Beli Ticket Train Part 3


hi nyambung dari tulisan yang sebelumnya tentang beli tiket kereta di Jepang yang memang gampang-gampang sulit!

Part 1: Beli Ticket Train Part 1

Part 2: Beli Ticket Train Part 2

Kebetulan ada temen yang berencana untuk jalan-jalan ke Jepang, dia rencannya jalan dari Osaka-Kyoto-Kawaguchiko-Tokyo dan selama di kota-kota tersebut keliling ke beberapa obyek wisata yang umum didatangi para turist. Nah saya share deh sekalian petunjuk bis, kereta, subway untuk ke daerah-daerah tersebut.

Tentunya perubahan bisa terjadi, sebaiknya kamu tetap cek di www.hyperdia.com dan ada baiknya untuk beli SUICA (semacam Octopus Card kalau di Singapore) kartu ini bisa dipakai berulang-ulang, dan bisa diisi saldonya di mesin yg tersebesar di seluruh station, jadi enggak usah bolak balik ke vending machine. SUICA ini bisa dipakai untuk Train, Subway, dan Bus di Tokyo region, tetapi hanya bisa dipakai untuk JR (Train) di Osaka, Kyoto.

Untuk info lengkap tentang SUICA  http://www.japan-guide.com/e/e2359_002.html

Transport Japan Trip    < – Klik disini untuk tabel lengkap Train, Subway, Bus ke tempat wisata di OSAKA, Kyoto,Kawaguchiko dan Tokyo

Advertisements

95 thoughts on “Beli Ticket Train Part 3

  1. Slmt pagi koh wong..
    Bulan september nanti kami sekeluarga (sy, suami dan 2 anak 3dan4thn) berencana jalan2 ke jepang (ini pertm kalinya kami ke jepang)

    Itinerarynya sbb :
    Day 1 : kansai – check in hotel daerah namba – ke aquarium – dotonburi, shinsaibashi
    Day 2 : usj
    Day 3 : kyoto – fushini inari shrine – gion – street food – osaka
    Day 4 -tokyo – check ini hotel daerah shinjuku – shibuya – ginza doraemon museum
    Day 5 -disney sea
    Day 6 – otw bandara narita

    Yg ingin sy tanyakan bulan 9 termasuk musim apa, (perluakah membawa jaket) , mohon pencerahannya utk transpottasi ke tmpt2 tersebut dan brp kisaran biayanya, apakah anak2 d bawah 6tahun bayar full jg utk naik shinkansen? Dan train ?

    Terima kasih sblmnya 😁

    Like

    1. hi Angelina

      Sorry ya agak telat balesnya, bulan 9 itu peralihan dari musim panas ke musim gugur. Biasanya hawa cukup mild, tapi sering hujan. Jadi bawa jas ujan atau beli payung aja disana. Utk tempat2 yg kamu tuju ya beda2 lah harganya, kalo shrine biasanya gratis, kalaupun ada biaya tiket masuk ya ga seberapa. sedangkan utk doraemon museum harus booking dulu, karena ada quota, book sehari sebelumnya di convinient mart. Disney sea book tiket online dari indo, jadi enggak pake antri lagi.

      utk anak di bawah 6 tahun, gratis naik train/bus/shinkansen, tapi ya gak dapet tempat duduk sendiri.

      Wong

      Like

  2. Mas Wong…. Saya mau tanya apakah kartu Pasmo bisa di gunakan di JR ( Train ) baik di Osaka, Kyoto dan Tokyo ? Karena kalo saya baca ulasan Mas Wong hanya menyebutkan kartu SUICA yg bisa di gunakan di JR ( Train ) di Osaka dan Kyoto.
    Mohon Penjelasannya. Terima Kasih

    Like

  3. Mas , numpang tanya ya,bulan dpn awal april saya rencana ke tokyo dng anak sy umur 10 th. Rencana tgl 9 pagi sampai narita mau ke disneyland dan nginap di sana.
    Tgl 10 siang check out dr disney rencana mau nginap daerah ginza or shinjuku (masih blm pasti)
    Tgl 11 pagi rencana ke mt fuji dan sore balik ke tokyo.
    Tgl 12 (blm ada planing kemana? Mohon saran . malam baru balik ke narita.

    Apakah dgn internary seperti itu sdh bagus atau gimana?
    Terus dari narita ke disney harus naik apa?
    Apa perlu membeli tokyo day pas atau cukup beli Suika?
    Dan pakai apa ke Mt fuji nya ?
    Terima kasih sebelum .

    Yenny

    Like

  4. Perjalanan pertama ke Jepang (Tokyo Only) sempat dipandu sama teman asli sana dan ternyata dikasih juga Suica Card dia yang sudah gak kepakai dan akhirnya sekarang jadi selalu dipakai saat ke Jepang karena gak kebayang ribetnya kalau pakai Kippu biasa apalagi saya yang suka ubah rute seenaknya

    Like

  5. Dear Mr Wong,
    Terima kasih sudah menjawab pertanyaan saya tentang hotel.
    Sekarang saya mau tanya cara penggunaan Hyperdia.
    Setiap kali disuruh memasukkan FROM dan TO, saya bingung karena kadang-kadang tidak keluar nama stasiunnya. Contoh : Dari Narita saya mau langsung ke Asakusa Temple, kok di hyperdia nya tertulis sbb : From : Narita International Airport Terminal 2
    To : Asakusa.. eh yang ada malah pilihannya Asakusa Sobu/subway,,) lalu Asakusabashi lalu Asakusatsukuba. Saya harus pilih yang mana dong, kan saya sama sekali ga ada bayangan dimana letaknya Asakusa Temple tersebut.
    Kalau setiap kali harus tahu persis nama stasiunnya, sedangkan keretanya berganti2 line lalu bagaimana?

