JR PASS (JAPAN RAIL PASS)


jr_map

 

 

 

 

 

 

 

 

Hi again, berhubung banyak banget yang nanyain soal JR Pass makanya kali ini artikelnya cerita soal JR PASS ya!

Pertanyaan yang paling sering adalah;

  1. Perlukah saya beli JR PASS selama jalan-jalan di Jepang?
  2. Apakah lebih murah kalau pakai JR PASS?
  3. Dimana beli JR PASS dan gimana cara pakai JR PASS?

Perlu apa tidak pakai JR PASS ?

Pada dasarnya JR bermanfaat kalau kamu harus naik Shinkansen utk tujuan jauh, seperti dari TOKYO ke OSAKA/KYOTO yang sekali jalan saja udah sekitar  14,050 Yen (Rp 1,4 juta) jadi kalau pulang pergi  Rp 2,8 juta.

Harga JR PASS yang paling murah adalah 7Day Pass JR : 28,300 Yen (atau sekitar Rp 2,850,000 dg kurs yg lagi murah sekarang ini hahahaha) , bisa dilihat di http://www.japanrailpass.net/eng/en003.html

Karena JR Pass bisa dipakai untuk perjalanan selama di dalam kota Tokyo, Osaka, dan Kyoto paling tidak dengan membeli JR Pass kamu sudah hemat karena tidak perlu membeli tiket lagi untuk perjalanan dalam kota.

Singkatnya, kalau kamu mendarat di Tokyo dan rencananya mau jalan-jalan ke OSAKA/KYOTO kemudian nanti kembali ke Indonesia harus melalui Tokyo maka sebaiknya beli JR PASS.

Tetapi perhatikan bahwa JR Pass tidak berlaku untuk Shinkansen NOZOMI” dan  “MIZUHO jadi untuk ke Osaka misalnya harus naik HIKARI yang jadwalnya tertentu, lihat www.hyperdia.com

Apakah lebih murah kalau pakai JR PASS?

Yang ini udah terjawab sebenarnya di atas ya, untuk harga JR PASS bisa di cek di http://www.japanrailpass.net/eng/en003.html

Lantas kalau perjalanan kamu hanya seputar Tokyo apakah perlu beli JR PASS? Jawabannya “Tidak perlu!!”.  Alternativenya kamu bisa beli Tokyo Day Pass, atau saya sih lebih suka beli SUICA yaitu semacam prepaid card, seperti yang digunakan banyak di Negara maju seperti  Singapore, Korea dan Hongkong.  SUICA bisa dibeli di vending machine yang ada di setiap station.

Atau kalau travelling hanya 1-3 hari, dan tidak terlalu tinggi mobilitasnya bisa beli tiket per trip, lihat https://jalansendirijepang.wordpress.com/2012/04/08/hello-world/

Lantas apa yg dimaksud dengan Green Cars dan Ordinary Cars? Green Cars = business/executive class jadi kursi lebih bagus, sedangkan Ordinary Cars = economy class, tapi enggak usah khawatir kok, kalau buat saya sih ekonominya enak, kursi lapang, bisa reclining, AC dan ada dudukan juga buat kaki, serasa executive class hehehe..

Dimana beli JR PASS dan gimana cara pakai JR PASS?

JR Pass harus dibeli di luar negeri Jepang.  Jadi sebelum berangkat ke Jepang hubungi agent http://www.japanrailpass.net/eng/en005.html  yang menjual JAPAN RAIL PASS Exchange Order ,  jadi yang dibeli adalah exchange order. Setelah sampai di Jepang cari Ticketing Office yang bertanda hijau untuk menukar exchange tersebut dengan JR PASS.

Pemakai JR Pass harus selalu membawa passport (ini nih enggak enaknya) dan melalui pintu khusus yang berada disamping pintu otomatis. Pintunya biasanya harus dibuka secara manual.

JR Pass bisa digunakan di moda transportasi (info lengkap http://www.japan-guide.com/e/e2361.html)

  • JR Train
  • Ferry to Miyajima island
  • Local Bus
  • Tokyo monorail to/from Haneda

Oke deh, semoga membantu, untuk info lebih lanjut coba ke http://www.japanrailpass.net/eng/en001.html

Tips: perhatikan waktu kunjungan ke kota-kota di Jepang karena JR pass memiliki masa berlaku (7hari, 14 hari) Misalkan dari Tokyo ingin ke Kyoto dan Osaka, pastikan perjalanan ke Kyoto dan Osaka maksimum 7 hari, dan di hari ke 7 sudah balik lagi ke Tokyo.

Advertisements

225 thoughts on “JR PASS (JAPAN RAIL PASS)

  1. Saya mau tanya.. saya rencananya mau trip ke beberapa kota di jepang. Mulai dari osaka – shirakawa go – yamagata – tokyo – kyoto – osaka.
    Sebaiknya pakai jr pass atau tidak!! Kalau iya yang jr pass yang jenis apa?

    Like

  2. Pak Hartawan Wong, saya rencana ke Osaka. Kyoto, Nara dan Kobe selama 7hari. Saya rencana akan beli Osaka Amazing Pass dan One day bus Pass Kyoto. Nah pertanyaan saya, daily pass apa yang saya perlukam untuk transportasi disana? Apakah saya perlu Kansai Area Pass atau Kansai Wide Pass. Saya baca2 sepertinya bedanya adalah area yg dicover oleh KWP ada Wakayama, dll. Sepertinya kami tidak kesana.
    Mohon bantuannya pak. Thanks in advance.

    Like

    1. hi Else

      Wah saya bukan penggemar Pass sih, apalagi one day pass, menurut sy baru worth it kalo emank kita kuat jalan, jadi bisa ke 3-4 tempat sekaligus dan kadang pass enggak berlaku buat metro. Saya lbh suka pakai pasmo atau suica.

      Wong

      Like

    2. Hi Else,

      I am not a big fan of Day Pass, tapi Osaka Amazing Pass sih oke lah, sisanya saya sih lebih suka pake suica atau pasmo.
      Pengalaman dulu enggak lebih murah pakai Day pass, dan ribet karena hanya berlaku di JR Train, ga berlaku metro, dll.

      WOng

      Like

  3. hai Pak Hartawan, saya bersama temen2 berencana pergi ke jepang bulan oktober dengan rute tokyo ( narita)- osaka- kyoto- tokyo ( Narita) selama 11 hari 10 malam. kami memang berencana membeli JR pass cmn agak membingungkan karena di web menawarkan Tipe2 JR pass selain itu dr artikel yg saya baca ada tawaran yg lbh hemat dengan pilihan Tokyo-Osaka Hokuriku pass dengan jumlah harga yg sama 7 hari dengan harga yg lebih murah yakni 25.000 yen . Mohon saran dari bapak apakah ini pilhan yg tepat dibanding harga JR pas lain yg rata2 diatas 28.000yen

    Like

    1. Hi Lisa

      For first timer, saran saya beli JR Pass 7 days yg standar, yg harganya hampir 3,5jt ituh, kalo yg Hokuriku itu lewat jalur barat, agak ribet dan take longer time. Kalo emank kamu mau ke Barat, spt ke Toyama, Kurobe mungkin boleh dipertimbangkan. Tapi kaloau enggak, jadi ribet deh.

      Okie, semoga membantu,
      Wong

      Like

  4. Hi Hartawan Wong.

    Mau nanya nih. Ini JR Pass bisa untuk berapa orang ya? 2 orang aja bisa kah?
    Makasih jika pertanyaan ini di jawab. Masih newbie nih gan.

    Like

  5. Hi Mr. Wong, infonya berguna bgt ni buat newbie ky saya :), tp ada yg msh saya bingung, mohon pencerahannya…niatnya saya mau ke jepang tujuan tokyo-kyoto-osaka , tiba di tokyo – plg dari osaka, tapi saya rencana nya mau mampir dulu ke gala yuzawa, kira2 saya perlu pake JRpass atau tidak ya?

    Thanks infonya 🙂

    Regards,
    Lia

    Like

  6. Halo Pak Wong,
    Mohon info nya Pak jika saya menggunakan JR pass 7 hari tgl 26 Maret pukul 09.00, maka berlakunya sampai tgl 1 April pukul 09.00 lagi atau bisa sampai pukul 23.59?
    Lalu saya di Jepang sampai tgl 3 April Pak, ada 2 hari terakhir di Tokyo yang tidak tercover JR. Rencana saya mau membeli Suica/Pasmo. Untuk 2 hari keliling Tokyo menurut Pak Wong saya perlu isi saldo berapa y?
    Makasi

    Like

  7. Pak Wong mohon info nya..kalo saya start menggunakan JR Pass 7 hari tanggal 26 Maret pukul 09.00. berlakunya sampai tgl 1 April pukul 09.00 juga atau saya bisa menggunakannya sampai pukul 23.59?
    Lalu Pak saya dsana sampai tgl 3 April dimana 2hari terakhir di Tokyo tidak tercover JR, rencana saya mau membeli Pasmo/Suica? menurut Bapak saya perlu isi saldo berapa y Pak untuk keliling Tokyo selama 2 hari ?
    Thanks

    Like

    1. hi

      Pokoknya hitungannya jam 00:00, begitu beda hari ya udah habis satu hari. Pasmo Suica itu bisa dipake buat apa aja, jadi kalo ada sisa saldo dipake belanja ajah, enggak usah pusing. Dan itu berlaku 10 tahun jadi ya siapa tau balik lg ke jpn hehe

      Wong

      Like

  8. Halo pak Wong…

    Salam kenal…
    Sebelumnya saya ada bertanya di article pak Wong mengenai “10 hal yang perlu diketahui sebelum nekat keliling jepang tanpa tour part 1” tapi belum ada jawaban.
    Saya coba bertanya di article ini lagi deh pas kebetulan pertanyaan nya related juga nih…hehe
    Saya dan family akan berlibur ke jepang pada bulan Mei, kami butuh masukan mengenai JR pass.
    Pertanyaan saya adalah:
    1. Saya berlibur selama 14 hari (mendarat dan kembali dari Narita) dan rencana ada ke beberapa kota selain tokyo seperti kyoto dan osaka apakah akan lebih hebat jika membeli JR pass 14 hari atau JR pass 7 hari + JR tokyo wide pass?
    2. Apakah jika punya JR tokyo wide pass sudah bisa pakai Narita Express seperti jika kita punya JR pass?

    Terima kasih pak

    Like

    1. Hi Melvin

      Sorry ya telat balesnya,
      1. JR Pass 14 hari sih menurut saya terlalu mahal, biasa saya atur kunjungan jadi 7 hari pertama saya jalan yg jauh spt ke Kyoto/Osaka/Kobe/Nara dsb. Sedangkan 7 hari sisanya sudah ada di Tokyo lagi , dan city tour atau yg dekat2 cukup pakai suica/pasmo

      2. JR wide pass berlaku untuk NEX, tapi masa berlaku hanya 3 hari ya.

      Wong

      Like

  9. Hallo salam kenal,
    Mau tanya kalau sy mau beli 7day JR Pass, apakah perlu beli additional pass lain lagi untuk city tour/sightseeingnya di Tokyo/Osaka , seperti SUICA/Tokyo Metro pass? atau cukup pakai JR line yang Yamanote di tokyo

    Thanks

    Like

  10. Halo Pak Hartawan. Saya dan seorang teman akan jalan ke Jepang April 2017 besok.
    Saya sudah susun perkiraan itinerary, saya share di bawah ini ya Pak. Kalau nggak keberatan, mohon sarannya buat kami. Maklum masih newbie hehehe…

    Minggu 23/4: Imperial Palace/East Garden, Sensoji-Asakusa, Ueno Park, Ameyoko Ueno. Menginap di dekat St Okachimachi/Ueno
    Senin 24/4: Tsukiji fish market, Hamarikyu Garden, Shibuya, Harajuku, Meiji Jingu, Gedung Pemerintahan Tokyo Metropolitan, Omoide Yokocho.
    Selasa 25/4: one day trip ke Tateyama Kurobe Alpine
    Rabu 26/4: transfer dari Tokyo ke Osaka by shinkansen. Osaka menginap di daerah Namba
    Kamis 27/4: one day trip ke Universal Studio
    Jumat 28/4: Tenryuji temple, Arashiyama, Ryoanji, Kinkaku-ji, Kyoto Imperial Palace, Nijo Castle
    Sabtu 29/4: Fushimi Inari, Kiyomizudera, Yasaka Shrine, Maruyama Park, Chion-in, Heian Shrine
    Minggu 30/4: Jalan2 sekitar Namba, Shinsaibashi, Dotonburi. Ke KIX dari Namba Station, flight 18.50 dari KIX

    Yang mau saya tanyakan:

    1. Pada hari Rabu (hari transfer shinkansen dari Tokyo ke Osaka), saya masih blank sebaiknya pergi ke mana dan naik shinkansennya jam berapa. Pak Hartawan ada sarankah utk kami pergi ke mana? Mungkin ada itinerary di Tokyo (dari hari Minggu-Senin) atau Kyoto (dari hari Jumat dan Sabtu) yang bisa dipecah dan dimasukkan ke hari tsb? Mohon saran.
    2. Rencana saya akan membeli JR Pass utk 7 hari pertama, apakah sdh tepat? Atau ada biaya wisata yang belum tercover?

