1. JR Pass

Yang paling sering membingungkan dan jadi pertanyaan ya yang satu ini. JR Pass, bisa dibeli dimana? Gimana cara pakainya? Apakah perlu beli JR Pass? JR Pass itu apa ya?

Mitos selama ini adalah anggapan bahwa, kalau mau naik kereta di Jepang ya harus punya JR Pass, banyak yang mengira JR Pass itu “Tiket Kereta”. Jawabannya iya dan tidak, hehehe tambah bingung kan? JR Pass bentuknya seperti selembar tiket, boleh dibilang semacam tiket sakti !!  Kalau kamu punya JR Pass ini kamu bisa naik kereta apapun untuk kemanapun. Demikian pula Bus dan Ferry yang di operasikan oleh perusahaan JR (Japan Rail) bahkan NEX (Narita Express; kereta dari Bandara Narita ke Tokyo) juga dapat menggunakan JR Pass.  Gampangnya sih gitu, jelas yah.

Nah yang sangat perlu diketahui, JR Pass tidak bisa dibeli di Jepang, kamu harus beli di luar jepang. Kalau di Indonesia bisa contact travel/tour agent banyak yang melayani penjualan JR Pass ini.

JR Pass ada macam2 dengan coverage yang berbeda tapi kalau kamu baru pertama kali ke Jepang biasanya rute standar adalah Tokyo-Kyoto-Osaka (PP). Kalau memang begitu rutenya kamu harus beli JR Pass yang full coverage. Yang harganya saya sebut diatas. Masih ada JR Pass lainnya dengan coverage yang lebih kecil spt JR Pass East, JR Pass Hokkaido, JR Pass West, dsb.

Masa berlaku JR Pass berbeda-beda, kamu bisa memilih 7, 14, dan 21 hari. Tentunya harganya berbeda, yang paling murah dan sering dibeli ya JR Pass 7 hari, yang harganya 29,110 Yen (Adult) dan 15,550 Yen (Child) , child disini berumur 6-11 tahun (12 keatas dihitung Adult).

* anak berumur dibawah 6 tahun gratis (jika ditemani pengguna JR Pass), tapi tentunya tidak dapat tempat duduk. 

 

Kalau mau tahu lebih lanjut tentang JR Pass mampir juga ke artikel ini https://jalansendirijepang.com/2013/07/02/jr-pass-japan-rail-pass/

 

 

2.Train dan Metro Tiket (atau dalam bahasa Jepang “kippu”) Train dan Metro

 

Di Jepang ada yang disebut Train, ada yg disebut Metro (subway).

Bedanya sendiri enggak begitu jelas sebenernya, Metro seperti subway (jadi dibawah tanah, menghubungkan beberapa station bawah tanah). Lambang Metro adalah seperti ini:

Tokyo Me

 

 

 

 

 

Sedangkan Train ada kepala lokomotifnya, dan kadang berjalan di bawah tanah kadang diluar. Kurang lebih seperti itulah definisinya hahaha….

Untuk naik train/metro kamu bisa beli tiket di mesin yang terletak di setiap station. Bisa bayar pakai coin, bisa pake uang kertas. Setiap mesin bisa memberikan uang kembalian, jadi kamu enggak usah khawatir.

Tiket yang keluar dari mesin perlu kamu masukkan ke gate masuk, dan kamu simpan karena dibutuhkan saat keluar di station tujuan.

Enaknya di jepang kita enggak usah khawatir soal berapa sih yang harus kita bayar untuk sampai ke station A atau station B. Karena kalaupun salah, saat kamu keluar “gate tidak akan terbuka”.  Kamu enggak usah khawatir, disamping gate biasanya ada “mesin adjustment” kamu tinggal masukkan tiket kamu dan bayar kekurangannya.