    Apakah aman jika saya menggunakan google maps saja? Karena di google maps lebih mudah menemukan nama-nama tempat yang akan saya kunjungi, tapi saya kuatir kurang akurat karena selama ini saya baca2 semua blog jepang menyarankan Hyperdia, tidak ada yang menyarankan pakai google maps.

    Mohon pencerahannya ya Pak Wong. maaf kalau banyak bertanya (daripada sesat di jalan, hehehe..) terima kasih.

    Like

  6. Bro Wong, sy halim jkt…mau minta infonya. jk sy tiba di haneda jam 10 malam. transportasi apa yg bs sy tumpangi ke asakusa ato osaka ? dan tiket disney apakah bs beli online? makasi bro

    Like

    1. Bro Kiko

      Tiba di Haneda langsung mau ke OSAKA? Wuah gak capek? Saran saya sih nginep dulu ajah di Tokyo atau Haneda airport. Besoknya baru jalan ke OSAKA.
      Karena kereta paling malem untuk ke Tokyo Station jam 11 – 11:30 (saya lupa). Bus jam segitu juga dah paling akhir.
      Disney tiket sebaiknya memang beli online, jadi gak antri lagi.

      Wong

      Like

  7. halo pak Wong

    mau tanya. kl rute saya osaka-nara-kyoto-kobe-tokyo apakah sebaiknya beli kansai pass yg 3 hari? rencana osaka-nara-kyoto kobe 4hari dan tokyo 4 hari
    osaka –> kaiyukan, universal studio
    kyoto –> arashiyama, fushimi, golden pavillion, kyoto illumiere
    nara –> nara park
    kobe –> belum tau mau kemana hehehe
    tokyo –> gala yuzawa, doraemon, disney 2hari
    maklum ini rute utk anak2…total 9hari 8 malam.

    thanks

    Like

    1. hi Deassy
      Sorry telat balesnya, terus terang saya bukan penggemar regional pass spt Kansai Pass, menurut saya sih kurang efficient pemakaiannya dan gak beda banyak dengan beli per trip. Jadi kalau rute kamu sih saya gak mau repot2 pakai pass. Mending beli Suica, jadi bisa pake metro, train, bus. Dan ditambah lagi pass gitu, gak laku setiap kamu masuk tourist spot.

      WOng

      Like

      1. thanks pak infonya. sy memang kurang prefer krn tdk fleksibel sih. cm kl dihitung bugdet memang lebih mahal suica walaupun perbedaan tidak banyak

        oh ya pak, kl untuk yg tokyo pass bagaimana? rencana utk pemakaian ke gala yuzawa,mt fuji dan airport. apa tetap lebih baik suica saja?

        thanks

        Like

  8. Pa Wong,
    mhn bantuannya, rencana juni 2016 , 8 hari ,,,pswt dr CGK-Haneda Haneda -CGK kami ber empat bawa 2 anak remaja mau ke universal dan ke dysneysea (wajib). rencana kota yg di kunjungji osaka -kyoto-mt fuji-tokyo .
    mhn bantuannya untuk iterinary karene sy bingung utk urutannya (btw sy sdh beli tiket JR Passnya) dan booking hotel dimana sj biar ngga nenteng koper bolak balik,,,
    tks pa wong sukses selalu

    Like

  9. Hi Mr Wong!!
    Apa kabare? Sehat2 bukan? Hehee

    Saya rencana tgl juni 2016 ini akan k jepang bersama 5 temanku. Ini ada beberapa kota yg akan kita kunjungi dimulai dari Osaka 2D-Kyoto 2D-Shirakawa (overstay) -Tateyama Alpine Route (sidetrip) -Tokyo 1D-Kawaguchiko (sidetrip)- balek Tokyo 3D (Haneda balik kampung halaman), *1. apakah membutuhkan JR Pass?

    Selama perjalanan ke Jepang, kt sewa apartemen dari airbnb, jadi *2. apakah memungkinkan kita menggunakan jasa Yamato Transport untuk mengirimkan luggage kita ke apartemen d Tokyo sebelum kita ke Shirakawa dan Tateyama?

    3. Sebaiknya menggunakan Suica atau Passmo untuk kenyamanan pemakaian di semua kota yang akan saya visit?

    Terima kasih Pak atas bantuannya

    Like

    1. Hi Fanny

      Baekkk,,, piye kabare hahaha?
      Juni ini ke jpn, ikuuuuuttt ….donks.
      Soal JR Pass yah, kalau kamu balik lagi ke Haneda, dan ke Tateyama yah mending beli JR Pass lah.
      Yamato is a good idea, biar gak repot, mudah2an nyampe tepat waktu hehehe…kalo enggak gak mandi dah.
      SUica dan Pasmo saja saja Jeng, boleh pake yg mana saja.

