jr_map

 

 

 

 

 

 

 

 

Hi again, berhubung banyak banget yang nanyain soal JR Pass makanya kali ini artikelnya cerita soal JR PASS ya!

Pertanyaan yang paling sering adalah;

  1. Perlukah saya beli JR PASS selama jalan-jalan di Jepang?
  2. Apakah lebih murah kalau pakai JR PASS?
  3. Dimana beli JR PASS dan gimana cara pakai JR PASS?

Perlu apa tidak pakai JR PASS ?

Pada dasarnya JR bermanfaat kalau kamu harus naik Shinkansen utk tujuan jauh, seperti dari TOKYO ke OSAKA/KYOTO yang sekali jalan saja udah sekitar  14,050 Yen (Rp 1,4 juta) jadi kalau pulang pergi  Rp 2,8 juta.

Harga JR PASS yang paling murah adalah 7Day Pass JR : 28,300 Yen (atau sekitar Rp 2,850,000 dg kurs yg lagi murah sekarang ini hahahaha) , bisa dilihat di http://www.japanrailpass.net/eng/en003.html

Karena JR Pass bisa dipakai untuk perjalanan selama di dalam kota Tokyo, Osaka, dan Kyoto paling tidak dengan membeli JR Pass kamu sudah hemat karena tidak perlu membeli tiket lagi untuk perjalanan dalam kota.

Singkatnya, kalau kamu mendarat di Tokyo dan rencananya mau jalan-jalan ke OSAKA/KYOTO kemudian nanti kembali ke Indonesia harus melalui Tokyo maka sebaiknya beli JR PASS.

Tetapi perhatikan bahwa JR Pass tidak berlaku untuk Shinkansen NOZOMI” dan  “MIZUHO jadi untuk ke Osaka misalnya harus naik HIKARI yang jadwalnya tertentu, lihat www.hyperdia.com

Apakah lebih murah kalau pakai JR PASS?

Yang ini udah terjawab sebenarnya di atas ya, untuk harga JR PASS bisa di cek di http://www.japanrailpass.net/eng/en003.html

Lantas kalau perjalanan kamu hanya seputar Tokyo apakah perlu beli JR PASS? Jawabannya “Tidak perlu!!”.  Alternativenya kamu bisa beli Tokyo Day Pass, atau saya sih lebih suka beli SUICA yaitu semacam prepaid card, seperti yang digunakan banyak di Negara maju seperti  Singapore, Korea dan Hongkong.  SUICA bisa dibeli di vending machine yang ada di setiap station.

Atau kalau travelling hanya 1-3 hari, dan tidak terlalu tinggi mobilitasnya bisa beli tiket per trip, lihat https://jalansendirijepang.wordpress.com/2012/04/08/hello-world/

Lantas apa yg dimaksud dengan Green Cars dan Ordinary Cars? Green Cars = business/executive class jadi kursi lebih bagus, sedangkan Ordinary Cars = economy class, tapi enggak usah khawatir kok, kalau buat saya sih ekonominya enak, kursi lapang, bisa reclining, AC dan ada dudukan juga buat kaki, serasa executive class hehehe..

Dimana beli JR PASS dan gimana cara pakai JR PASS?

JR Pass harus dibeli di luar negeri Jepang.  Jadi sebelum berangkat ke Jepang hubungi agent http://www.japanrailpass.net/eng/en005.html  yang menjual JAPAN RAIL PASS Exchange Order ,  jadi yang dibeli adalah exchange order. Setelah sampai di Jepang cari Ticketing Office yang bertanda hijau untuk menukar exchange tersebut dengan JR PASS.

Pemakai JR Pass harus selalu membawa passport (ini nih enggak enaknya) dan melalui pintu khusus yang berada disamping pintu otomatis. Pintunya biasanya harus dibuka secara manual.

JR Pass bisa digunakan di moda transportasi (info lengkap http://www.japan-guide.com/e/e2361.html)

  • JR Train
  • Ferry to Miyajima island
  • Local Bus
  • Tokyo monorail to/from Haneda

Oke deh, semoga membantu, untuk info lebih lanjut coba ke http://www.japanrailpass.net/eng/en001.html

Tips: perhatikan waktu kunjungan ke kota-kota di Jepang karena JR pass memiliki masa berlaku (7hari, 14 hari) Misalkan dari Tokyo ingin ke Kyoto dan Osaka, pastikan perjalanan ke Kyoto dan Osaka maksimum 7 hari, dan di hari ke 7 sudah balik lagi ke Tokyo.

Advertisements