10 hal yang perlu diketahui sebelum “nekat” keliling Jepang tanpa tour-part 1


  1. JR Pass

Yang paling sering membingungkan dan jadi pertanyaan ya yang satu ini. JR Pass, bisa dibeli dimana? Gimana cara pakainya? Apakah perlu beli JR Pass? JR Pass itu apa ya?

Mitos selama ini adalah anggapan bahwa, kalau mau naik kereta di Jepang ya harus punya JR Pass, banyak yang mengira JR Pass itu “Tiket Kereta”. Jawabannya iya dan tidak, hehehe tambah bingung kan? JR Pass bentuknya seperti selembar tiket, boleh dibilang semacam tiket sakti !!  Kalau kamu punya JR Pass ini kamu bisa naik kereta apapun untuk kemanapun. Demikian pula Bus dan Ferry yang di operasikan oleh perusahaan JR (Japan Rail) bahkan NEX (Narita Express; kereta dari Bandara Narita ke Tokyo) juga dapat menggunakan JR Pass.  Gampangnya sih gitu, jelas yah.

Nah yang sangat perlu diketahui, JR Pass tidak bisa dibeli di Jepang, kamu harus beli di luar jepang. Kalau di Indonesia bisa contact travel/tour agent banyak yang melayani penjualan JR Pass ini.

JR Pass ada macam2 dengan coverage yang berbeda tapi kalau kamu baru pertama kali ke Jepang biasanya rute standar adalah Tokyo-Kyoto-Osaka (PP). Kalau memang begitu rutenya kamu harus beli JR Pass yang full coverage. Yang harganya saya sebut diatas. Masih ada JR Pass lainnya dengan coverage yang lebih kecil spt JR Pass East, JR Pass Hokkaido, JR Pass West, dsb.

Masa berlaku JR Pass berbeda-beda, kamu bisa memilih 7, 14, dan 21 hari. Tentunya harganya berbeda, yang paling murah dan sering dibeli ya JR Pass 7 hari, yang harganya 29,110 Yen (Adult) dan 15,550 Yen (Child) , child disini berumur 6-11 tahun (12 keatas dihitung Adult).

* anak berumur dibawah 6 tahun gratis (jika ditemani pengguna JR Pass), tapi tentunya tidak dapat tempat duduk. 

 

Kalau mau tahu lebih lanjut tentang JR Pass mampir juga ke artikel ini https://jalansendirijepang.com/2013/07/02/jr-pass-japan-rail-pass/

 

 

2.Train dan Metro Tiket (atau dalam bahasa Jepang “kippu”) Train dan Metro

 

Di Jepang ada yang disebut Train, ada yg disebut Metro (subway).

Bedanya sendiri enggak begitu jelas sebenernya, Metro seperti subway (jadi dibawah tanah, menghubungkan beberapa station bawah tanah). Lambang Metro adalah seperti ini:

Tokyo Me

 

 

 

 

 

Sedangkan Train ada kepala lokomotifnya, dan kadang berjalan di bawah tanah kadang diluar. Kurang lebih seperti itulah definisinya hahaha….

Untuk naik train/metro kamu bisa beli tiket di mesin yang terletak di setiap station. Bisa bayar pakai coin, bisa pake uang kertas. Setiap mesin bisa memberikan uang kembalian, jadi kamu enggak usah khawatir.

Tiket yang keluar dari mesin perlu kamu masukkan ke gate masuk, dan kamu simpan karena dibutuhkan saat keluar di station tujuan.

Enaknya di jepang kita enggak usah khawatir soal berapa sih yang harus kita bayar untuk sampai ke station A atau station B. Karena kalaupun salah, saat kamu keluar “gate tidak akan terbuka”.  Kamu enggak usah khawatir, disamping gate biasanya ada “mesin adjustment” kamu tinggal masukkan tiket kamu dan bayar kekurangannya.

 

Untuk informasi lengkap saya ada 3 artikel tentang cara menggunakan train di Jepang;

 

Beli Tiket Train di Jepang – part 1

Beli Tiket Train di Jepang – part 2 

Beli Tiket Train di Jepang – part 3

 

3. SUICA dan PASMO

Pasmo Ticket Machine
Pasmo Ticket Machine

Ini cara yang paling mudah dan nyaman untuk memakai public transport di Jepang, sebenernya SUICA dan PASMO ini mirip dengan yang dipakai di Singapore, biasa disebut “LINK” atau kalau di Hong Kong “OCTOPUS“.  Jadi semacam prepaid card, kamu bisa isi saldo sesuai kemauan kamu, kalau di Indonesia kita bisa pakai EToll Mandiri atau BCA Flash contohnya.