      Ditunggu tiketnya yah…
      Wong

      Like

  10. Pak Wong,
    Saya sudah baca semua comments dan cukup informatif. Pertanyaan saya apakah kita perlu booking hotel/guest house/ terlebih dahulu sebelum berangkat? atau bisa go show?
    Thanks
    Johan

    Like

    1. Hi Johan

      Thanks udah mampir, hehehe itu tergantung type traveller spt apa . Ada yg mau aman dan tentram ya booking dulu, bisa dpt harga lebih murah pula.
      Ada yg suka adventurer, kemana kaki melangkah..ya gak usah booking lahh……go show ajeh (pusing ditanggung sendiri hehehe)

      Wong

      Like

  11. selamat siang Pak Wong.. semoga slalu sehat yaa😊pak saya saya mau tanya dan minta saran dong, saya masih galau dan bingung neh, sy kan mau ke jepang akhir april, yang mau saya tanyakan :
    1. kalau dari bandara narita ke shinjuku St, enaknya naik NEX atau kereta biasa atau bus???..
    2. sy ada rencana mau ke kyoto dan osaka, dan balik lagi ke tokyo krn pesawat pulangnya dari narita , ini yg buat sy galau😬🙈😖, kalau mau irit dan hemat sy naik bus malem atau beli JR pass yaa?? sy mikir kalau naik bus malem PP sy bisa irit hotel 2 malem, tapii sy baca2 kata pak wong harus beli JR pass kalau ada rute PP gtu??
    3. kalau sy beli JR pass kereta apa saja yang bisa gratis u di tokyo, kyoto dan osaka??
    4. untuk rute tokyo kyoto dan kyoto osaka naik JR pass ( tepatnya nama keretanya shinkansen apa yaa??)

    maaf yaa pak wong pertanyaan sy banyak, maklum sy takut nyasar neh secara perginya cuman berduan aja ma anak abg sy

    saya tunggu balesannya pak wong

    dan terimakasih banyak

    Like

    1. Hi Damayanti

      Thanks, semoga kamu juga sehat segar selalu hehehe..
      1. Naik NEX bisa, kereta bisa, bus bisa….harganya beda2 dan timing nya beda2, sesuai budget dan waktu lah.
      2. JR Pass emank lebih mahal, tapi hemat waktu, shinkansen kan cuma 3 jam. Kalau mau irit ya naik WIler bus, harganya setengahnya kereta.
      3. Hampir semuanya, asal ada tulisan JR nya gratis, shinkansen semua kecuali Nozomi, cek aja ke web nya.
      4. Byk pilihan, coba ke http://www.hyperdia.com

      WOng

      Like

      1. pak wong…makasih bget neh udh jwb pertanyaaan saya… btw kmrin sy coba2 booking tiket bus malem u rute tokyo kyoto dan osaka tokyo ternyata tiketnya mahal juga yaa😁😖hampir 2jt u PP pdh sy sdh cari yg paling murah…dan sptnya sy beli JR pass saja deh😀😀biar mahal dikit tapi praktis😊makasih yaa pak wong… u saran dan infonya.

        Liked by 1 person

  12. Selamat siang,

    Ko mau nanya saya rencana membawa istri dan anak ke Jepang awal Juli nanti untuk libur lebaran. Kemungkinan akan menghabiskan waktu disana selama 10 hari, tujuan kami akan main di Tokyo,kemudian lanjut ke Kyoto dan berakhir di Osaka.
    Pulang ke Indo nanti via KIX, apakah saya perlu JR Pass? kalo tidak perlu apakah kartu pasmo ini bisa mencover semua biaya transportasi selama di tiga kota tsb?
    Kartu Pasmo ini apakah bisa dibeli di Indo?

    Like

      1. Changed of plan ko,
        Karena tiket lebih murah beli pp akhirnya kami memutuskan pulang dari haneda saja nanti. So mending beli jr pass yah kalo gt?
        Nah yg saya dpt info dari temen kalo luggage kita bisa dititipin untuk dikirim ke kota lain (supaya ga nenteng2 koper banyak). Apakah ini aman?
        Tokyo-Kyoto-Osaka-Hakone-Tokyo atau Tokyo-Hakone-Kyoto-Osaka-Kyoto yg lebih baik jalurnya?

        Trims

        Like

      2. Hi…iya kalau bolak balik mending beli JR Pass.
        Koper bisa dikirim, pake Yamato (black cat), sangat aman, jangan khawatir. Minta hotel yg urus, mereka sudah biasa kok.

        WOng

        Like

      3. Ko mau nanya kalo colokan saklar di Japan kan bentuknya dua garis tipis gitu.
        Apakah di indo bisa dibeli colokannya? atau begitu sampe haneda apakah bisa dibeli di airport? kalo bisa di lantai mana yah ko?
        soalnya gua sampenya malam apakah masih ada yg buka 24 jam?

        trims

        Like

      4. klo jalan2 contoh dari shibuya ke shinjuku, dari shinjuku ke harajuku gitu naik apa ya? pasmo itu buat jr trains juga bisa?