    Terima kasih sebelumnya Pak. Salam

    Like

    1. hi Mariska

      Thanks udah mampir, itinerary kamu udah bagus kok, paling sy comment dikit yah

      1. Tateyama Kurobe, itu berat kalo cuma day trip, coba deh dipertimbangkan utk nginep semalem. Lagian biayanya mahal masak cuma numpang lewat
      2. Utk shinkansen kamu bisa naik dari Tokyo, jam nya ya book saja dulu sehari sebelumnya, sesuaikan dg itinerary kamu (3 hours trip).
      3. JR pass udah tepat utk trip kamu, yg perlu nambah byk ya Tateyama Kurobe, karena ada section yg enggak di cover JR Pass.

      Wong

      Like

  11. Hi ko, mau tanya dong ada rencana ke jepang 20-29mei. Mau beli jr pass jg utk 7 hari. Pesawat pp dr bandara narita. Kira2 itenari utk kota2 dijepang yg wajib dikunjungi apa aja ya. Thanks

    Like

    1. Hi Nyoman

      Beda sih, JR PASS berlaku 7days berturut2, dan bisa dipakai hampir diseluruh rute JR, makanya harganya lebih mahal 29,000 Yen, sedangkan Takayama Hokuriku Pass (TH) berlaku 5 hari berturut2, rutenya sudah fix juga dari Kansai menyusuri sisi timur Jepang, terus sampai ke Nagoya.
      Jadi pass ini baru bermanfaat kalau memang hanya menyusuri lokasi tersebut, lengkapnya ada di http://www.japan-guide.com/e/e2361_takayama_hokuriku.html

      Wong

      Like

  12. hi..
    sy ke jepang tgl 18-28 feb,, tiba di haneda tgl 19 pagi..
    19 20 21 keliling tokyo aja
    22 ke osaka ( rencana pake JR pass 7 hari )
    23 usj
    24 ke kyoto seharian di kyoto trus balik ke osaka
    25 ke tokyo tapi mau mampir ke kawasaki ( museum doraemon )
    26 lake kawaguchi
    27 niigata ( gala yuzawa )
    28 airport haneda
    yang sy mau tanyakan itinnya udah cocok?
    trus pake kereta JR apa aja? semuanya tercover JR ga yah??
    trus selama di tokyo 3 hari apa bagus pake tokyo subway pass?

    Like

  13. ko wong, saya ada rencana ke jap 19 -25 Februari ini. Saya mau beli JR PASS, karna pp osaka kyoto tokyo osaka. Rencananya, 19 di osaka, 20 di kyoto, 21-24 di tokyo dan 24 siang dari tokyo pulang ke osaka karna tgl 25 flight dari kansai osaka. yang mau saya tanya kereta Kodama itu ter cover akses JR PASS gak ya? soalnya pulangnya saya mau via shin-fuji shizuoka. yang saya baca untuk yang gak bisa di akses jr pass hanya nozomi dan mizuho aja. itu gimana ko? Terimakasih

    Like

  14. Hallo,

    Saya mau tanya tgl 21 saya mau traveling ke jepang pesawat ke narita, kalo dr narita langsung ke tokyo pake JR Pass ambil kereta apa ya? Yg paling cepet?

    Thanks

    Like

  15. halo mr wong,
    kalo untuk JR Tokyo Wide Pass itu mengcover dr Tokyo ke Gotemba ga ya?
    karna setau saya kalo ke Kawaguciko saja kan tidak tercover semua ada yang kita harus bayar diluar JR Tokyo Wide Pass.

    Like

      1. Salam kenal pak hartawan,

        Mohon infonya (maaf bila pertanyaan mungkin berulang), bila penerbangan KL-Narita-KL (24 Juni – 30 Juni) dengan skema perjalanan seperti berikut:
        Day 1 – Day 2 : Tokyo – Osaka – Tokyo
        Day 3 : Tokyo – Kawaguchi Lake – Tokyo
        Day 4 – Day 5 : Around Tokyo
        Day 6 : Narita Airport

        Apakah perlu beli JR Pass 7-days (untuk Tokyo-Osaka) dan Suica/pasmo saat berada di sekitaran Tokyo? Atau cukup JR pass saja untuk mengcover Tokyo-Osaka dan sekitaran Tokyo di sisa perjalanan? Bulan Juni sudah panas sekalikah di Jepang?

        Regards,
        Angel

        Like

      2. hi Angel

        Thanks udah mampir….Karena kamu bolak balik TOkyo-OSaka-Tokyo , sebaiknya beli JR PASS, karena ongkos shinkansen pp saja sudah seharga JR PASS. Menurut saya kunjungan kamu ke osaka too short, belum lagi mampir ke Kyoto. Mending gak usah ke Kawaguchi kalo waktunya hanya sesingkat itu. Jadi kamu bisa lebih lama di Kyoto.

        WOng

        Like

  16. Salam kenal mas hartawan.

    Saya mau tanya dong kalo untuk trip 3hr tokyo-kyoto-osaka pulang dari osaka butuh JR pass tidak dan untuk anak 13bulan apaa juga harus membelinya jg? Mohom info untuk bulan 10-16 maret suhu disana dingin sekali/berangin tidak ya? Persiapan krn bawa anak baru 1thnan.

    Thanks before

    Like

    1. hi Zhilaa

      Thanks udah mampir, first of all..hanya 3 hari?? Utk 13 bulan enggak perlu bayar naik apapun gratis, batas usia bayar child adalah 6- 13 tahun, https://jalansendirijepang.com/2015/12/22/10-hal-yang-perlu-diketahui-tentang-jepang-2/
      Maret awal mungkin masih dingin, tapi not too bad. Saran saya sih sebaiknya ditunda, pertama waktunya sptnya terlalu pendek, dan anak terlalu kecil. Selain repot, takutnya sakit, ditambah lagi, hawa cukup dingin….

      Anyway, the decisions are yours..

      Take care – Wong

      Like

  17. mau tanya .. jr pass bisa dipake buat kereta di jalur semacam toho line atau tozai line gak? saya udh punya itinerary slama di jepang bisa minta tolong bantu buat ngecekin kira2 cocok beli kartu pass apa aja? terimakasih

    Like

  18. hallo pak wong, saya ingin bertanya..
    apabila saya sampai dari bandara narita di tokyo ingin ke kyoto dan osaka lalu kembali lagi lewat narita apakah lebih baik membeli JR pass daripada naik willer bus?
    apabila sebelum ke kyoto saya lewat fuji (jadi rute kawaguchiko-kyoto) apakah shinkansen nya tercover dengan JR Pass?
    terima kasih sebelumnya

    Like

    1. hii Jojo

      Thanks udah mampir, kalo money not an option dan waktunya mepet sebaiknya beli JR Pass, tapi kalo mepet duit dan banyak waktu ya pake wiler bus hehehe
      lewat Fuji bisa, cuma ribet rutenya ajah, shinkansennya tercover JR Pass

      Wong

      Like

  19. Enaknya kalo beli JR Pass ke kota mana aja ya? untuk jangka waktu 7 hari travelling, sampe ke NRT, pulang juga dari NRT, saya sih rencananya sampe NRT langsung ke Kyoto abis itu ke Osaka, nanti terakhir baru balik lg ke Tokyo, cmn kayanya kurang aja kalo ke 3 kota doang, soalnya saya traveling sendiri rencananya

    Thanks

    Like

    1. hi Brata

      Kalau waktunya banyak, bisa mampir ke Hakone, Kawaguchiko, Nara, Kobe, Karuizawa,Nagano, Toyama, Arashiyama, wah masih banyak lagi deh…hehehe

      Coba deh liat2 comment di blog ini, byk yg punya itinerary bagus2.

      WOng

      Like

  20. Jika beli JRPASS 7 HAri bisa dipakai ke gala yuzawa dan fuji juga atau tidak ya,atau harus beli lagi tiket sendiri utk kesana?? (karena juga saya mau sekalian ke osaka-kyoto) pergi dan pulang melalui tokyo.

    Like

    1. hi David

      JR PASS 7 hari can take you almost everywhere hehehe…..tinggal masalah hitungannya aja.
      Kalo kamu sekalian ke osaka kyoto dan balik lagi ke TOKYO, definetely ya beli JR PASS 7 hari laaaa

      Wong

      Like

      1. Halo..

        Saya ada rencana mau ke jpn tgl 1-25 apr, 15hr di tokyo 5hr di osaka dan kembali ke tokyo 5 hr..
        Apakah saya sebaiknya membeli jrpass?? Kalo iya yg berapa hari sya beli?? Lalu apakah JR pass bisa di pakasi di kansai atau harus beli kansai jr pass lagi??

        Tolong pencerahannya 😂
        Thankyou
        Lina

        Like

      2. hi Lina

        Saran saya karena kamu harus bolak balik osaka-tokyo sebaiknya beli JR PASS 7 days, kamu bisa pakai dari arr in Tokyo (NEX) terus langsung ke osaka atau jalan2 dulu ke Nagano, atau kamu bisa pakai juga untuk ke Kobe, Nara, atau Takeyama. Untuk dalam kota selama JR pass masi berlaku kamu bisa pakai, kalau sudah tidak berlaku pakai pasmo/suica aja.

        Wong

        Like

  21. hallo wong san, saya planning ke jepang 29-23 maret 2017. landing Narita.
    Destinasi nya yang deket2 aja, day 1 explore tokyo, day 2 gala yuzawa, day 3 kawaguchiko, day 4 explore tokyo.

    Ada 2 hal yang mau saya tanyakan :
    1. saya berencana beli JR tokyo wide pass utk ke gala yuzawa dan kawaguchiko lake, worth it kah???
    2. untuk explore tokyo di day 1 dan day 4 apakah saya perlu beli tokyo subway ticket atau JR yamanote line untuk explore tokyo??? (ueno, asakusatokyo tower, shibuya, odaiba, tokyo sky tree, harajuku)
    3. jika sudah punya JR tokyo wide pass, the cheapest transportation untuk PP narita-tokyo apa ya???

    Many thanks ya wong san.

    Katrin^^

    Like

    1. hi Katrin Pamella (namanya keren amatt :P)

      1. Worth it banget, kalo kamu cuma beberapa hari, bisa dipake juga buat NEX (Narita Express)
      2. Tergantung gimana kamu ngatur JR TOkyo wide pass kan berlaku 3 hari berurutan, jadi mau pake di depan , baru sampe langsung dipake untuk NEX dan keliling TOkyo? Atau pake di belakang jadi setelah dipake jalan ke gala yuzawa, kemudian dipake untuk NEX.
      3. Udah dijawab yah di no. 2 tadi hehe.

      ur welcome Katrin Pam (kereenn abiess hahahaha)

      Like

  22. Bang Hartawan yang baik hati

    Saya bulan mid januari mau ke jepang bersama kedua orang tua. Saya mendarat di Tokyo lalu lanjut ke Kyoto dan trakhir ke Osaka (if time permits mgk saya akan coba visit fuji di antara Tokyo dan Kyoto). Semuanya dalam 9 hari.
    Saya tidak akan kembali lagi k Tokyo, krna pesawat saya balik ke Indonesia adalah melalui Osaka. Saya ingin tanya, menurut penerawangan Bang Hartawan, rekomended gk aku beli JR Pass, soalnya ak bacanya ya kalo balik lagi k Tokyo baru rekom.

    *Pertimbangan saya naek kereta cepat adalah krna waktu ny, kalo naek bus malam takutnya ortu capek 😀

    Like

    1. hi ISan

      Wah kalo untuk penerawangan saya butuh ongkos nih buat beli menyan ama bunga kantil…hahahaha
      Kalau menurut saya sebaiknya jangan langsung ke Kyoto, capek, kasihan bawa orang tua jalan sejauh itu (berasa lah 7 jam flight) , jadi istirohat dulu di Tokyo, puter2, biasain ama weather, apalagi kamu datang di January, yg dingin abieesss….
      Untuk JR Pass menurut saya sih enggak perlu.