 

Untuk informasi lengkap saya ada 3 artikel tentang cara menggunakan train di Jepang;

 

Beli Tiket Train di Jepang – part 1

Beli Tiket Train di Jepang – part 2 

Beli Tiket Train di Jepang – part 3

 

3. SUICA dan PASMO

Pasmo Ticket Machine
Pasmo Ticket Machine

Ini cara yang paling mudah dan nyaman untuk memakai public transport di Jepang, sebenernya SUICA dan PASMO ini mirip dengan yang dipakai di Singapore, biasa disebut “LINK” atau kalau di Hong Kong “OCTOPUS“.  Jadi semacam prepaid card, kamu bisa isi saldo sesuai kemauan kamu, kalau di Indonesia kita bisa pakai EToll Mandiri atau BCA Flash contohnya.

SUICA/PASMO bisa digunakan di seluruh public transport di Jepang, mau pakai Train, Bus, Metro, Monorail apa aja deh. Enaknya juga bisa dipakai di vending machine, ini berguna banget buat yang udah kebanyakkan uang receh (di Indo gak bisa dituker di money changer Bro and Sis

Keuntungan lainnya, kamu bisa masuk gate dengan lebih cepat, enggak usah antri beli tiket di mesin, dan juga yang paling enak adalah kamu enggak perlu lagi mengira-ngira biaya dari station A ke station B. Tinggal tempel kartunya di Gate, lewat deh, praktis bin ajib..hahaha

SUICA/PASMO bisa dibeli di mesin yang ada di setiap station, khusus untuk anak dibawah 12 tahun kamu bisa beli PASMO/SUICA buat anak-anak yang setiap kali di tempel di mesin ratenya cuma 50% dari orang dewasa. Untuk beli yang anak-anak kamu harus menghubungi petugas yang ada di samping mesin, tunjukkan passport anak-anaknya juga.

 

4 LIMITED/ EXPRESS TRAIN

Ini jenis Train yang agak berbeda di jepang. Express/Limited Train ini kadang membingungkan juga, karena bentuknya sama dengan train lainnya. Pengguna JR Pass akan dibuat bingung juga dengan Train ini. Umumnya JR Pass tidak berlaku untuk Limited/Express Train. Biasanya ciri dari Limited/Express Train adalah setiap pintunya di jaga oleh pramugari. Mereka akan berdiri tidak jauh dari setiap pintu gerbong. Pengguna JR Pass bisa menanyakan langsung ke mereka, apakah JR Pass dapat digunakan atau tidak.

Salah satu contoh Train ini adalah Odakyu Express Train yang menuju ke Hakone. Train ini melayani perjalanan dari Shinjuku ke Hakone, untuk info lebih lanjut bisa dilihat di https://jalansendirijepang.com/2012/06/27/osaka-kyoto-hakone-tokyo/

 

5. AIRPORT LIMOUSINE

Airport Bus Haneda Tokyo
Airport Bus Haneda Tokyo

Namanya sih Airport Limousine, yang kebayang pasti Limousine yang panjang dan mewah. Tapi ini sebenernya sih Bus, entah kenapa jadi disebut seperti itu, kayaknya sih cuma lebay doang hahaha.

Bus ini praktis untuk mereka yang baru sampai di Airport dan perlu menuju hotel dengan barang bawaan koper yang besar-besar. Bus melewati bandara Narita dan Haneda, demikian juga bus yang sama tersedia di Kansai airport. Tiket bisa dibeli di counter di Bandara, kalau di Haneda tepat di pintu keluar imigrasi. Kalau di Narita harus berjalan sedikit keluar menuju ke perhentian bus.  Tiket bisa juga dibeli di mesin dekat pemberhentian bus tersebut. Bus melayani berbagai rute dan berhenti di beberapa hotel di Tokyo dan Osaka.  Kalau mau praktis ya nginap di salah satu hotel tempat bus berhenti, atau paling tidak hotel yang dekat dengan perhentian tersebut.

Info lebih lanjut bisa di lihat di https://www.limousinebus.co.jp/en/

 

To be continued part 2 … 

Advertisements