        Like

  13. Mas terima kasih sharingnya. Saya mau tanya, mudah2an ga bosan jwb. Saya sdh coba cari semua info ttd prepaid card SUICA and PASMO. Fungsinya sama….. Dan selalu bersanding kedua nama itu. Lalu bedanya apa ya? Krn Dari MAP LINE Train yg saya dapat untuk kedua card itu Koq sama ya? Lalu kalau saya tdk salah anak2 di bawah 6 thn tiket kereta msh free ya? Saya akan ke Jepang 7 hari di awal bulan July 2016 rame2 ber-12 dgn keluarga yg rentang umurnya tertua 76 thn dan termuda 4 thn, semoga cuaca blm terlalu panas sekali harapannya, semua rencana di Tokyo, hanya 1 hari kami ke Hakone menggunakan Hakone Free Pass saja (info ini sdh bs saya pahami Detailnya). Saya masih bingung menentukan ketika jalan2 di Tokyo antara beli SUICA atau PASMO ketika mendarat di Haneda nanti. Mengingat kami ber 12 sangat praktis semua pegang prepaid card. Rute2nya kurang lebih, Shinjuku (lokasi apartment kami nantinya disana), shibuya, harajuku, akihabara, Ueno, asakusa, ginza, odaiba, Disneyland, puroland Sanrio. Terima kasih sebelumnya, maaf jika terlalu panjang.

    Like

    1. hi Puti

      Hahaha wah rombongan besar nih, tapi okelah kalau liat itinerarynya masih bisa di manage. Untuk anak2 dibawah 5 tahun masih free, nanti disisi kanan atau kiri biasa ada pintu khusus buat yg bawa anak2, jadi enggak kejepit. SUICA dan PASMO fungsinya memang sama persis, enggak ada beda, itu cuma beda company saja yang mengeluarkan. Dan di Tokyo mesin yg jual kartu ini kebanyakkan jual PASMO, sedikit mesin SUICA nya. So enggak masalah kamu mau pakai yang mana saja, atau keduanya juga boleh (Buat koleksi hehehe).
      Sanrio, apa enggak terlalu membosankan yah heheheh…selain lokasi jauh, biasa aja sih kalau menurut saya…

      Wong

      Like

  14. hai om wong,,
    tolong boleh berikan advice nya kalau tiket pesawatku kyk gini:

    Jkt-Kansai 22 Maret’16
    Narita-Jkt 1 April’16

    pertanyaannya:
    1. rute normalnya Osaka-Kyoto-Kobe-Tokyo-Kawaguchi
    2. perlu gak beli JR Pass kalau ky gini?
    3. spot terbaik liat sakura pas dimana?

    Thanks yaa,,^^

    Like

    1. Hi Sanz
      Yup rute normalnya seperti itu. Kawaguchi PP saja dari Tokyo.
      JR Pass enggak perlu kalau menurut saya sih, karena kamu enggak bolak balik naik shinkansen.
      Sakura spot byk sekali, tinggal googling sakura report dan hanami place …biasanya di taman sambil piknik.

      Cheers
      Wong

      Like

  15. Hi Mr. Hartawan Wong,
    Artikel yang sangat membantu.
    Saya akan ke jepang akhir april 2016, rencana dr jkt ke tokyo dan mau jalan2 selama 3 hari di tokyo, lalu ke kobe mengunjungi ibu saya, 5 hari kemudian pulang ke jkt dr osaka.
    Apa perlu beli jr pass?
    Untuk jr pass, tersedia 7 dan 14 hari.. sedangkan saya disana 9 hari, gimana baik nya supaya berhemat utk transport..? Thanks

    Like

    1. hi Icha

      Thanks udah mampir, sebenernya agak sayang kalau pake JR Pass tapi hanya dipake 3 hari di Tokyo. Tapi memang kalau kamu harus bolak balik Kobe-Tokyo dengan Shinkansen harganya hampir sama dengan JR Pass. Saran saya buat itinerary yg rapi dan cek harga di Hyperdia. Kalaupun tetap beli JR Pass, beli 7 hari, dipake untuk bolak balik Tokyo -Kobe naik shinkansen. Sisanya di Tokyo cukup pakai Passmo.

      Lebih jelasnya bisa baca di https://jalansendirijepang.com/2015/12/07/10-hal-yang-perlu-diketahui-sebelum-nekat-keliling-jepang-tanpa-tour/

      Dan contoh itinerary dan perhitungan bisa di donlot di https://jalansendirijepang.com/2015/12/02/itinerary/

      Cheers
      Wong

      Like

  16. Mas,,mau tanya donk,, saya & keluarga rencana ke Jepang akhir Desember 2015 dan di sana selama 6 hari. Tujuan yang bakal disinggahi: sky tree, asakusa, tokyo imperial palace, odaiba, patung hachiko, masjid tokyo jami’, minato mirai, akihabara sama hakone.. Lebih praktis beli tiket JR East atau National JR Pass ya?

    Thanks sebelumnya..