      Met liburan…
      WOng

      Like

  23. Senang sekali saya menemukan artikel ini..penulisan nya sangat jelas…dan sangat membantu
    Hi ko Wong, salam kenal ya
    Saya berencana ke tokyo-kyoto-osaka untuk 10 hari bulan april.
    Yang ingin saya tanyakan, masalah transportasi..berhubung saya berpergian berdua dengan ibu saya. Jadi saya minta masukan transportasi apa saja yang bisa saya gunakan saat di kota2 tersebut yang tidak sulit untuk diakses (naik turun mudah, no stairs). Dan transportasi antar kota nya. Juga ada kah saran supaya kami bisa travelling dengan nyaman.

    Thank you ko Wong

    Like

    1. hi Olivia

      Thanks ya udah mampir hehehe, kalau soal transportasi sebenernya di Jpn mau pakai apa saja (train, bus, Monorail) mereka sudah pikirkan access buat mereka yg kesulitan dalam berjalan. Jadi enggak masalah sih kamu mau naik apa saja.
      Saran saya sih kalau bepergian dengan orang lanjut usia, yg penting jangan terlalu padat itinerarynya, dan jangan sering pindah hotel atau pindah kota, sulit mobilisasinya, karena meski jepang canggih, dan fasilitas lengkap, tapi orang pun padat…

      Salam
      Wong

      Like

  24. Pak hartawan, desember tngal 20an ini saya mau ke jepang keluarga saya sudah beli JR pass untuk berpergian. saya ingin untuk pergi sendiri seperti dari hotel saya di shinjuki saya mau ke akihabara / destinasi berikutnya di Gundam tokyo front. Tetapi saya kurang mengerti dengan rute” di jepang, seperti kereta atau jalur mana yg harus saya ambil, pengambilan tempat duduk dan sebagainya. Intinya saya tidak mengerti cara memakai JRpass untuk berpergian kemana”…
    Mohon bantuannya

    Terimakasih

    Like

  25. Pak Wong, salam kenal ya 🙂
    Udah beli JR Pass, pengen nanya aktivasinya.
    Arrival di Kansai, berarti saya aktivasi di JR Office sekitar situ.
    Kan ada rencana ke Tottori (sebagian dicover JR), Kyoto, Tokyo..apakah saat aktivasi itu, saya sekalian booking buat tanggal2 saya pergi ke Tottori, Kyoto sama Tokyo?
    Atau bookingnya sehari sebelum keberangkatan?
    Terima kasih…
    Dayat.

    Like

  26. Gan, mau nanya, untuk tokyo wide pass, perhitungan masa aktifnya bagaimana ya?

    Soalnya kan saya mendarat di Narita jam 17.00..tanggal 22 Des. kalau di malam hari itu saya beli tokyo wide pass , berlaku sampai tanggal 25 Des jam 17.00 atau berlaku sampe 24 Des?

    Like

  27. Hai pak Wong ,

    Bisa bantu itinerary saya dan keluarga bawa 2 toddler ( umur 3 dan 2 tahun ) tanggal 23 Dec 17 – 1 Jan 17.
    Rencananya sih pengen jalan – jalan di Tokyo area aja sih , rencana mau beli Tokyo wide pass karena pengen ke MT. Fuji dan Fujikyu dan ke Joetsu Kokusai .
    Disneyland udah pasti heheh secara bawa anak2.
    Any suggestion pak ?

    Thank you.

    Like

    1. Hi Esther

      Wah challenging juga bawa dua toddler, please make sure mereka selalu bareng saat naik train, karena pintu nutup dengan sangat cepat.
      Tokyo wide pass is a good choice, sekalian main salju di Gala Yuzawa. Itinerarynya ya standar aja city tour Tokyo, Disney, dan Gala Yuzawa.
      Cek Disney Crowd Calendar sebelum pergi, dan pastikan bawa mantel dan sewa stroller .

      Salam
      Wong

      Like

      1. Thank you pak Wong mau tanya lagi donk hehhehhe mending ke gala yuzawa atau joetsu kokusai main saljunya secara bawa krucil.
        Boleh dibantu ga pak buat iterary hehheh saya tiba tanggal 23 sore by Ana Air dan kembali tanggal 1 jan jam 18.00, kita menginap di daerah Ikebukuro.
        Oya pengen ke Hakone juga sihh
        Email saya : estherputri.p@gmail.com
        Maacih yah pak Wong

        Like

  28. hallo ko Hartawan Wong, saya mau tanya kalau mw ke kawaguchiko dari kyoto pakai JR Pass bisa gak ya? dan cara ke kawaguchiko bagaimana caranya?

    thank you^^

    Like

    1. hi Hilda

      Bisa aja dari Kyoto ke Kawaguchiko, cuma ribet, kalau mau pakai JR Pass hmm….bisa juga, dari Kyoto ke SHin Yokohama, dari situ ganti train lagi 2x, dan ada satu section train gak bisa pake JR Pass (beli tiket langsung di station).

      Wong

      Like

      1. Halo Pak Wong,

        Saya mau tanya, saya sudah beli JR pass, kalo dari shinjuku ke kawaguchi station itu full cover JR atau tidak ya?
        kira2 bisa tidak ya sehari spend time ke kawaguchi dan odaiba?

        Like

      2. hi Bresti

        Ini JR pass yg full 7 hari ya? Kalau iya di cover, hanya untuk scenic train tidak di cover. Tapi enggak seberapa kok biaya yg scenic train.
        Sehari bisa spend kawaguchi dan odaiba, berangkat pagi2, ambil shinkansen.

        Wong

        Like

  29. Dear Pak wong,
    saya dan keluarga saya (2 anak kecil dibawah 4 tahun) berencana pergi ke jepang sekita akhir Oktober-awal november. Kami sudah buat ittinerary dan mau kami konsultasikan ke pak Wong. Apakah saya bsa kirim via email ke pak Wong?
    Mohon bantuannya
    Terimakasih

    Ttd
    Dani (priantorostwn@gmail.com)

    Like

  30. Halo pak wong..saya mau ke jepang 16 desember nanti ber4 dg 2 anak 9 taon dan 11 taon.saya mendarat di narita dg pswt JAL.rencana akan naik Nex dg membeli tiket PP.
    rencana mau ke galayuzawa ato echigo yuzawa utk main ski..
    rencana ke kawaguchiko lake melihat gunung fuji..
    Yg ingin saya tykan..
    1. Brp lama tiket pp Nex berlaku?
    2. Saya rencana membeli tokyo wide pass utk naik joetsu ke yuzawa..dan shinkansen ke kawaguchiko lake tetapi dalam rencana hy terpakai 2 hari..jd baiknya sisa 1 hari saya gunakan utk kemana?
    3. Wisata apa yg bs di kunjungi selama winter di nikko?mengingat edo wonderlandnya tutup dr 8 dec sampai 21 dec. ?
    Saya tadi rencana mau ke nikko..tp krn edo wonderland tidak beroperasi jd saya binggung kemana 1 hri menggunakan wide passnya biar tidak mubajir…mohon pencerahannya yaa pak..
    Thanks..
    Nana

    Like

    1. Hi Nana

      Oktober is a nice time to go to Tokyo, weather not too cold, just nice heheh..jadi pingin ikut
      Kalau kamu beli JR Pass, bisa kok di pake buat NEX. Gala Yuzawa cek dulu ya, apakah oktober udah buka lagi?
      Kalau sudah beli JR Pass, harusnya ga perlu beli Tokyo WIde Pass ya?
      Tokyo WIde pass hanya berlaku 3 hari.
      Kalau masi ada sisa, mending coba ke Karuizawa, ada Prince shopping outlet yg jauh lebih bagus daripada Gotemba.
      Saya udah ke Nikko, menurut saya sih biasa aja, dan Wide Pass juga percuma, gak byk berlaku disana.

      Salam
      Wong

      Like

      1. heheh kalo Dec ke Nikko mungkin sudah ada sedikit snow lah, tapi pendapat saya pribadi ya, iklannya si gencar soal Nikko, tapi biasa aja setelah saya kesana, malah karena Unesco Heritage , tiket masuknya a way too expensive.

        Wong

        On Mon, Aug 22, 2016 at 3:24 PM, Jalan Sendiri ke Jepang wrote:

        >

        Like

  31. Pak wong saya mau ke jepang bulan oktober. Karena saya memang niat beli JR pass jadi saya mau pergunain semaksimal mungkin. Rencananya hari ke 1 dan 2 saya habiskan di tokyo. Hari 3 FujiYama. Hari ke 4 saya mau ke hokkaido tp hanya sampai ke Hakodate saja. Hari kelima sampai hari ke sembilan saya mau habiskan di osaka, kyoto, nara kobe. Yg saya ingin saya tanyakan, apa benar dari Tokyo ke Hakodate sekarang bisa ditempuh dalam waktu 4 jam? Kira2 bisa nggak ya, saya hanya seharian di hakodate dengan jadwal pergi jam 6 pagi dan pulang dengan ambil train jam terakhir ke Tokyo? Trus apakah shinkansen Tokyo ke Hakodate sudh tercover dengan JR Pass yg saya punya. Trimaksh bnyk

    Like

    1. hi Hanna

      Wah rencana beli JR pass yg berapa hari ya? Biasa orang beli 7 hari saja, dan kalau liat agenda kamu harusnya cukup beli yg 7 hari. Khusus untuk yg tokyo gak perlu pakai JR Pass. Hakodate sayangnya saya belum pernah kesana. Kebanyakkan orang kalau mau ke Hokkaido naik pesawat.

      SOrry ya, gak bisa jawab

      Wong

      Like

  32. Pak Wong yg informatif banget…..
    need help nih…. saya n the gank kebetulan sukses dpt promo airasia pp 2,5jt kl-osaka-tokyo-kl.
    naaaahhh please suggest transportasi apa yg sebaiknya kami pakai biar hemat.
    rencana tiba di osaka malam (hari 1 & 2) lalu ke kyoto (hari 3 & 4) lalu ke tokyo (hari 5,6,7)
    tararengkyu pak……

    Like

    1. hi Nancy

      wah sakti mandraguna, bisa dapat harga segituuu… hehehe

      menurut saya sih kamu enggak perlu beli JR Pass, jadi untuk dalam kota ya pakai pasmo/suica, sedangkan dari Kyoto ke Tokyo bisa naik Wiler Bus supaya murah. As simple as that hehehe

      Gank berapa orang nih yg ikutan???
      WOng

      Like

      1. Hihihihii…. thanks pak. Ok banget replynya.
        Kebetulan kita 4 dara mencari cinta sampe negri sakura nih. Hahahaha

        Like

  33. Permisi, thks for infonya, klo sya cma ke osaka dan kyoto apa harus beli JR? klo gk trus kra2 beli apa utk hemat si transport? Thks

    Like

  34. Halo om. Terimakasih banyak buat infonya, saya suka sekali bacanya. Saya mau tanya beberapa hal.

    1. Saya rencana masuk lewat KIX, kemudian explore Osaka sekitar 1 hari. Kemudian besoknya ke Kyoto dan explore juga sekitar 1 hari termasuk ke Kurama Onsen. Kemudian besoknya baru ke Tokyo dan spend sekitar 3 hari, termasuk Kawaguchiko Lake. Apakah dengan rincian tersebut cocok/worthed untuk beli JR Pass?

    2. Untuk transportasi dalam kota, masing2 (Osaka,Kyoto,Tokyo) mending beli apa ya om? Pake suica/icoca/pasmo, atau beli day pass gitu? Dan enak pake train atau bus? Tks.

    Like

  35. salam kenal pak Wong… sangat informatif sekali blog dan jawaban nya..
    Oktober nanti sy akan ke Jepang. Pesawat Jakarta-Osaka-Jakarta. Rencana sy akan explore Osaka-kyoto-Kobe-Fuji-Tokyo lalu balik lagi ke Osaka. total 14 hari travelling.

    Pertanyaan :
    1. Untuk di osaka, saya akan pakai IOCA card, kemudian di tokyo pakai SUICA.Untuk jenis kartu diatas, apakah sudah benar pak? Apa harus beli online dulu saat di jakarta, atau bisa on the spot?

    2. Kalau perjalanan ke Tokyo, sy stay di Fuji 1 malam dulu. krn kl sudah sampai tokyo,akan bolak-balik kalau ke fuji. lebih efektif yang mana pak?

    3. Ada planning ke Gala Yuzawa jg, dan rencana di tokyo 6 hari, jd bisa setengah pakai tokyo wide pass, setengah pakai SUICA ya pak?