SUICA/PASMO bisa digunakan di seluruh public transport di Jepang, mau pakai Train, Bus, Metro, Monorail apa aja deh. Enaknya juga bisa dipakai di vending machine, ini berguna banget buat yang udah kebanyakkan uang receh (di Indo gak bisa dituker di money changer Bro and Sis

Keuntungan lainnya, kamu bisa masuk gate dengan lebih cepat, enggak usah antri beli tiket di mesin, dan juga yang paling enak adalah kamu enggak perlu lagi mengira-ngira biaya dari station A ke station B. Tinggal tempel kartunya di Gate, lewat deh, praktis bin ajib..hahaha

SUICA/PASMO bisa dibeli di mesin yang ada di setiap station, khusus untuk anak dibawah 12 tahun kamu bisa beli PASMO/SUICA buat anak-anak yang setiap kali di tempel di mesin ratenya cuma 50% dari orang dewasa. Untuk beli yang anak-anak kamu harus menghubungi petugas yang ada di samping mesin, tunjukkan passport anak-anaknya juga.

 

4 LIMITED/ EXPRESS TRAIN

Ini jenis Train yang agak berbeda di jepang. Express/Limited Train ini kadang membingungkan juga, karena bentuknya sama dengan train lainnya. Pengguna JR Pass akan dibuat bingung juga dengan Train ini. Umumnya JR Pass tidak berlaku untuk Limited/Express Train. Biasanya ciri dari Limited/Express Train adalah setiap pintunya di jaga oleh pramugari. Mereka akan berdiri tidak jauh dari setiap pintu gerbong. Pengguna JR Pass bisa menanyakan langsung ke mereka, apakah JR Pass dapat digunakan atau tidak.

Salah satu contoh Train ini adalah Odakyu Express Train yang menuju ke Hakone. Train ini melayani perjalanan dari Shinjuku ke Hakone, untuk info lebih lanjut bisa dilihat di https://jalansendirijepang.com/2012/06/27/osaka-kyoto-hakone-tokyo/

 

5. AIRPORT LIMOUSINE

Airport Bus Haneda Tokyo
Airport Bus Haneda Tokyo

Namanya sih Airport Limousine, yang kebayang pasti Limousine yang panjang dan mewah. Tapi ini sebenernya sih Bus, entah kenapa jadi disebut seperti itu, kayaknya sih cuma lebay doang hahaha.

Bus ini praktis untuk mereka yang baru sampai di Airport dan perlu menuju hotel dengan barang bawaan koper yang besar-besar. Bus melewati bandara Narita dan Haneda, demikian juga bus yang sama tersedia di Kansai airport. Tiket bisa dibeli di counter di Bandara, kalau di Haneda tepat di pintu keluar imigrasi. Kalau di Narita harus berjalan sedikit keluar menuju ke perhentian bus.  Tiket bisa juga dibeli di mesin dekat pemberhentian bus tersebut. Bus melayani berbagai rute dan berhenti di beberapa hotel di Tokyo dan Osaka.  Kalau mau praktis ya nginap di salah satu hotel tempat bus berhenti, atau paling tidak hotel yang dekat dengan perhentian tersebut.

Info lebih lanjut bisa di lihat di https://www.limousinebus.co.jp/en/

 

To be continued part 2 … 

Advertisements

40 thoughts on “10 hal yang perlu diketahui sebelum “nekat” keliling Jepang tanpa tour-part 1

  1. Selamat pagi, pak hartawan wong..
    Saya berencana ke jepang tahun ini tanpa pakai travel atau tour.
    Denger-denger sih gk bisa pergi ke jepang klo tanpa travel (hanya individu 2 orang) , apakah nanti di bandara kansai akan ada pemeriksaan dokumen, rekening/tabungan, & tujuan (tanpa travel/ tour) akan di pulangkan kembali (tidak boleh masuk di jepang)??
    Terima kasih pak.