    Like

  17. Halo om wong, mo nanya ni.. sy mau trip honeymon 😀 ke jepang tlg 8-16 april, uda beli jr pass 7 hari, bagusnya sy beli suica card untuk 2 hari pertama atau gimana? mohon sarannya 🙂
    btw rencananya 8-12 di tokyo 12-13 di kawaguchi/mt fuji (lebih bagus yg mana?) 13-16 osaka kyoto, 16 balik tokyo.
    apakah ada recommended place to stay dan route terbaik? thanks 🙂

    Like

    1. hi..,

      Wah first of all, congrats ya buat happy couple yg mau honeymoon…(bikin sirik ..hahaha)
      Yup udah bener, beli JR pass, sampe Tokyo sehari istirahat, besoknya lgs cus ke kyoto atau osaka, puter juga ke Arashiyama, Nara, Kobe dah gitu balik lagi ke Tokyo. Kalo JR nya masi berlaku, dari Tokyo lgs ke Fuji (odawara station).

      Place to stay, enggak byk recomendasi sih, sy nginep disitu2 doank hahaha..https://jalansendirijepang.com/2012/05/07/hotel-di-jepang/

      Cheers
      WOng

      Like

  18. Halo, mo nanya ni.. sy mau trip honeymon 😀 ke jepang tlg 8-16 april, uda beli jr pass 7 hari, bagusnya sy beli suica card untuk 2 hari pertama atau gimana? mohon sarannya 🙂
    btw rencananya 8-12 di tokyo 12-13 di kawaguchi/mt fuji (lebih bagus yg mana?) 13-16 osaka kyoto, 16 balik tokyo.
    apakah ada recommended place to stay dan route terbaik? thanks 🙂

    Like

    1. hi..kalao saya sih lebih suka dibalik, jadi pake dulu JR pass nya utk ke osaka dan puter2 baru balik tokyo hehehe..
      Tapi sama aja sih.
      Place to stay sih cuma ada yg pernah saya nginep, ada di artikel ttg hotel di jpn. Kalo rute, byk kok itinerary di comment blog ini…bisa dicopy…

      Cheers
      WOng

      Like

  19. Halloooo om Wong, salam kenal yaaa.
    Saya mau ikutan bertanya nih, mohon bantuannya yaa.

    1. Saya ada rencana ke Jepang di akhir Mei-awal Juni, cuaca dan suhu disana terutama di Osaka pd tanggal” sgitu bagaimana yaa om? supaya ga salah kostum 😀
    2. Saya punya freetime di Osaka seharian, rencananya mau dihabiskan untuk ke bbrapa tempat wisata disana spt Kaiyukan Aquarium, Tempozan Ferris wheels, naik st. maria cruise, Tombori river cruise, dan Umeda sky building. Saya mau beli Osaka Amazing Pass untuk memgakomodir ke tempat2 tsb katanyakan ad byk free entry-free ongkos kereta dan diskon” yaa.
    pertanyaan saya, apakah dg OAP tsb Saya benar2 free untuk naik transportasi disana? Apa untuk tempat2 tsb diatas saya mesti naik/nyambung naik angkutan umum lain yg dikenakan charge atau tidak?
    3. Say menginap di Rihga Royal hotel, mohon “pencerahan”-nya oom apa hotel tsb cukup strategis (dekat) dg stasiun (strategis dan tempat wajib kunjung di Osaka?

    trima kasih om Wong, semoga Om sehat selaluu ^^

    Like

    1. Hi…thanks udah mampir.

      Hmm suhu ya…wah bukan ahli ramal cuaca sih, tapi bulan Mei sih masih enak adem2 belasan sampe maks 20 derajat lah, tapi awal juni sih lebih anget maybe udah diatas 20 derajat.
      Saya sendiri belum pernah nyobain Osaka Amazing Pass, terus terang lebih suka ke Kyoto daripada Osaka, jadi sorry saya gak tau jawabannya utk pertanyaan no .2
      Hotel, kalau saya liat di google maps sih okelah, patokkan saya Namba atau SHinsaibashi, selama dekat dg keduanya okelah…

      Salam , semoga sehat selalu juga hahaha
      Wong

      Like

  20. Haloww om Wong…. info dong… renc maret bsk mau jjs ke jepang ala backpacker.. bareng suami n 3 anak (12,10,4th) brgkt 25mar – 3apr. Bagusnya kemana aj nih. Terutama pengen liat sakura , gn.fuji dan jalan2 tentunya..☺. Apa cukup hy di tokyo n kyoto sj?
    Trims ya…

    Like

    1. hi Marlin, agak mepet sih waktunya, sebaiknya rute standar Osaka, Kyoto, dan Tokyo. Plus Fuji dan Disney. Sakura cek dulu di web, perkiraan tanggalnya, it only last for 2-3 weeks in April. Utk itinerary coba deh baca2 comment di blog ini, byk kok yg bagus2.