    4. Masih bingung akan naik bus malam, kereta jalur biasa atau shinkasen untuk balik ke osaka nya. kl shinkasen yang hanya untuk tokyo-osaka, apa perlu dipesan di jakarta dl atau bisa di tokyo?

    maaf ya pak, banyak nanya nih, sy masih bingung untuk transportasinya… just make sure everything correct before going to japan…

    salam,
    anita

    Like

    1. Hi Anita

      Salam kenal juga hehehe thanks ya udah mampir

      1. Hi first of all, IOCA masih ada ya? Kalau gak salah udah di merged jd suica dan pasmo doank. Kamu gak perlu gonta-ganti, pasmo dan suica bisa dipakai dimanapun. Belinya di mesin di station, bukan beli online.
      2. harusnya sih begitu kalo liat petanya, tapi kenyataannya dari osaka ke Fuji itu ribet. Lebih gampang ke Tokyo dulu baru daytrip ke Fuji. Ada di artikel saya ttg Hakone utk perjalanannya.
      3. Yup betul sekali, tapi kalau memang kamu mau beli Tokyo Wide Pass, apa enggak nanggung ya? Mendink kamu beli JR Pass sekalian?? Jd bisa dipake untuk trip bolak balik dari Osaka ke Tokyo?
      4. Kalau baliknya mau naik bus, bisa pesen dulu online (cuma bisa pake master card).

      hehehe kalo mau gak bingung, saya deh jadi guide ….tinggal bayar tiket ama akomodasi hahahhaa
      bisaa lah….kan rame2 brktnya.

      Wong

      Like

      1. Makasih pak jawabannya…sangat berguna…
        sepertinya sy akan ambil pesawat saja sbg pengganti shinkansen..

        boleh pak ayukk ikut….tp akomodasi nya nunggu garuda travel fair lagi ya hehe…

        Like

  36. Halo Pak Wong, blog nya menarik, kebetulan saya sdh pegang tiket PP Jogja-Haneda 15-24 november by GA (dapet promo 5,5 juta PP, bersyukur banget hehe). Nah saya masih bingung ini untuk penggunaan JR pass, otomatis hari efektif di Jepanag 8 hari dan masa berlaku JR Pass 7 hari, ada 1 hari yang harus beli tiket katakanlah oneday pass. Nah kalau skenarionya begini, hari pertama di jepang tanggal 16 landing jam 08.30 pagi rencana mau stay di Tokyo dulu 4 malam diteruskan ke kyoto dan osaka dengan sisa hari, lalu hari terakhir 23 nov senja ke tokyo by shinkansen langsung ke hanedainap di hotel cabin …, nah apakah bisa kartu JR pass diaktifkan pada hari kedua tanggal 17 november sehingga pas 7 hari sampai tanggal 23 nov? tadi saya scroll kebawah ada obrolan kalau aktifkan JR pass harus H-1? apa ada terms condition nya seperti itu pak?

    Like

    1. Hi Dhika

      Thanks udah mampir ya Dhika. Udah pegang tiket tapi belon bayar ya hehahaha? JR Pass itu baru aktif saat pertama kali kamu pakai (pertama kali di cap), setelah itu dihitung 7 hari masa berlaku. Jadi kamu di Tokyo cukup beli Suica/pasmo saja, sisanya pake JR Pass. H-1 , hmmm setahu saya sih enggak ya, mudah2an si gak ada perubahan aturan.

      Wong

      Like

      1. Iya pak kmrn sempet main ke salahsatu agen travel jepang yg buka di jogja, katanya si embak nya sih bisa diaktifkan kapan aja yg penting setelah di aktifkan baru mulai dihitung 7×24 jam kedepan expired nya, nuwun pak Hong, saya follow blog nya buat tambahan info referensi 🙂

        Like

      1. Kemarin pas travel fair garuda di jcm mas nathan, bulan april akhir, nanti ada lagi oktober. Tp ini saya agak was-was krn dpt tiket promo yg jam transit nya dr cgk-haneda hanya 1 jam 50 menit itu mepet buanget hahaha tp udah ada solusi kok walau besok hari H harus minta pindah jadwal lgs di bandara, deg deg ser ini ☺️
        Line saya kohdick kalau mau bs saling share ttg perjalanan ke japan

        Like

  37. Halo Pak Wong, saya mau nanya dong. Saya berencana berangkat ke Jepang tahun depan di bulan Januari selama 7 hari 6 malam. Rute penerbangannya Jakarta – Osaka lalu Tokyo – Jakarta.

    Rencananya saya hanya 1 malam di Osaka, besok paginya menuju Tokyo dengan Shinkanshen.
    Di osaka saya berencana ke USJ dan castle. Di tokyo hari 1, saya berencana ke Mt. Fuji melalui Kawaguchiko lake lalu ke Gotemba Outlet. hari ke 2, saya berencana ke disney sea. hari ke 3 dan selanjutnya jalan2 diseputaran Tokyo aja (odaiba, ikkebukuro, ginza, shinjuku, shibuya, tsukiji).

    Kira2 saya perlu beli JR pass ga ya pak? dan untuk di osaka, apa bisa menggunakan JR pass juga?

    Terima kasih banyak Pak.

    Like

  38. Halo pak wong .. sya mau minta informasi untuk transportasi dr airport narita menuju gunung fuji baiknya menggunakan ap ya pak? Rencana tgl 29 april sya brgkt dr dps- nrt dan landing jam 9 pagi mau langung bermalam di hotel dekat gunung fuji kemudian tgl 30 balik ke tokyo kliling disekitaran tokyo dan bermalam jga smape tgl 2 bru plg nrt-dps ., trimaksih atas bantuanya pak informasi bapak sangat membantu perjalanan saya…

    Salam, isti

    Like

      1. Soalnya rencana mau ke danau kawaguchiko dlu pak trus bermalam di hotel dket gunung fuji bsok paginya bru mnikmati gunung fuji dan balik ke tokyo sorenya ..
        Klo dri narita naik bus ke gunung fuji gmn cranya yah pak??

        Like

      2. Salam Pak Wong saya akan ke jepang pada bulan juli nanti rencana Saya 7 Hari Tokyo 2 Hari Nagoya dan 5 hari Osaka. Apabila ingin reroute ke tateyama Alpine road sebaiknya dari kota yang mana ya? terima kasih, Dan adakah City tour dari kota tersebut untuk langsung ke Alpine road? atau naik kereta sendiri dengan JR PASS? Note: JR Pass akan saya aktifkan hari ke 7 untuk perjalanan Tokyo-Nagoya-Osaka 7 hari terakhir. Terima kasih.

        Like

  39. Hai Pak Wong,
    Saya akan ke Jepang dari tanggal 30 April landing di Haneda pukul 10.30 malam. Rencananya besok paginya saya mau langsung ke Shirakawa-Go via Kanazawa (Hokuriku Shinkansen dari Tokyo st). Yang ingin saya tanyakan, apakah saya bisa menukarkan JR pass pada malam hari ketika saya landing dan langsung saya gunakan keesokannya di pagi hari? Karena berdasarkan info yang saya dapat dari link berikut (https://www.eki-net.com/pc/jreast-shinkansen-reservation/English/wb/Common/faq/faq.html#q402) , tiket reservasi sudah harus saya ambil minimal H-1 sebelum keberangkatan. Mohon pencerahannya pak, apakah sebaiknya saya menginap 1 malam terlebih dahulu di Tokyo atau bagaimana?

    terima kasih

    Like

    1. Hi Harum

      Saya sih enggak terlalu yakin kalau jam 10:30 kamu bisa tukar, tapi dicoba saja.
      Kalau saya sih lebih baik menginap dulu di Tokyo, get familiar dg train, makanan, weather.

      Thanks ya udah mampir
      Wong

      Like

  40. Hallovmr wong, saya ada rencana ke jepang bulan okt, saya renc. Jkt-osaka & pulangnya tokyo-jkt. Jd tidak balik lagi ke osaka.
    Rencana yg ingin sy kunjungin keliling osaka-nagoya-shirakawago-kyoto-tokyo. Yg ingin sy tanyakan apakah perlu saya beli jr pas, dg rencana sy itu apakah tercover semua dg jr pas or sy perlu beli tiket lg? Boleh tolong buatkan iten yg baik kekota mana yg harus sy kunjungi terlebih dahulu, agar td muter, karena saya cuma 8 hari diluar perjalanan (10hr dg perjln).

    Like

      1. Hi Pak Wong,
        Rute saya sama dengan sis Wita (Jkt-Osaka & Tokyo-Osaka). Rencana saya menginap di Kyoto ( 4 nights) krn inginnya lebih byk explore Kyoto tetapi ada 1 hari yg saya gunakan utk di Osaka. Yang saya tanyakan apabila saya tidak menggunakan JR Pass, saat saya Kyoto-Tokyo (menginap di Tokyo 4 nights) bisa menggunakan train apa ya dan bagaimana memperolehnya? Apakah bisa langsung beli di stasiun Kyoto? Rencananya saya tdk pakai willerexpress karena perginya bersama ibu, khawatir beliau capek kalo jalan malam. Mohon infonya ya Pak…
        Terima kasih.

        Like

      2. Hi Rini

        wah kalo rutenya sama, harusnya barengan donk, the more the merrier hahahaha
        Kalau enggak pake JR Pass gak masalah kok, kamu tinggal mampir ke Kyoto station dan beli tiket shinkansen. Kalau jalannya weekend ada baiknya beli tiket sehari sebelumnya. Kalau hari lain sih bisa langsung saja.

        Cheers
        Wong

        Like

  41. Dear Mr Wong, saya akan ke tokyo dan sekitarnya di akhir bulan maret ini. Artikel tentang kawagoe-nya bagus banget. Langsung masuk ke itenerary saya ☺
    Saya baca di banyak blog kalau untuk tahu jadwal kereta bisa dari hyperdia. Apakah tanpa melihat hyperdia kita bisa jalan2 dengan kereta tanpa masalah ya? Karena saya tidak mau sewa pocket wifi biar jalan2nya puas ngga keganggu yg namanya social media hehehe.
    Jadi rencananya download peta jalur kereta2nya dan nanti tinggal nyambung2 saja kaya MRT di singapore. Mungkin kekurangannya cuma saya tidak tahu jam keberangkatan dan biayanya. Namun karena masih tokyo dan sekitarnya maka harusnya tidak terlalu mahal ya biayanya.
    Mohon advicenya yah
    Terima kasih banyak

    Like

  42. Dear Mr Wong, boleh tolong bantu kami rencana ke Jepang tgl 12 Maret tiba di Haneda 13 Maret, rencana kunjungan ke Osaka 2 mlm, Kyoto 2 mlm, Nara apa perlu nginep? lalu 17-21 Maret di tokyo, apa baiknya beli JR Pass? lalu di tokyo rencana ke Fuji, Disney, boleh bantu itenerary dan transportasinya bagaimana…terima kasih

    Like

  43. Hi Mr. Wong,

    Thanks buat reply terdahulu.. yang mau saya tanyakan ttg JRPass, sebelum kita naik kereta JR, apa kita menentukan tujuan dulu seperti beli tiket biasa, dan salah turun stasiun gk bisa keluar deh..
    dan misalkan, saya dari tokyo mau ke osaka.. eh, tengah jalan baru mikir.. mampir dulu nagoya aja gimana..?

    atau hanya tunjukan JRPass ke petugas, and then go anywhere.. thank you 🙂

    Like

    1. Hi Sounde

      Hanya perlu ditunjukkan ke petugas, itupun kalo ada yg jaga. Kalau enggak ada ya tinggal nyelonong ajah masuk dari pintu samping (non automatic gate).
      Dan kalo salah jalan ya tinggal turun, ambil kereta sebaliknya. Gak masalah kok kamu mau kemana ajah, yg penting jangan naik kereta Non JR dan Nozomi Shinkansen.