    Like

  2. Rencana paling tidak 6 hari 5 malam, atau minimal memang 7 hari ya?

    Apakah bisa bantu untuk arrange itinerarynya? Rencana adalah minggu terakhir april atau awal mei. Beberapa tempat yang sejauh ini kami tertarik adalah:
    1. Disneyland
    2. Disneysea
    3. Tokyo
    4. Mt Fuji
    5. Universal Osaka
    6. Kyoto

    Bagaimana Pengaturannya ya

    Like

  3. Pagi pak, saya dan anak 10th, saat ini sdh di tokyo, sampai tgl 31 des 2016, apakah bisa menjadi private tour guide kami? Saya menginap di royal park hotel, saya tunggu balasannya. Terima kasih

    Like

  4. Maaf numpang nanya…. ke jepang 23-30 april 2017… rencana ke tokyo-kyoto-osaka… tgl segitu apa recommended kah?

    sekalian pembaca disini… ada yg gabung nemenin ga ya? heheheee

    Like

  5. Selamat Malam Pak Wong, saya Lia. Rencana saya dan suami akan ke Tokyo-Akita-Kyoto-Osaka-Hiroshima-Tokyo tanggal 16-30 Mei 2017. Kami masih bingung apakah mau mencari hotel di daerah shinjuku atau tokyo stasion karna rute yang cukup padat 😊, kira2 enaknya di daerah mana ya Pak? Jika kami ambil JR Pass 7 hari apakah bisa mencangkup semua rute?atau ada maksimal pemakaiannya? Nanti di tokyonya kami pake suica dan pasmo. Mohon advice nya dunk Pak Wong. Kalo ada referensi2 yang bisa membantu kami selama ngebolang disana boleh dibagi dunk Pak Wong. Terima kasih 😊

    Like

    1. hi Lia
      Hi kalao lokasi saya sih lebih suka SHinjuku, JR pass tentu saja mencakup semua rute kamu. Dan Cukup maksimal kok, kamu bolak balik Tokyo-oSaka saja sudah seharga JR Pass. Di Tokyo nya JR Pass juga bisa dipakai.

      Cheers Wong

      Like

  6. Salam mas, mau nanya saya berangkat ke tokyo haneda tanggal 21-31 Mei 2017 backpacker sendiri. tempat-tempat yang pasti ingin saya kunjungi stasiun shibuya (hachiko), odaiba (gundam statue), pokemon center, tokyo tower, dan ngarep banget bisa liat hanami (kira-kira cherry blossom tanggal segitu masih ada ga mas? hehe). bisa minta rekomendasi tempat wisata kuliner, wisata alam yang indah dijepang. dan mohon klo boleh dibuatin itinerary-nya mas hehe thankyou.

    Like

    1. hi Aldo

      Mei akhir sebenernya agak terlambat buat Hamami, kecuali kalo emang musim panasnya agak telat. Biasa starting di awal April, dan last for 2 weeks. Tapi yah siapa tahu masih ada ya hahaha..
      Itinerary, sorry saya ga bisa buatin, kesukaan orang kan lain2, coba deh liat comment di blog ini , byk yg buat itinerary bagus2 kok.

      Salam
      WOng

      Like

    2. Hi Mr. Wong..
      Salam kenal yaa,

      Saya rencana mau pergi ke jepang tgl 13des – 21des 2016 PP narita . Rencana mau pergi ke themepark (USJ,disneyland,disney sea) , pengen jg menjelajah ke mt.fuji,alpen road,kyoto & mainan salju (hehehe) Cm masih bingung mengatur itinerary yg pas (tdk pake mahal pastinya xixixixi) & mesti beli JR yg spt apa utk menjangkau smua daerah jajahan saya nanti (hrgnya?).
      Utk penginapan lbh efisien & hemat apartemen or hotel yaa? Utk 9org (2 orgtua,4dewasa & 3 anak2 usia dibawah 9th) yg ‘low cost’.
      Mohon bantuan penjelasannya yaa.

      Trmksh,
      Devi

      Like

      1. Hi Devi

        Thanks udah mampir, hmmm first of all kalau mau sampe alpen road sih enggak bisa murah hehehe. Yg jelas kalau mau jelajah gitu,sebaiknya beli JR Pass dan susun itinerary sedetil mungkin. Penginapan 9 orang agak sulit ngaturnya, hotel plg tidak butuh 4 kamar. Airbnb repotnya nanti kepisah. Saran saya terpaksa hotel, tapi ya gak bisa murah juga.

        Itinerary coba dibuat dulu, byk yg comment dg itinerary yg bagus di blog, atau donlot contoh itinerary di https://jalansendirijepang.com/2015/12/02/itinerary/

        Cheers
        WOng

        Like

  7. Siang Pak wong,Saya dan teman-teman berencana untuk berlibur ke jepang pda tanggal 24 desember-3 januari..jd rencana kami 24-28 di tokyo dan ke lake kawaguchi pp tokyo,tgl 29 ke shiga kogen 1 malam,tgl 30 takayama-shirakawago-kyoto,31-2 di kyoto dan tgl 3 pulang ke indonesia melalui osaka..saya ingin minta pendapat bpk.. terima kasih.