      Cheers
      Wong

      Like

  21. hallo om wong..mau tanya donk ..rencana januari ini mau ke jepang sama istri utk honeymoon 10 hari..jadi rencana nya, sampe tokyo ( narita ) jam 6 pagi, dari situ lsg ke osaka flight jam 11 siang.. nah yg mau sy tanyakan, ke osaka mending naik apa ya? kmrn cek jetstar tokyo- osaka – tokyo PP 1.200.000 per orang.. kalau naik JR utk 7 mgg bs kena 3jt per orang udah termasuk tokyo osaka tokyo pp+ muter2 sepuasnya di osaka , kyoto+tokyo

    FYI, di osaka dan kyoto 5 hari ( universal, castle dll) dr situ balik ke tokyo, 5 hari , ( Disneyland, fish market , dll)… tlg info dan saran nya nih.. thanks 🙂

    Like

    1. hi Calvin

      Sebelumnya Congrats for the newly wed couple!! Bawa baju hangat tuh kalo berangkat January…adem banget!
      Kalau kamu balik lagi ke Tokyo apa enggak mending beli JR PAss? Naik shinkansen dari Tokyo ke Osaka dan Kyoto?
      Saya sendiri belum pernah naik pswt dari Tokyo ke Osaka.

      Cheers
      Wong

      Like

  22. Pak Wong….saya dan teman rencana ke Nara akhir bln ini slm 6 hari (dlm rangka seminar). Bisa tidak kami berangkat dr Jkt-Kansai-Nara atau Jkt-Haneda-Nara? (sdg huntingtiket yg murah) Dan selama di Nara apa ya itenary yg dpt dijangkau? Sekalian gambaran cuaca di Nara ya pak. trims. Wati.

    Like

    1. Hi ya pasti bisa donk kalau mau ke Nara. Itu kota besar kok, byk train kesana. Lebih enak sih dari Kansai.
      Untuk itinerary sih agak bingung ya, kalau saya lihat di Nara tuh enggak byk obyek wisata. Mending kamu jalan2 ke Kyoto dari situ.

      Cheers
      Wong

      Like

  23. Pak Wong,

    Mau tanya lagi 😀
    Itinerary nya sama seperti saya, tapi saya mulai dari Nagoya – Kyoto – Osaka – Kawaguchi – Tokyo.
    Pertanyaan saya:
    1. Jika saya beli JR Pass 7 Days, bisa dipakai dimana saja ya? Lalu masih perlu beli Suica atau sejenis tidak?
    2. Sebaiknya dari Kawaguchi, mending ke Hokkaido dulu atau langsung ke Tokyo?
    3. Jika harus memilih, lebih baik ke mana: Universal Studios / Tokyo Disneyland / Tokyo Disneysea? Mengingat saya bawa ortu, takutnya mereka tidak bisa main yang ekstrim dan karena harga lumayan, jadi mohon saran mana yang OK untuk ortu.
    4. Di kota2 yang saya sebutkan diatas, sebaiknya jika mau menikmati Onsen dimana ya?

    Like

    1. hi Again
      1 Gak perlu donk, kan JR Pass bisa dipakai hampir diseluruh Train dan Bus
      2.Tetep ajah kamu harus ke Tokyo dulu, buat naik shinkansen ke Hokkaido
      3. Tergantung ortu kamu juga donk, kalo cuma sight seeing ya ke Disneysea
      4. Onsen sama ortu?? Onsen byk di Kawaguchi dan Sapporo.

      Cheers
      Wong

      Like

      1. Pak,

        Thanks for the reply
        O, jadi kalau sudah ada JR Pass, ga usah beli one day pass etc di setiap kota ya?
        Hahahaha… onsen sepertinya pilihan, kemungkinan besar ngga jadi ^^
        Ga ada yang jual discounted price untuk tiket disney n universal ya? ^^

        R,
        Theresia

        Like

      2. dear pak wong, web nya cukup membantu tapi saya ada pertanyaan:
        apakah JR pass dan Japan Rail Pass itu berbeda?
        untuk JR passyg 7 days apa hanya bisa dipakai untuk Train dan Bus saja? kalo utk metro/subway bisa juga? karena kalo saya pelajari di hyperida kadang2 ada yang harus transfer ke subway,
        karena di bbrp forum ada yg blg apabila kita sudah punya JR pass, tetap harus beli suica lagi

        mohon pencerahannya, thanks

        Like

      3. hi Bro Alex

        Pertanyaan bagus nih, sptnya someday sy harus bikin blog khusus ttg ini. Memang masih byk yg mengira bahwa kalau naik transpor di Jpn, khususnya Train, harus pakai pass yg namanya JR Pass. Padahal kenyataannya disana ada loket yg jual tiket Train, sama spt di Indo. Jadi kalau mau keliling jepang ya tinggal dihitung mana yg lebih hemat? Malah menurut saya sepanjang tidak harus bolak balik dg Shinkansen, tidak perlu pakai JR Pass.

        JR pass bisa dipakai di Bus dan Train yg dikelola oleh JR East/West (perusahaan kereta di Jepang), untuk subway tidak bisa krn lain pengelolanya.

        Kadang emank ribet kalau hanya bisa Train dan Bus saja, karena jalan terdekat bisa jadi kombinasi antara train dan subway.

        Saya pribadi, lebih happy pakai Pasmo atau Suica saja.