      Kalau Shinkansen sudah pasti ada yg jaga, jadi kalo salah kamu pasti di kasi tau, special train juga ada yg jaga… so dont worry lah…

      WOng

      Like

      1. Hi Mr. Wong thank you for your reply again,

        nanya lagi yaa… (semoga gk bosen.. hehehe), rencana awal JR pass mau diaktifkan di hari pertama, tapi krn pesawat berubah, estimasi bisa sampai kota tokyo jam 10 pagi, jadi kira2 sampe yuzawa bisa jam 12, cuma half day kita bisa main… sayang kan.. so, pd hari pertama saya mau beli 1 day tokyo metro pass + kesei one way (tadi nya buat hari terakhir di tokyo sblm pulang), untuk keliling kota tokyo saja, gimana? efektif gak tuh..?

        dan satu lagi… (hehehe nanya lagi), flight pulang hari minggu jam 11 siang, JR pass berlaku sampai sabtu malam, apakah saya lebih baik sabtu malam langsung ke narita menggunakan nex last train, atau pagi/subuh (menikmati night life tokyo dulu) br ke airport dgn resiko keluar biaya lg utk transport ke airport? (gk mau sewa hotel lagi hehe)

        Like

      2. Hi…Icha

        Iya lebih efektif begitu donk..hari pertama pake pasmo ajah. Mending nikmatin night life dulu donk, ngapain bengong di Narita…hiiiyy

        Wong

        2016-03-02 13:28 GMT+07:00 Jalan Sendiri ke Jepang :

        >

        Like

  44. Selamat pagi pak saya rencana bulan april mau jepang mendarat di tokyo kemudian langsung ke kyoto dan osaka menggukana JR pass karena saya akan kembali lagi lewat tokyo.
    Terima kasih untuk blognya samgat membantu dalam membuat jadwal dan informatif. Yang ingin saya tamyakan apakah saya perlu membeli pasmo kalau sudah memiliki JR pass? Maksudnya untuk trip dalam kota seperti waktu di tokyo atau di osaka-kyoto? Apakah seluruh rute dalam kota ada jalur JR? Untuk naik metro/ sub memang harus pake kartu sendiri ya pak? Terima kasih

    Like

    1. Hi Alfian..

      Kalau sudah punya JR pass enggak perlu beli Pasmo. Memang konsekuensinya untuk dalam kota kamu hanya bisa pake train or bus yg ada tulisan JR di depannya. Tapi jgn khawatir hampir tiap sudut kota ke cover kok ama JR.

      Wong

      Like

      1. Tq pak sudha direplay
        Sekalian mau tanya lagi, saya kan rencana mau jalan2 di kyoto tapi tetap stay di osaka karena saya pikir sudah ada jr pass tidak masalah bolak-balik dan katanya di kyoto cukup mahal dan susah cari hotel pak. Pertanyannya apakah jarak osaka-kyoto cukup dekat jika naik kereta? Kira2 brapa lama pk? Thanks

        Like

  45. Salam kenal Pak, saya famili Trip bersama 3 org anak tgl 30 April 2016 ini sampai di Haneda jam 22.45.. Balik indo 11 Mei pesawat tgl malam nyampe indo 12 Mei. Rencana yg mau di visit Tokyo Osaka Kyoto Alpen, berhub Alpen dibuka hanya pada April Mei. Ini pertama kali saya ke Jepang Pak. Saya bingung gimana itn nya yang flexible. Berhub byk personel yah mesti hemat,, hihi. Nah apakah saya butuh jrp? Terus hari pertama nyamoe Haneda apakah masih memungkinkan untuk ke Tokyo atau ng inap di bandara aja ya PaK? Saya bingung mau gimana mulai jalannya. Mohon bantuannya dan input ya pak.
    Thanks
    Rachael

    Like

  46. Pak, salam kenal.. Saya tgl 30 April ini nyampe Haneda uda jam 22.45 terus pulangnya ke indo tgl 11 Mei pesawat tgh malam.. Ini pertama kali Pak. Haha… Bawa 3 anak family Trip . Rencana yah jalan sendiri dan berhubung personel banyak yah terpaksa jalan hemat Pak. Nah bingungnya tuh saya mulai dari mana jalannya Pak. Rencana yg di visit Tokyo , Osaka, Kyoto, Alpen. Soalnya Alpen cuman dibuka April Mei, rasanya sayang ga kesana. Nyusun itn nya yg bingun Pak. Terus apakah saya butuh jrp.. Mohon bantuannya dan input ya Pak. Trima kasih
    E-mail saya : kuiyen@yahoo.com

    Like

  47. hallo pak, saya rencananya mau ke kawaguchiko lake dan izu kawazu, perlu membeli JR pass atau tidak? JR pass bisa digunakan disemua daerah tokyo kan? kalau saya membeli JR pass apakah lebih hemat ?
    terimakasih pak 🙂

    Like

  48. pak wong mau minta saran nya boleh. saya rencana pergi ke jepang akhir april sampe di haneda plng dari osaka. 4 malem di tokyo 1 mlm di hakone dan 3 malem diosaka. apa perlu beli JR PASS? terima kasih

    Like

  49. pak wong mau minta saran nya boleh. saya rencana pergi ke jepang akhir april sampe di haneda plng dari osaka. 4 malem di tokyo 1 mlm di hakone dan 3 malem diosaka. apa perlu beli JR PASS? terima kasih

    Like

  50. Hi Mr Wong.. saya berencana april 2016 ke jepang selama 12 hari.. rencana saya mau ke osaka,kyoto nara,hakone,mt fuji dan terakhir tokyo (pulang dr tokyo)..menurut anda baiknya rutenya gimana ya?yang udah pasti sih saya akan di osaka pada hari pertama..terus dengan rute seperti ini harus beli JR pass?:) thank you

    Liked by 1 person

  51. Halo Mr. Wong

    Sebelumnya terima kasih banyak untuk informasinya, saya mau tanya. Saya kan mau ke Tokyo-Osaka dari tanggal 12 Februari (sampai pukul 16.00 JST) sampai tanggal 19 Februari (take-off 18.00 JST), lebih baik saya tukar JR pass saya pada tanggal saya sampai atau kebesokannya? Terus JR pass ini dengan harga 29,110 YEN apakah bisa habis? Atau pemakaiannya unlimited? Dan bisa digunakan di semua stasiun yang ada di Osaka? Maaf kalo banyak tanya, saya baru pertama kali ke Jepang, dan tanpa tour ;_;

    Terimakasih banyak!!

    Like

  52. Hi Mr. Wong saya mau nanya april besok saya akan ke jepang 12 hari tiba di tokyo, saya mau ke osaka,kyoto,nara,kobe,hakone,mount fuji…gimana biar rutenya sejalan supaya terakhir di tokyo?:)pas sampe saya langsung ke osaka yg udah pasti…trus saya butuh pake JR Pass gak?thanks

    Like

  53. Hi Mr. Wong,

    Saya berencana ke jepang tanggal 4 feb nanti. tujuannya :
    H 1 : Gala yuzawa
    H 2 : Tokyo trip
    H 3 : Kyoto
    H 4 : Tokyo karna balik ke jakarta lewat haneda

    Rencananya saya beli kanto pass untuk buat dapat potongan disc gala yuzawa.
    Jika mau hemat ke Kyoto dan bail ke tokyo sebaiknya kita naik apa ya?

    Apa ada alternativ lain ke gala yuzawa selain dengan beli kanto pass?

    Regards,
    Putri

    Like

    1. hi Putri

      Wah kebetulan banget kamu nanya tentang Gala Yuzawa, kebetulan teman ada yg baru kesana tuh. Jadi saran saya coba deh kamu explore yg namanya Tokyo Wide Pass. Pass ini bisa dibeli di Bandara, jauh lebih murah dr pd JR PASS, hanya 10,000 yen, dg masa berlaku 3 hari dan coveragenya all Tokyo dan Kanto region.
      Bisa digunakan untuk dan dari Haneda/narita Airport dan kamu bisa dapet discount special untuk naik cable car dan sewa gear ski di Gala Yuzawa!!
      https://www.jreast.co.jp/e/tokyowidepass/

      CHeers
      Wong

      Like

  54. Hi pak Wong, rencananya saya & 2 org tmn akan ke jepang bulan Maret 16 besok kita naik garuda & landing di Haneda terminal 1 jam 8.50 pagi. Kita akan langsung ke osaka menggunakan shinkasen.. Mohon info & petunjuknya pak di haneda kantor JR letaknya dimana & kami harus naik kereta yang mana untuk ke Tokyo stasiun (kalau saya cek di hyperdia ada 2 type tokyo monorail haneda express & tokyo monorail rapid, sy pilih yang mana ya pak kl menggunakan jr pass? terima kasih

    Like

    1. hi Esti

      Kantor JR Pass lokasi tepatnya saya tidak tahu kalah Haneda, coba donlot map Haneda. Atau setiba disana tanya ke petugas. Untuk ke Tokyo ada beberapa cara, bs naik Airport Limousine, Monorail,atau kereta biasa. Mengenai tipe monorail, ini kadang jepang menggunakan istilah express dan rapid meski keduanya sama. Yang jelas kalau Rapid bisa pakai JR Pass. Kalau express kadang bisa kadang tidak, tergantung keretanya.

      Cheers
      Wong

      Like

  55. Hi pak Wong.. Saya berencana ke jepang juni 2016 ini selama 9 hari . Saya dan istri dan dua orang anak usia 8 dan 11 tahun. Ini pertama kalinya saya ke luar negeri dengan perasaan khawatir dikarenakan saya tidak menguasai bahasa jepang. Mandarin dan inggris hanya okay.. Saya tiba di haneda dan sampai sekarang saya masi bingung mau dri mana, beli tiket jrpass, startnya dr kota mana.. Tokyo dulu atau osaka baru terakhir tokyo. Ada saran ga ya dri pak Wong atas kebingungan saya ini. Soalnya saya bener2 butuh advice pak wong soal tour saya kali ini. Terima kasih atas bantuan pak wong… Maaf jikalau saya bener2 merepotkan bapak soal ini. Sekali lagi terima kasih pak…

    Like

    1. hi Bro Santo
      Wah jangan bingung dulu donk hehe..
      Dibuat ajah dulu itinerary yg lengkap dan naik apa saja bisa dicek di http://www.hyperdia.com
      Sampai di Haneda bisa naik Airport Limousine (bus) dan kalau bisa cari hotel yg dilewati bus tersebut. Jadi gampang. Start ya Tokyo dulu donk kan mendarat di Haneda. Lagian bawa anak kecil capek kalo lgs jalan jauh…kasi waktu menyesuaikan dulu.
      Untuk itinery bisa donlot disini utk contoh :
      https://jalansendirijepang.com/2012/06/27/osaka-kyoto-hakone-tokyo/

      Ok kabarin ajah..kalo masi bingung…

      WOng

      Like

      1. Pak wong.. sorry ganggu lagi.. jika saya mendarat di haneda. Apakah bagusan saya nginap di tokyo semalam dahulu, baru keesokan harinya saya berangkat ke osaka-kyoto-tokyo kembali ke haneda dengan menggunakan jr pass? Atau ada ide yg lebih bagus menurut pak wong itenery yg lebih baik dr rute tsb? Oya… apakah jika arrival di haneda pukul 22.30 masi cukup waktu untuk menukarkan jr pass, truz pergi ke kamata station untuk nginap di hotel? Trims atas infonya…

        Like

      2. hi Bro Santo

        Saran saya sih tetap menginap di Tokyo, lagian kereta ke Kyoto/Osaka sudah enggak ada jam segitu. Waktu untuk ke hotel juga mepet, jadi harus cepat beli tiket dan naik Airport Limousine. Pastikan hotel memang dilewati oleh Airport Limousine atau paling tidak lokasi tidak jauh dari hotel2 yang dilewati. Jam segitu pilihannya cepat jalan ke hotel atau nginap di airport. JR Pass tukar besoknya, karena JR Pass juga tidak berlaku untuk Airport Limousine.

        Cheers Wong

        2015-12-04 0:51 GMT+07:00 Jalan Sendiri ke Jepang :

        >

        Like

      3. hi Bro Santo sorry baru dibales sekarang nih. Kalau bolak balik Osaka-Tokyo memang sebaiknya beli JR Pass. Arrival di Haneda kalau mau naik Airport Limousine (bus) masi keburu, train keburu tapi ribet kopernya dan banyak pindah2nya (saya gak saranin sih). Tuker JR Pass rasanya gak keburu, dan bisa jadi counternya sudah tutup.

        Cheers
        Wong

        Like

  56. Hai mr Wong, saya blog ini sangat Berguna sekali untuk pembuatan itin saya. Saya ingin tanya, apakah tiket shinkansen joetsu dicover dlm jr 7 hari pass. Karena saya ingin kesana menggunakan jr pass itu namun yg saya lihat semuanya menggunakan jr east pass. Karena sayang kalo saya terpaksa beli 2 tiket jr. Saya brangkat dari tokyo. Terima kasih

    Like

    1. Hi Geraldine….(nice name btw..:))
      Shinkansen Joetsu…wah baru denger nih, itu dari mana ke mana ya? Tokyo sampe Niigata ya? Kalau liat di webnya sih dicovers ama JR , so enggak perlu beli 2bh tiket JR donk.. JR Pass cover everything, dan setahu saya hanya Nozomi shinkansen dan express train dan local train yg gak dicover.
      Coba deh cek map ini http://www.japan-guide.com/e/e2361.html

      Cheers
      Wong

      Like

    2. Saya ingin pergi ke gala yuzawa namun cek di hyperdia blm ada untuk tgl 18 maret ini hehe. Terimakasih atas jawaban mr wong. Sangat membantu saya untuk menyusun itin kali ini

      Like

  57. Hi, sepertinya sudah naik sedikit ya sekarang harga JR Pass nya saya lihat, tapi terakhir saya beli dengan kenikura tour di Jakarta lebih murah dari tour lain, semoga membantu.