    Like

    1. Hi Alvindo

      Thanks udah mampir, menurut saya oke kok itinerary kamu, tinggal dihitung aja perlu pake JR Pass atau enggak, biasa sih enggak perlu, karena kamu pulangnya lewat OSAKA, tapi berhub kamu mampir Takayama maybe dihitung lagi aja.

      Cheers
      Wong

      Like

  8. Hi pak wong, sy n friends rencana ke jepang 19-25 maret 2017 incl. terbang, penginnya sih ke gala yuzawa tokyo osaka kyoto, berhubung cuma 5 hari dan pengin ke daerah ini (agak maruk ya) kira2 rute nya yg enak kemana dulu ya pak . Kami datang n pulang lewat Narita. Kalau beli JR Pass yg full coverage bisa di pakai juga utk pp narita-tokyo kah?. mohon sarannya dan terima kasih

    Like

    1. hi Ellya

      Wah mepet banget yah waktunya, 5 hari…ck ck ck…hmmm ditambah datang dan pulang dari Narita. Saran terbaik saya sih…ganti tiket dan stay lebih lama hehehe
      Seriously, sayang duitnya, waktu sependek itu, dan include pesawat lagi. Kalau kamu pulangnya dari Osaka masih bisa di manage lah.
      Kalo enggak mending putar2 di Tokyo, Gala Yuzawa dan ke Fuji.

      Cheers
      Wong

      Like

  9. Sy planning ke tokyo kyoto osaka selama 9 hr di bln january. Landing di haneda dan kembali dari osaka. Sy perlu JR pass ga, Klo tdk pakai apa ya.? Bisa bantu itenarynya ga.? Planning anak2 mau ke disneland dan sea pas di tokyo. Makasih ya

    Like

    1. Hi Nena

      JR Pass tergantung kamu ke mana aja sih, tapi dengan rute kamu menurut saya sih enggak perlu beli JR Pass. Saran saya dibuat dulu itinerary yg lengkap, jadi bisa dibandingkan. Contohnya bisa dilihat disini https://jalansendirijepang.com/2015/12/02/itinerary/
      Kalo gak pake JR Pass ya beli SUica/Pasmo atau tiket biasa di Station, mudah kok. Disney yg penting hindari weekend, bisa googling Tokyo Disney crowd Calendar juga…

      Salam
      Wong

      Like

  10. Hai kak

    Saya bulan april 2017 mau ke jepang rencana sih turun di haneda dan menginap di ginza kira2 saya akses ke ginza menggukan apa ya? Dan kalau akses dari ginza ke disneyland itu saya lewat mana? Perlukah beli tiket disney sehari sebelumnya dan beli dimana? Dan lebih baik beli suica / pasmo kah untuk jalan2 ditokyo?

    Makasih sebelumnya.

    Like

    1. hi Rossa

      Untuk cek transportasi, kamu bisa ke Hyperdia.com lengkap kok. Ginza sih enak, cukup byk Metro yg akses kesitu, Tokyo Station juga enggak jauh dari situ. Saran saya sih pakai pasmo/suica untuk commuter di Ginza, karena memang lebih mudah pakai Metro dibanding Train. Untuk ke Disney juga mudah dari situ, kamu bisa ke Tokyo Station , kemudian ambil Keio Line. Atau pakai Metro juga bisa, coba deh cek hyperdia.com

      Tiket Disney, beli online dari sekarang saja. Lihat dulu Disney crowd timetable buat nentuin hari yg sepi.

      Cheers
      Wong

      Like

  11. Selamat malam Pak Wong,
    Saya mau nanya, ketika ke Jepang apakah bapak terlebih dahulu mengecek cuaca di sana? Apakah accuweather cukup reliable untuk ngecek cuaca disana?

    Terima kasih

    Like

  12. Hallo mas
    Saya mau Tanya, ada rencana ke jepang nanti 10 hari di bulan November dari Osaka -Kyoto-Tokyo, saya bingung baca artikel lain yg menurut saya krg jelas, kira2 ada pencerahan mas sebaiknya menggunakan transport apa saja dan jalan kemana saja, krn saya travelling tanpa tour, terima kasih sblmnya 🙂

    Like

      1. Hai mas….
        Saya dan rombongan besar keluarga berencana ke Jepang bulan desember nanti selama 17 hari. Kami akan menggunakan JR Pass 14 hari dg itenary nya Tokyo-Osaka-Kyoto-Tokyo. Mohon saran untuk transportasi sisa 3 harinya dan untuk transportasi ke Haneda untuk 15 orang krn sudah tidak bisa menggunakan JR pass. Terima kasih.