        Cheers
        Wong

        Like

    1. Hi Nabila

      kalau pernah ke Singapore, kamu bisa beli tiket prepaid kan? saya lupa namanya kalo di HK Octopus, di Korea T money, jadi bisaa kamu isi berapa aja mau isi 100Yen atau 500 Yen..terus setiap naik train ya nilainya berkurang ..itu namanya SUICA.
      One day pass ya kayak tiket yg bisa kamu pake naik turun kereta mau berapa kalipun sampe keretanya bosen…dalam satu hari, dari sejak dipake sampe jam 12 malem…

      Gituuu deh
      WOng

      Like

    2. Mas Wong mau nanya ;

      Saya ikut konfrensi di Kyoto tanggal 7s/d 9 Mei 2014 ini,di Kyoto Research Park
      Tiket pulang Saya dari KIX ke CKG via Garuda tanggal 10 Mei 2014 pukul 9 Pagi waktu setempat.
      Ada gak ya train / travel pagi dari (kira2 pukul 6 pagi) dari Kyoto menuju Osaka (KIX),
      Ato Saya harus bermalam dulu di KIX sehingga Saya harus balik ke Osaka tangal 9 malem itu,

      Trims Mas Wong.

      Like

  24. Salaam kenal.

    Sy anggi.
    Sy akan pergi ke jepang bln April. Sy akan berada dsna slama 14hr.
    Tujuan sy ke Fukuoka. Akan tetapi, perjalanan sy dr Jkt-Osaka.
    Yg ingin sy tanyakan & minta saran, dr Osaka ke Fukuoka lebih baik naik kreta/limo/bis/pesawat lg???atw ada saran apa?jk naik kreta,kreta jenis apa yg pling cocok…?apa menggunakan tiket for 14 days?

    Mav jk bnyak pertanyaannya.
    Trima kasih banyak atas infonya.

    Like

  25. Halo saya mau tanya seputar transportasi di Tokyo
    Saya akan ke Jepang 7hari diantara 4hr Tokyo dan 3hr osaka
    Untuk rekomendasi transportasi apa ya?
    soalnya saya baca2 buku dan blog banyak yg saranin pake SUICA/PASMO, dan ada yang bilang buat JR East.yg 1day / 2 day pass.
    Nah saya agak bingung bedanya antara JR Pass ama JR East. JR Pass kan harus reservasi disini untuk 7hr -+3jt rupiah kemahalan banget kalo dipikir soalnya cuma di Tokyo ama Osaka aja. Sedangkan tiket terusan yg 1day pass/2day pass itu apa punya JR East bisa dipake monorel semuanya dalam kota Tokyo-yokohama? Bisa didapatkan lgsg di Haneda atau gimana?
    Mohon infonya 😀

    Like

    1. Hi Lia, sorry telat balesnya nih, lagi bermasalah email saya.
      JR East itu nama line nya, atau bisa juga disebut nama perusahaannya, sedangkan JR Pass itu adalah tiket yg bisa dipakai untuk naik kereta di JR East line, selama 7 hari, atau 14 hr, tergantung belinya.
      Tidak ada JR Pass buat 1-2 hari, minimal 7 hari.
      Baiknya baca deh artikel saya tentang JR Pass.
      Tentu saja buat naik kereta bisa beli tiket langsung di station, tanpa harus beli JR Pass.

      Cheers – Wong

      Like

    2. urun rembug mas wong.halo mbak, dari narita ke tokyo down town naik aja kereta keisei turun ueno, 1100 yen. lalu oper subway di ueno menuju hotel di daerah mana, tp sebelumnya beli tiket 2 days special dsc ticket 980 yen.tiket ini bisa dipakai jelajah seluruh tokyo by tokyo metro subway selama 2 hari sak bosannya. belinya di narita bagian lobi yang jual tiket bus di lantai 1 kedatangan . bisa jg naik bus transsee 1000 yen turun stasiun tokyo atau sta ginza. klo naik bus limou, hrg 3000 yen.
      kalao mau ke osaka/ kyoto, naik aja bus willer. day bus hrg bisa cuma 3000 yen kl beli 2 bulan sebelumnya.bisa juga naik night bus, 5000 yen n irit nginep hotel 1 mlm. klo pengin nyobain naik shinkansen, beli aja tiket kodama, lebih murah tp lebih lama dibanding nouzomi. oh ya beli tiketnya di jr tokai. yg promo 9800 en. tk. oma tr.

      Like

  26. Hi salam kenal..Saya berencana ke jepang untuk honeymoon bulan januari-feb sekitar 8hari..yamg saya mau tanya januari kan masih winter,kira2 brapa derajat ya?trus saya berencana naek airasia ke osaka…sampai Osaka kan tengah malam..saya bingung apa saya harus ke hotel yng saya book ato cari hotel dekat airport?alternatif transportnya apa selaen taxi, karena stau saya by taxi itu mahal..Makasi

    Like

    1. hi Eggy, wah pas tuhhh kalo Januari honeymoon kesono, lagi diingginnn banget.. heheheheh
      Tokyo maybe sekitar -3 sd 5 derajat lah, kalo Osaka sedikit lebih hangat…
      Sampe Osaka malem, ya nginep aja di bandara, Honeymoonnya berdua kan?? Nyantai lah, paginya baru jalan.
      Baca deh comment di artikel berikut, ada temen baek saya di blog ini “Fenny” yg udah pernah nginep di bandara. https://jalansendirijepang.wordpress.com/2012/06/27/osaka-kyoto-hakone-tokyo/