    Thanks

    Like

      1. Hi mr.wong

        Saya ada rencana mau ke jepang akhir maret sampai awal april
        Pergi lewat tokyo pulang osaka perjalanan dari tokyo – yokohama- hakone-kyoto-kobe- osaka selama 15 hari, perlukah saya membeli jr pass?

        Like

  58. blog ini super deh berguna banget, saya juga pengen nih ke jepang tujuan:shibuya-shinjuku-harajuku-chiba . transportnya gimana? dan beli suica nya online atau pas udah nyampe di jpg? terimakasih

    Like

    1. Hi Mira

      Thanks udah mampir ke blog ya….ayok donk ke Jepang, gak usah ragu2 hehehe…Suica belinya di jepang, di station ada mesinnya, tinggal masukkin duit, kartu keluar…bisa ada tulisan nama kamu juga di kartunya…

      Cheers
      Wong

      Like

  59. Hai Pak Wong, salam kenal yah.
    Saya ada rencana ke Jepang autumn tahun depan, cuma 6 hari 5 malam sih. Saya beli tiket PP dari Osaka, jadi rencananya: 1 malam Osaka, 1 malam Kyoto dan 3 malam Tokyo.

    Saya mau tanya, saya juga ada rencana mau mampir ke Nikko, baiknya kesana saya naik apa ya pak? yang tidak makan banyak waktu & biaya dan apakah Nikko itu worth it untuk dikunjungi saat autumn?
    Tolong juga kasih rekomendasi tempat2 apa aja yang bagus dikunjungi pas autumn di osaka-kyoto-tokyo-nikko untuk pertengahan oktober.

    Mohon masukannya pak, thanks 🙂

    Like

    1. hi Cheyla

      Thanks udah mampir nih, hmm cuma 6 hari ya? Pendek amat, minimal 8 hari sih kalo mau PP Tokyo, Koyto, Osaka. Ke Nikko wah saya belum pernah, tapi kayaknya worth it buat dikunjungin sih. Saya coba cari infonya utk route nya spt ini http://www.japan-guide.com/e/e3805.html banyak sih alternativenya, paling cepat ya naik limited express train. Untuk Autumn jangan lupa mampir ke Kiyomizudera dan Arashiyama di Kyoto yah…bagus banget
      Autumn one of the best time of the year to go to Japan…guaranteed!!

      Have fun!
      WOng

      Like

      1. terima kasih atas rekomendasinya, pak Wong.

        Saya mau nanya lagi nih, saya niatnya mau beli JRPass karna mesti bolak-balik osaka-tokyo-osaka. Tapi masalahnya banyak juga tempat wisata di Kyoto yang mau saya kunjungi, menurut bapak saya perlu beli IC Card atau beli Kyoto One-Day Pass atau tetep pake JRPass aja?? karna setelah saya browsing kebanyakan tempat wisata yang saya ingin kunjungi di Kyoto itu ada dibagian eastern, western sama southern Kyoto dan tranportasi yang dipakai banyak yang memakai bis lokal dan subway yang katanya gak dicover sama JRPass.

        Maaf banyak nanya pak, soalnya sistem transportasi di Jepang ribet bangeeet. saya jadi makin pusing sama rute dan sistem transportasinya, beda sama Korea yang lebih mudah.

        Like

      2. hi Cheyla ,sorry baru bales yah….Waktu dulu saya ke Kyoto emank akhirnya saya beli Day Pass, karena emank iya disono kotanya kecil dan kemana2 lbh praktis naik bus. Jgn lupa mampir Arashiyama kalo ke Kyoto…
        Kalo dibanding Korea.hmm…jepang karena keretanya lebih byk ajah jadi keliatan ribet, sebenernya line yg utama cuma beberapa kok.

        Have fun….!
        WOng

        Like

  60. Hai Mr Wong,

    Kami mau ke jepang tgl 28 oct ini. karena ini pertama kali kami ke jepang,kami agak bingung ttg soal di bawah ini : :
    1. saya pernah baca kalau JR pass mesti dibeli maksimal 3 minggu sebelum tanggal keberangkatan,apakah benar? saya rencana mau beli besok tgl 13 october
    2. untuk keliling di gunung fuji,apakah itu sdh tercover dengan jr pass atau bapak punya saran lain supaya kami bisa keliling di Mount Fuji? Hakone Pass kah pak yang mesti kami beli untuk mengelilingi area2 di sekitar Mount Fuji?
    Terima Kasih banyak Pak atas bantuannya.

    Regards,
    Jeanne

    Like

    1. Hi Jeanne

      Wah saya juga baru tahu kalau harus dibeli 3 minggu sebelumnya, masak sih? Kamu sudah contact travel agent yg jual JR Pass??
      Keliling Gunung Fuji, JR pass cover perjalanan dari Tokyo sampai Odawara, atau kalau naik bis cover sampe Kawaguchiko . Di daerah FUji byk bis lokal dan Scenic train yg tidak dicover oleh JR Pass. Saya kalau ke Fuji prefer pake Odakyu Pass.

      Cheers
      Wong

      Like

  61. Hello Mr. Wong,
    Mohon bantuannya nih rencananya Oktober 2015 (sedang apply visa :D) ini mau ke Jepang 10 hari masih bingung dengan itinerary yg udah aku buat memungkinkan ga ya? Hehe sama mau tanya perlu beli JR Pass ngga dengan rute seperti ini:
    Hari 1 Sampai di Kansai langsung USJ
    Hari 2 Jalan2 di Osaka, Museum, Umeda, Dotonbori
    Hari 3 Kyoto Bamboo, Fushimi, Kinkakuji, Gion
    Hari 4 Takayama, Shirakawago lalu berangkat ke Hokkaido (menginap di Hakodate)
    Hari 5 Goryokaku, Mt. Hakodate
    Hari 6 Lake Toya, Odori Park lalu berangkat ke Tokyo (nginep di Tokyo)
    Hari 7 Mt. Fuji, FujiQ
    Hari 8 Shinjuku, Akihabara
    Hari 9 Harajuku, Ginza, Shibuya
    Hari 10 Jalan2 sekitar penginapan dan Narita back to Jakarta
    Gimana mr. Wong, apa ada yang perlu ditukar atau di tambahkan atau dikurangi? Hehehe mohon saran dan masukannya hihi 😀
    Ohya, satu lagi hehe kalau mau wisata bahari kemana ya bagusnya?
    Terima kasih sebelumnya Mr. Wong…

    Like

    1. Hi Uci, sorry saya telat ya balesnnya, mudah2an belon berangkat nih. Tapi kalo udah ya..gak apa2 sih…beliin oleh2 ajah buat saya hahaha….
      Itinerary kamu udah bagus, paling saya comment soal USJ, biasa orang2 kesana dari pagi sekitar jam 7-8, karena antri. Usahakan jangan di weekend. Sisanya, udah oke, paling hari ke 8 dan 9 agak terlalu sedikit sih, hrsnya bisa juga ditambah ke tempat lain, spt Kamakura atau Kawagoe.

      Cheers
      WOng

      Like

  62. Wuaaahhh baru tau ada blog keren beginiii ttg jepang. Saya rencana mw ke sana januari akhir 2017 sih mas. Soalnya lg hamil nunggu lahiran dulu :D. Nah tujuan ke jepang sbnrnya cm pgn naikin semua rollercoaster2 extremenya kayak steel dragon, dodonpa ama bbrp rollercoaster serem di fuji q :D. Trs slanjutnya main salju krn anakku yg pgn bgt ngeliat ini.

    Nah dr yg aku baca bbrp tmpt utk main salju itu alpine route, dan gala yuzawa. Tp di antara 2 ini sbnrnya mana yg lbh asik utk sekedar main salju aja? Kita ga pgn ski krn toh ga bisa :p. Yg saljunya lbh tebel lah 😀

    1 lg, desa shirakawa goshho itu kalo winter bs sampe 2 meteran katanya ketutup salju. Berarti jalan kesana ditutup dong ya mas? Soalnya kita jg pgn kesana krnbdr foto2 nya itu mirip desa dongeng gitu ihhh ^o^
    . ini aja..makasih sebelumnyaa 😉

    Like

    1. hi Fanny thanks ya udah mampir, sorry saya baru bales sekarang niii..maap. Wah pengemar extreme ya? Saya sendiri enggak pernah nyobain …takut jantungnya copot hahaha..
      Kalau Salju saya sendiri belum pernah ke jepang saat salju, terakhir main salju malah di korea (murmer). Tapi temen2 yg sudah ke Shirakawa sih, emank mantabs saljunya tebel, tapi ya buat sighseeing ya, kalau ski saya belum tahu.

      Kalau Alpine Road, harus cek dulu apakah jalannya dibuka atau tidak.

      Semoga bermanfaat.
      Wong

      Like

      1. mas Har, aku boleh nanya lagi yaa :). Tentang Itinerary yang udah aku buat… menurutmu udah pas dan memang perlu pakai JR pass ga ya?

        Day 1: Jakarta-Tokyo (planning cari pesawat malam)
        Day 2: Tokyo – langsung ke museum Doraemon
        Day 3: Tokyo- ke Nagashima spa land di mie prefecture
        lalu sambug ke museum ninja di mie prefecture juga. Sore balik tokyo
        Day 4: Tokyo – Disney sea
        Day 5: Tokyo – Fuji q Themepark seharian
        Day 6: Check out lalu ke Takayama
        Day 7: Visit Shirakawa gosho, lalu balik lagi ke Takayama
        Day8: Check out dari takayama hotel, balik ke Tokyo, lalu lanjut Hokkaido (Saya masih bingung naik kereta jr pass ato pesawat ya?)
        Day 9: hokkaido- melihat festival es di odori park
        Day 10: Hokkaido – main salju di takino suzuran hill
        Day 11: check out, lalu lanjut ke osaka (planning by plane)
        Day 12: osaka- Universal studio japan
        day 13: Main ke hiroshima, lalu balik osaka
        Day 14: main ke kyoto, lalu balik osaka
        Day 15: Osaka – jakarta

        gimana nih mas? udah pas ato ada yg sebaiknya aku datangin dulu, yg lain belakangan ya?

        Last question: aku ada baca kalo anak2 di bawah 6 thn ga perlu beli tiket transportasi kereta dan bus di sana… itu bener ga sih? anakku masih 4 thn kalo kita pergi nanti… kalo emg gratis kan lumayan juga ga usah beliin dia JR Pass kalo emg perlu 😀

        makasih banyak ya mas Har… God bless you 😉

        Like

      2. hi Fanny

        Thanks udah mampir, wah blog kamu menarik juga tuh, soal Burger…jadi bikin lapar hahaha…
        ok saya comment dikit ya…
        1. hari ke 2 langsung ke DOraemon museum? Make sure udah beli tiketnya dulu di convinient store ya. Dan jalan kesitu agak ribet, saya sarankan sih jangan hari ke 2, mending hari ke 2 membiasakan dulu dg train di Tokyo.

        2. Nagashima Spa?? Wah ini menarik, jarang sekali saya dengar orang kesitu, ntar cerita2 ya, keq apa sih? Jadi penasaran hahaha
        3. Ke Takayama juga agak ribet, make sure sudah dipelajari mau naik apa dan jam berapa
        4. Ke Hokaido, konon lebih murah naik pesawat, kecuali kamu sudah beli JR Pass ya…naik train
        5. Ok. saya rasa sudah oke itinerarynya, cuma agak ribet soal shirakawa saja, mungkin lebih baik, Tokyo dan Hokkaido dahulu baru turun ke Takeyama , all the way down to Kyoto dan Osaka.

        Anak 4 tahun masih gratis, kecuali train khusus spt Odakyu Train dan special train lainnya (yg JR Pass gak bisa dipakai juga).

        So lumayan ngirit lah…tapi sebaiknya jgn terlalu maksa itinerarynya. Biasanya anak kecil rada kaget dg weathernya, dan pastikan anak2 selalu naik train bareng..soalnya pintu train cepet sekali nutupnya.