        Like

      2. hi Desti

        Ini sudah saya jawab kali ya sebelumnya? Biasanya orang beli 7 hari day pass, kemudian dipakai untuk yg jauh2 spt Osaka-Tokyo PP, sisanya spend di Tokyo dan sekitarnya cukup menggunakan pasmo/suica.

        Kalau pakai JR Pass utk yang dekat2 spt city tour Tokyo/osaka rugiiiii

        hehehe

        Wong

        2016-09-07 13:57 GMT+07:00 Jalan Sendiri ke Jepang :

        >

        Like

  13. Hai mas….
    Saya dan rombongan besar keluarga berencana ke Jepang bulan desember nanti selama 17 hari. Kami akan menggunakan JR Pass 14 hari. Itenary nya Tokyo-Osaka-Kyoto-Tokyo. Mohon saran untuk transportasi sisa 3 harinya dan untuk transportasi ke Haneda untuk 15 orang. Terima kasih.

    Like

    1. hehehe…. iya mas. Saya gak lihat jawabannya jadi nanya lagi. ^_^
      Terima kasih banyak jawabannya…

      Rencananya mau main salju ke Nagano juga mas, kalau masih bisa pakai JR pass nya. Atau ada rekomendasi tempat lain untuk main salju (+ ski mungkin)

      Thanks

      Like

      1. hi Desti, salju bisa ke Gala Yuzawa, itu yg paling dekat dengan Tokyo, dan bisa pakai JR Pass. Nagano area ada beberap juga tempat main salju, tapi memang lokasi relatif lebih jauh.

        WOng

        Like

  14. Halo Mas.
    Mau tanya juga nih. Sy rencana pengen pergi dgn 1 child 9th dan 1 child diatas 12 thn utk april thn depan. Kalo mau ke tokyo osaka kyoto pp balik ke tokyo lagi, brp hari kira2 cukupnya. Apakah 7 hr cukup itu termasuk 1st day aarrival dan departure day.
    Dan apakah sy perlu beli 3 JR pass nya? Apakah Jr utk anak juga ada?
    Dan bisa info penginapan yg murah yg dilewati airport limousine?
    Apakah kalo jalan sendiri dgn anak2 aman di jepang? Apakah metro atau train nya selalu penuh berdesakan?
    Dan apakah perlu sewa wifi modem atau simcard utk internet on terus? Sewa dimana dan apa namanya.

    Tolong pencerahannya.
    Thx ya.
    Lanny

    Like

    1. hi Lanny

      Saya sih sarankan kalau mau keliling Osaka-Kyoto-Tokyo paling tidak 9 hari (sudah termasuk pesawat). JR Pass perlu kalau memang harus balik lagi, misal osaka-Tokyo-Osaka atau Tokyo-Osaka-Tokyo .
      Penginapan yg murah? Wah saya gak punya rekomendasi, belakangan ini kalau mau murah pakai AirBnb, saya bisa recommend sih kalau pake airbnb, nanti sy kirim by email.
      Wifi kalau nginap di airbnb biasa sudah dapat dari host nya. Kalau di hotel ya sewa saja, ada di artikel saya yg ini https://jalansendirijepang.com/2014/12/16/gadget-overdose-buat-yang-gak-bisa-hidup-tanpa-sosmed-dan-internet/

      Thanks udah mampir Lanny.

      Wong

      Like

  15. Hallo mas..
    Saya ada rencana mau ke jepang tokyo-osaka-kyoto,baiknya perlu pake JR pass atau tdk?,lalu untuk jalan2 di kotanya prlu beli suica tdk? Kyoto dan osaka menggunakan suica jg ga ya? Lalu klo ke disney&universal ada kereta JR?
    Hehe maaf banyak nanya..soalnya bru pertama ke jepang n liat peta subway&metro wooowww ruweetnya beda jauh ma peta mrt hongkong..
    Thks..

    Like

  16. Salam mas,

    Saya mau tanya.. kebetulan saya akan liburan hanya seputaran tokyo saja selama 4 hari bulan November nanti. kalau saya baca2 utk beli JR Pass harganya terlalu mahal karna saya hanya 4 hari saja. sebaiknya apakah saya beli Suica / Pasmo? atau boleh minta sarannya kira2 utk transport saya menggunakan apa?

    Terima Kasih Sebelumnya.

    Like

    1. Hi Endah

      Thanks udah mampir, kalau hanya 4 hari dan hanya putar2 di dalam Tokyo tidak perlu beli JR Pass hehehe….kemahalan donks.
      Cukup beli suica/pasmo, gak pake ribet hehehe

      Transport, mainly pakai train untuk Tokyo, moda yg lain mahal dan macet.
      Wong

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s