mohon sekira nya dijawab, maklum jalan sendiri n modal nekat.

      NB Mba Kerlin boleh dong no kontaknya siapa tau kita bareng n bisa saling info,saya sm keluarga jg
      telp/wa saya (08197898939)

      Like

      1. Hi Bro Dendra

        1. Utk lokasi sih saya suka Shinjuku, deket kemana2
        2. JR Pass, kalau menurut saya sih enggak perlu, karena kamu cuka sekali naik shinkansen Tokyo -Osaka
        3. Osaka lbh byk pilihan hotel dan lebih murah, Kyoto tinggal naik train 20 menit
        4. Shinkansen lah, Nozomi, the fastest shinkansen
        Cheers
        Wong

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s