        Salam, God Bless you too 🙂
        Har Wong

        Like

  63. hai, tq tulisan nya.. sy ms rada binggung ko,
    kl sy uda beli JR pass nh, ms kudu perlu beli
    SUICA or kansai pass ga ya?
    buat muter2 di tokyo, kyoto, n osaka nya.
    krn sy ada baca di tulisan org, dia bilang
    kl beli JR pass jg percuma.
    krn tetep hrs beli tiket bus yg ga dicover
    u/ ke tempat wisata2 nya (dikyoto n osaka).
    thx before 🙂

    Like

  64. Halo Mr.Wong!
    Saya berencana utk menghabiskan waktu di Jepang seperti berikut:
    Jkt ->Tokyo (3hari) -> Kyoto (1hari) -> Osaka (2 hari) -> Jkt

    Rencananya dari Tokyo ke Kyoto kita mau ngirit sekalian nyoba bermalam di Bus Willer.
    Nah, apa sebaiknya saya gak perlu pake JR Pass, lebih ngirit Suica/ Pasmo aja?
    Suica ini bisa dipakai utk segala bus dan mrt apapun kan, ga kayak JR Pass yg cuma utk perusahaan tertentu (JR Group)?
    Utk di Osaka apa seharusnya saya pakai Kansai Pass supaya lebih ngirit?

    Terima kasih banyak~ dan maaf kalo sudah ada yg punya pertanyaan serupa 🙂

    Like

      1. Dear Koko,

        Kenapa kansai pass ribet ya? Saya pernah baca kansai thru pass itu bisa buat jalan2 di dalam osaka, kyoto, kobe, nara..
        mnrt koko untuk jalan2 di daerah2 itu apakah sebaiknya beli 3 days kansai thru pass atau beli day pass di masing2 kota ya?

        Thanks kokoo…

        Like

      2. Hi Stefanie, dari pengalaman saya Pass itu bermacam2, dulu saya beli Day Pass saja dan itu ribet karena ada 3 pilihan Day Pass. Mau yg train JR doank, JR plus Metro, atau JR dg Metro dan Toei. Saya beli yg JR doank karena memang murah, dan malah repot karena rute jalan2 tidak selalu JR yg lebih efisien secara waktu dan jarak. Jadi kalau mau beli Pass, cek dulu kamu mau kemana saja, bandingkan harga dan moda transportnya.

        WOng

        Like

  65. Hello pak wong, slam kenal ya!
    Kebetulan november tahun ini aq mau ke jepang nih pak, dgn budget dikit, ihihi
    Nah klo semisal aq pake japan bus pass dr willer yg 3 hr dg rincian:
    Tgl 1 = bis malem tokyo – kyoto
    Tgl 2 = nginep di kyoto
    Tgl 3 = bis malem balik ke tokyo
    Rincian tsb kira2 bisa gak ya pak? Soalny klo beli 1 per 1 lumayan mahal euyy, total bisa 16.000 yen, apalagi shinkansen, ehehehe
    Mohon pencerahannya ya pak,
    Thx a lot 😀

    Like

  66. Hai Pak Wong,

    Saya ga sengaja nemu blog Bapak pas browsing soal Hakone Pass dan Kanto Pass.. rencananya Oktober nanti saya bertiga dengan teman mau mengunjungi jepang melalui Haneda selama 5 hari 4 malam. Itinerarynya : Tokyo – Hakone / Fuji – Tokyo.
    Saya disarankan teman untuk beli Hakone Pass dan bermalam satu hari di Hakone. rencananya hari pertama mau explore Tokyo baru hari keduanya beli hakone pass untuk melihat keindahan Fuji. Untuk hari pertama..jika saya mau keliling Tokyo, sebaiknya membeli pass apa ya..yg bisa explore tempat wisata di Tokyo dalam satu hari walopun tidak semua..tapi paling tidak bisa stngahnya.. saya baca ada Tokunai Pass untuk satu hari.. Bapak menyarankan SUICA.. lebih baik yg mana ya Pak..yang murah dan bisa mencakup hampir semua..karena kita bertiga mau backpackeran saja.. dengan limited budget..

    satu lagi ya Pak.. pas sehari sebelum kembali ke tanah air.. kita akan menginap satu malam lagi di Tokyo.. mohon sarannya untuk tempat wisata yg mungkin tidak memerlukan Pass seperti taman atau kuil yang tidak jauh dari stasiun karena harus ke airport besok sore nya.

    terima kasih

    salam

    Like

    1. Hi Dhika

      Hakone Pass sih oke, mending beli deh jadi puas kelilingnya. Nginap cocok banget bg yg suka alam, jangan lupa cobain onzen di hotelnya dan ambil breakfast atau traditional dinnernya.
      Untuk Tokyo suica sajalah, gak ribet, pass saya sudah coba percuma, jatohnya mahal. Dan pake suica gak usah mikir, kamu naik Keio, JR, ataupun Metro.

      Saran saya ke Kawagoe atau Takao San untuk hari terakhir, https://jalansendirijepang.com/2014/12/11/takao-san-buat-yang-demen-gunung-tapi-gak-sempet-ke-fuji/ or https://jalansendirijepang.com/2014/11/25/kawagoe-baca-ka-wa-go-eee-a-little-edo-an-hour-from-tokyo/

      Salam
      Wong

      Like

  67. Halo mr wong
    Terimakasih, website bapak sangat berarti untuk kami yang mau berlibur ke jepang.

    Rencana saya akan honeymoon di pertengahan bulan desember 2015. dengan waktu 7 hari berangkat dari CGK – HND (haneda) dan HND – CKG, dengan detination Tokyo dan Kyoto.

    Beri kami masukan mr wong perihal apakah saya membutuhkan JR Pass ?
    dan kasih masukan tempat wisata yang menarik di kota Tokyo dan Kyoto dengan waktu sedikit tersebut.

    masukan dari mr wong sangat berarti bagi kami.

    Terimakasih & Salam
    Iyan

    Like

  68. hallo Pak Wong,

    terima kasih untuk infonya yang sangat membantusaya yg masih bingung tentang jepang, saya punya rencana tinggal 8 hari di jepang dengan detail itinenary tokyo-osaka-kyoto/hiroshima-tokyo, 2 hari di tokyo, 2 hari di osaka,1 hari di kyoto/hiroshima lalu 1 hari lagi di tokyo, kira2 dengan rute seperti itu perlu beli jr pass atau kanto pass saja ya? lalu untuk di tokyo apa perlu saya beli suica kalo sudah punya jr pass atau kanto pass?

    terima kasih

    Like

    1. Hi Rizki

      Menurut saya karena harus kembali lagi ke Tokyo sebaiknya beli JR Pass.
      Karena shinkansen saja sudah 3, 4 juta PP, kecuali kamu berencana naik bus. Kalau ada JR Pass bisa dipakai diaman saja, mau di Tokyo, Osaka, dst.

      Salam
      Wong

      Like

  69. Hi Mr Wong, blog nya keren deh. Sangat membantu bagi yg mau k Jepang tanpa tour. Rencana nya kami sekeluarga mau k Jepang november 2015. Banyak PR sebelum berangkat terutama mengenai transport disana.
    Pertanyaan saya, untuk naik train or subway apakah cukup nyaman keluar masuk stasiun nya dengan menggunakan stroller? karena pengalaman di luar negri sebelum nya, ga semua akses ada lift ato tangga berjalan. Thank you.

    Regard,
    Leni.

    Like

  70. Hi Mr Wong
    sy baru dapat tiket murah ke jepang via KL dan landing di Narita untuk feb tahun depan 2016

    butuh beberapa advise
    kami ber9 org ke jepang dari 20Feb2016 – 3Maret 2016 (13hari)

    – rute yg sudah terbayang baru keliling di tokyo, main ski ke, ke kyoto, osaka, sudah pasti beli JR Pass ya?
    – apakah perbedaan JRPass dengan East Railway Pass?
    -kita mau ke onsen dan main ski, apakah ada tempat yg di rekomendasikan?
    -kita mau main ke themepark tapi budgetnya hanya bisa untuk main ke 1 tempat saja, apa yg di rekomendasikan
    – dan perkiraan cuaca di jepang pada tangal 20feb-3maret 2016, kami hendak persiapkan pakaian nya,haha

    maaf kalau banyak bertanya

    thanks a lot Mr Wong

    regards
    brilliant

    Like

    1. Hi…Brilliant

      JR Pass ama East? Kalo JR berlaku di East dan West, kalo east ya hanya di eastern japan saja, Tokyo keatas, jadi kalo mau ke Kyoto ya situ harus bayar tiket baru hehehe..
      Onsen, byk di daerah Fuji (Hakone dan Kawaguchi), dan juga di daerah Sapporo banyak, Beppu juga ada, wah byk deh…
      Kalo ski kebykkan diatas, di Sapporo, saya sendiri ski di jpn belon pernah, habis mahal, kalo mau murah di Korea hahahaa

      Theme Park ? ya pilihan paling oke Disney atau USS.

      Cuaca, masih dingin lah kalau awal Maret, winter, 4 derajat average.

      Cheers
      Wong

      Like

  71. MR. Wong,

    Saya mau tanya.. mau trip ke jepang ber 2, selama 7 hari, rute saya adalaha Tokyo – Kawaguchi Lake – Osaka —> lalu pulang lagi ke Tokyo, apakah lebih baik menggunakan JR. PASS ?
    Mohon advicenya.

    Thanks

    Like

  72. MR. Wong,

    Saya mau tanya.. mau trip ke jepang ber 2, selama 7 hari, rute saya adalaha Tokyo – Kawaguchi Lake – Osaka —> lalu pulang lagi ke Tokyo, apakah lebih baik menggunakan JR. PASS ?
    Mohon advicenya.

    Thanks

    Like

  73. Mr.Wong jikalau saya rute osaka ke kyoto pp trs ke tokyo lanjut gala yuzawa & hakone/kawaguchi,lbh efisienkah jikalau membeli JR pass? atau cukup Kanto JR Pass utk keliling tokyo 3 hari ,sisanya shinkansen ke kyoto n osaka by cash?tq

    Like

    1. hi…kalau kamu gak harus balik lagi ke osaka, enggak perlulah beli JR pass. Untuk Kanto, hmmm saya juga gak gitu demen tuh beli pass itu, mendink beli suica atau pasmo, nyaman dan gak ribet, bisa dipake belanja dan vending machine.

      Wong

      Like

  74. hallo pak wong,saya mau ke japan taun depan.
    dari kuala lumpur ke tokyo tgl 16
    dan tgl 19 saya hendak ke osaka
    setelah ke osaka saya esoknya langsung ke busan
    apakah perlu saya beli JR? atau SUICA.
    dan apakah suica bisa digunakan di osaka juga ?
    apa ada alternatif lain ke osaka selain menggunakan shinkansen?

    Like

    1. hi Fera Chan

      Wah saya punya temen namanya beda tipis, Feri Chan hahaha…
      Menurut saya sih enggak perlu beli JR Pass, karena dari OSAKA kamu lgs terbang ke Busan kan? Enggak balik lagi ke Tokyo?
      Alternative ada donk, naik Wiler Bus, cuma lama ajah, 10-12 jam.

      Cheers
      WOng

      Like

  75. Hi, Pak Wong

    Kebetulan saya beserta teman2 ingin wisata kejepang april ini (semoga dapet sakura hanami)
    Kami akan datang dari HND, pulang dari KIX ke Jakarta.. Apakah JR Pass cukup efektif dibanding One day pass yg diajukan tiap kota?Disana kami akan mengunjungi Tokyo (4hari) – Kyoto (2hari) – Osaka (2hari)

    Perbandingan kami adalah ;
    – JR Pass, kami harus menginap di tokyo 3malam di hotel
    atau,
    – One Day Pass, kami bisa menginap di tokyo 2malam, dan berangkat ke Kyoto menggunakan Bus Malam nantinya

    atau sebenarnya menggunakan SUICA jauh lebih efisien (dengan catatan kami baru pertama kali mengunjungi jepang dan kami mengetahui berita tentang sulitnya komunikasi/signage di jepang, kalau tidak mengerti bahasanya)

    Terimakasih Pak Wong, maaf merepotkan 🙂

    Like

    1. hi Bro Harry.

      Sorry kalau saya agak telat nih bales commentnya. Untuk Daypass terus terang saya enggak gitu suka tuh, terutama di Tokyo karena ada 3 macem daypass, dari yg hanya berlaku JR doank, JR dan Metro, dan JR , Metro, Bus. Menurut saya selain mahal, enggak efisien, saat kita perlu ganti metro, ternyata gak berlaku dan harus jalan jauh lagi cari JR. Ribettt deh. Tapi kalo daypass di Kyoto dan Osaka boleh lah…

      Soal JR pass harus menginap 3 malam…sorry saya gak mengerti maksudnya?

      Prinsipnya sih, JR pass harganya sekitar 23,000 yen, sedangkan trip shinkansen TOkyo-osaka PP, sekitar 30,000 yen, jadi baru worth it beli JR pass kalau emank harus bolak balik .

      Cheers

      WOng

      Like

  76. Hi, Pak Wong

    Kebetulan saya beserta teman2 ingin wisata kejepang april ini (semoga dapet sakura hanami)
    Kami akan datang dari HND, pulang dari KIX ke Jakarta.. Apakah JR Pass cukup efektif dibanding One day pass yg diajukan tiap kota?Disana kami akan mengunjungi Tokyo (4hari) – Kyoto (2hari) – Osaka (2hari)

    Perbandingan kami adalah ;
    – JR Pass, kami harus menginap di tokyo 3malam di hotel
    atau,
    – One Day Pass, kami bisa menginap di tokyo 2malam, dan berangkat ke Kyoto menggunakan Bus Malam nantinya

    atau sebenarnya menggunakan SUICA jauh lebih efisien (dengan catatan kami baru pertama kali mengunjungi jepang dan kami mengetahui berita tentang sulitnya komunikasi/signage di jepang, kalau tidak mengerti bahasanya)

    Terimakasih Pak Wong, maaf merepotkan 🙂

    Like

  77. Hi Pak Wong,

    Saya mau ke Jepang April ini,..smoga ketemu sakura ><
    Rencana cuma 7hari, rencana saya tidak mau beli JR PAss, apakah mudah beli tiket kereta disana? Saya baya juga ada SUICA, itu apa ya?beli nya gmn? pliss info 🙂
    KLo tiket one day pass itu maksudnya apa?

    Makasi P.WOng

    Like

    1. hi Jeasline

      Mau beli JR Pass? Rencananya kamu mau kemana ajah? Kalo emank mau sampe ke Osaka dan balik lagi Tokyo baru worth it beli JR Pass.
      Suica itu kayak prepaid card, jadi kamu isi pulsanya terus bisa dipake di bus, train, dan buat belanja. Kayak Flazz Bca atau Mandiri Toll, tapi bisa dipake utnuk seluruh angkutan umum. Bisa dibeli di mesin2 di setiap station di Jepang.

      One day pass…hmmm someday gw mau nulis blog nih tentang ini, menurut gw pribadi sih kurang berguna!! Disamping ribet karena hanya berlaku di train company tertentu, kamu enggak bisa ganti2 train dan subway. Ribet dah..mending enggak usah pake day pass gituan….!

      Wong

      Like

    2. halo jeasline jadikah ke jepang april ini?saya dan suami jg plan bln april ini,for the first time,manatau bisa barengan,haha. To Mr. Wong dmn ya kt bisa ngedapetin map stasiun dan map kota?then JR Pass tdk berlaku utk metro kan,berarti sampai di 1 tmpt mst beli tiket metro lg?thx before..

      Like

      1. Wuah tuh ada barengannya, the more the merrier hahahaa…
        Map station tinggal donlot ajah, byk kok, google ajah. JR pass iyah, enggak berlaku untuk metro. Tapi tenang ajalah, jarang kok pake metro. Pake JR udah tercover semua area kok.

        Cheers
        Wong

        Like

  78. Hi pak Wong, thanks unk info2 perjalanan ke Jepang yg sangat informatif.
    saya akan ke Tokyo bulan Maret-April selama 9 hari,dan rencana nya selain saya ingin keliling Tokyo ( Shinjuku,Shibuya,Ueno,etc ) saya juga ingin ke Gala Yuzawa,Mt Fuji & Hitachi Seaside. Menurut pak Wong, apa kah lebih baik saya beli tiket JR Pass 7 hari atau saya ikut 1 day tour to Mt.Fuji/Gala Yuzawa ? dan apakah kalau saya sudah beli JR Pass unk keliling Tokyo saya masih harus beli tiket Suica/Pasmo ? selain itu, unk pembelian JR Pass apakah harus 3 bulan sebelum tanggal keberangkatan ?

    Thank you

    Sally

    Like

    1. hi Sally

      Kalau sudah ada JR Pass 7 hari pada dasarnya kamu bisa keliling kemana ajah di Jepang dengan JR Train dan Bus, jadi enggak perlu lagi beli SUICA/PASMO. Tapi setelah lewat 7 hari, kalau masih mau keliling ya beli tiket langsung di station/ beli passmo.Untuk Fuji, pake tour mahal ajah sih masalahnya. Padahal kalo saya pribadi sih liatnya gampang ajah keliling sendiri disono.

      JR Pass gak perlu 3 bulan sebelumnya kok.

      Thanks Sally

      WOng

      Like

  79. Hi, Pak Wong,
    Saya mw nanya pak Wong,
    Jakarta-Osaka-Jakarta via AA. 25Nov- 1 Des
    25 Nov sampe 8.25 pagi
    (autumn)
    25 Osaka – Langsung Menginap di Kyoto, Kiyomizu Dera, Fushima Inari, Kinkakuji, Gion Street
    26 Kyoto- Bamboo Groves, Tongetsukyo Bridges, Sagano Scienic Railway, kemudian ke Nara — ( Nara nya sempet ga ya/)
    27 Tokyo – asakusa, hachiko, euno park , harajuku street, Meiji Jingu
    28 Mt. Fuji
    29 Back To Osaka , Mino Park, Osaka Castle,
    30 USS
    1 Back to Jakarta

    Alasan saya kenapa ga dari osaka langsung ke tokyo, dikarenakan tanggal 25 nov seharusnya masi di musim gugur, sedangkan jika saya ke tokyo dahulu trus ke kyoto atau osaka takutnya saya sudah tidak dapat pemandangan yang bagus di musim gugur dimana musim tersebut bunganya sedang bewarna warni.

    apakah ke mino park itu jauh gak yah pak? susah tidak ya?

    mohon sarannya atas itenary nya, atau ada yg mau ditambahkan?
    Terimakasih banyak pak Wong,

    Like

    1. hi Bro Benny,

      Sorry agak lama reply nya, saya baru balik dari Tokyo, wah ternyata lumayan dingin disana…brrr…

      Aniway, comment tentang rencana ke Nara, kalau kamu enggak naik Sagano maybe keburu. Sebaiknya cek dulu jadwal train sagano, karena agak jarang2 tuh jadwalnya.
      Mino Park, saya sendiri belum pernah kesana, tapi kalau lihat review hanya 30 menit dari Umeda, ya pasti keburu lah…hahaha http://www.japan-guide.com/e/e4019.html GO Bro!! Kemarin saya ke Takao, yg mirip2 minoo park, wah keren daun2 mimojinya!

      Cheers
      Wong

      Like

  80. Hallo Pak Wong, Salam Kenal

    Saya akan ada di Tokyo hanya 2 hari, rencana akan ke Fujiko F Fuji Museum dan Disneysea saja. Alternatif kartu transportasi yang efektif dan murah sebaiknya apa ya pak?
    Kalau beli JR Pass rasanya terlalu mahal.

    Terima kasih
    Nadia

    Like

  81. Hi Mr Wong~

    Saya mau tanya2 seputar keberlakuan JR Pass.. Kalau untuk Shinkansen antar kota besar saya sudah cukup paham sih, kecuali Nozomi dan Mizuho bisa ter-cover dengan JR Pass. Tapi untuk slain shinkansen, rute kereta mana-mana saja yang bisa ter-cover dengan JR Pass milik saya? Karena sistem perkeretaan jepang sungguh rumit, mereka punya subway, punya shinkansen, punya ekpress train, local train atau jenis-jenis lain.

    Ya misalnya saya akan menghabiskan 2 hari di nagoya, 2 hari di Tokyo, 1 hari di Kyoto, 1 hari di Osaka,
    dan untuk jalan-jalan di dalam masing-masing kota itu apakah saya bisa menggunakan JR Pass?
    Bagaimana cara mudahnya membedakan yang mana yg bisa ‘gratis’ dengan JR Pass, dan mana yang tidak?
    Karena kan beli JR Pass nya saja sudah mahal, jadi harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

    Semoga Mr Wong bisa memberikan pencerahan untuk saya.
    Thank you so much. Have a great day~

    Best regards,
    Brenda

    Like

    1. hi Brenda

      Thanks udah mampir di blog ini, btw blog kamu bagus juga..emank bener kuliah double UI ama Binus buset…jauh gitu..ckckckckck…..???
      Demen banget ya sekolah haahaha..:P
      Aniewi, kalau JR Pass, gampang koq pertama bedanya warna, setiap perusahaan punya warna sendiri, seperti cerita temen kita di blog, kalo JR warnanya hijau https://jalansendirijepang.wordpress.com/2014/07/21/naik-taxi-dari-bandara-ke-city-buat-yg-kemaleman-sampai-di-haneda/

      Dan kalau kamu ke http://www.hyperdia.com stiap line, di depannya ada tulisan JR-…. gampang kok.

      Jadi kalo kamu jalan2 di kota, Nagoya, Tokyo, Osaka, Kyoto ya gak usah pusing lagi, tinggal naik JR ajah, kemana2 ada kok.

      Okie…semoga kamu enggak nambah lagi kuliahnya jadi 3 tempat..ahahaha

      Wong

      Like

  82. Hello Mr Wong.

    Website ini salah satu referensi saya buat tour saya nantinya.
    Saya baru pulang jalan-jalan dari Taiwan dan dari sana minat ke Jepang karena influencenya Taiwan kan dari Jepang.

    Saya ke Jepang bersama istri dan teman Feb 13-22, 2014.
    Kebetulan terbangnya malam sehingga tiba di Osaka Feb 14 pagi jam 7 hehehe.
    Pulangnya lewat Tokyo jam 23 waktu disana tanggal 22.
    Rencananya 3 hari pertama di Kansai area (Osaka, Kyoto, dan Nara bila sempat)
    dan sisanya di Tokyo sekitarnya (Kawaguchiko dan Kamamura).

    Kami masih ragu soal JRPass apakah musti beli apa tidak ya.
    Karena diitung2 ongkos jalannya masih belum sampai JPY28300.
    Padahal sudah menghitung dengan shinkansen 1x jalan dari Osaka/Kyoto ke Tokyo.

    Apakah lebih wise beli per daerah seperti Kansai pass dan JREast Pass saja ya?
    Udah google di internet, kayaknya jarang ya menggunakan skenario seperti saya hehehe.

    Mohon masukannya ya pak, atau mungkin ada ide lebih baik. Trims ya 🙂

    Like

      1. Hi pak Wong,

        Mau share soal JR Pass.. sblm brkt agak ragu jg beli jr pass secara balik modal apa nggak ya..
        Ternyata oke banget terutama karena saya perlu ngejar waktu, gak bs terlalu capek pdh pgn ngirit, dan pengennya keluyuran ke mana2.

        Akhirnya dengan jr pass dan pake shinkansen bantu bgt wara wiri berbagai kota. Osaka-kyoto 2x-kobe-tokyo-gotemba/hakone-yokohama dlm 7 hari kunjungan.

        Walaupun gak bs naik nozomi tp hikari udh cepet lah.. hehhe.. non reserved juga oke lah.. selalu dpt duduk.

        Salam
        Arie

        Like

  83. maaf mr.wong. pertanyaan saya mungkin menyimpa, saya mau ke tokyo tp belum pernah kesana, apakah anda kenal orang indo yg bisa jadi tour guide?

    thanks ya

    Like

  84. halo mr. wong , info n tipsnya sangat menarik dan informatif sekali. ada yg mau saya tanyakan kalo kita sudah beli jr pass apa kita tidak perlu lagi beli tiket shinkasen krn hg jr pass sdh termasuk shinkasen ?
    Terima kasih b4

    salam ,
    Anto

    Like

    1. hi Ginanto, iya JR Pass bisa dipakai untuk SHinkansen, tapi enggak semua type lho, HIKARI masih bisa kamu pakai buat ke OSAKA/KYOTO. Coba deh liat lagi di artikelnya, saya kasi link untuk cek apa saja yg bisa.

      Thanks – WOng

      Like

  85. Pak Hartawan Wong, Tks banyak buat info yg bpk berikan semoga bermanfaat buat saya.. Rencana saya ke tokyo bulan september.. Sekali lagi terima kasih..

    Salam, D. Arumsari.

    Sent from my iPhone

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s