      Pesennya..bawa selimut biar anget, bobo di bandara 🙂

      Met honeymoon!
      WOng

      Like

  27. Hallo mas bro bisa mnt tlng buat iter ke tokyo utk tgl 10 sd 19 jun 2013 bertiga sama anak 12 th,km tdk ada rcna utk ke Disney ataupun universal soal nya anak sdh rada bosan konsep nya mirip semua…hehe,mnt tlng tempat wisata yg menarik dan tentu nya biaya yg terjangkau dan tip jitu inti nya utk jln or makan kami sekeluarga tdk ada mslh krn kami suka mencoba hal baru,btw kami stay hotel di shinjuku area.Thx utk bantuan nya.Gb

    Yenny smit

    Like

  28. salam kenal Mr hartawan, saya ada rencana ke Jepang bulan Agustus. Rencana saya di Jepang hanya 5 hari dari Osaka-kyoto-tokyo-osaka. pertanyaannya cukup nga sih cuma segitu hari. saya mau minta tolong diberikan cara jalannya memakai train yang murah. saya sudah download transportation osaka-kobe-kyoto-tokyo tapi saya nga gerti, mohon penjelasannya ya. Saya awal Agustus ke Taiwan dulu, lanjut ke Jepang(Osaka-kyoto-tokyo-Osaka-taiwan) karena tiketnya murah. Mohon petunjuk trims.

    Like

    1. hi Kent, wah dari namanya saja Clark Kent alias Superman sih keknya 5 hari lebih dari cukup, tinggal terbang dari Osaka, Kyoto, Nara, Kobe, Tokyo dalam sehari juga cukup hahahahaha…
      Seriously, menurut saya sih 5 hari berat kalo kamu harus ke Osaka Kyoto Tokyo dan balik lagi ke Osaka. Bisa sih, cuman enggak enjoy ajah, sekedar liwat. Lebih baik kalo emank cuma punya lima hari ya Osaka, Kyoto, Tokyo ..jadi pulang lewat Tokyo…
      Soal naik train coba ke https://jalansendirijepang.wordpress.com/2012/08/30/beli-ticket-train-part-2/

      Thanks udah mampir – Wong

      Like

  29. Haloo…Mr.Hartawan,,,Saya Memiliki Rencana untuk Liburan di Jepang Selama Beberapa Hari di Mid Summer Tahun ini…yang ingin saya tanyakan adalah apabila kita sudah menggunakan suica pass dan sudah masuk ke kereta, apakah ada pengecekan tiket dari petugas…dan apa yang harus kita tunjukkan? Suica card tsb? Jujur saya masih awam mengenai penggunaan octopus card di Jepang…Thx Before Mr. Hartawan…

    Like

    1. huahahahaha good questions Adi, tapi di Jepang ongkos kondektur kereta mahal, so enggak ada lah yg ngecekkin gitu, sistemnya sama dengan Busway, tiketnya di tempelin aja di gate.

      Ok cheers

      Like

  30. Salam kenal Kak. Nama saya Danan, tinggal di Malang. Saya bersama tunangan saya berkeinginan untuk berlibur ke Jepang tahun depan sekitar januari / february (Backpacker). Kami ingin melihat kebudayaan disana, salju, serta tahu rasanya berada di negeri orang. Kebetulan, ini bisa jadi perjalanan keluar negeri kami yang pertama. Kami berkeinginan untuk berlibur di sekitar Osaka, Kobe, Kyoto,dan Tokyo. Apabila memungkinkan kami ingin ke Sapporo juga dengan lama tinggal sekitar 7-8 hari. Kami juga berkeinginan untuk menikmati kereta shinkansen (kalau ada Osaka-Tokyo-Osaka karena kami datang dan pulang lewat KIX / Kansai). Selain itu, sushi, kaligrafi jepang, rumah tradisional jepang, serta beautiful scenery adalah harapan besar kami untuk bisa ditemukan disana. Bisakah kami dapatkan rekomendasi dari Kakak? Kami berdua Harus menyiapkan dana berapa selain akomodasi selain tiket dengan keinginan kami seperti diatas tadi? Maaf jika agak ribet ya. Karena kami belum pernah kemanapun selain di Indonesia. Terima Kasih.

    Regards,
    Danan

    Like

    1. hi Danan, sorry saya telat ya balesnya, asiek bener nih mau pre-honeymoon di Jepang, utk visa dan dana yg dibutuhkan sebaiknya coba contact travel agent mereka bisa kasih saran buat itu. Utk itinerary tentunya bisa coba di googling ato donlot di blog saya, ada juga contoh expense. Dan kalau backpacker coba deh ke artikel https://jalansendirijepang.wordpress.com/2012/09/22/jalan-murah-jepang-part-1/

      Menurut saya sih kalau mau nyobain itu semua, enggak cukup deh 8 hari, at least u need 12 to 14 days..

      Cheers – Wong

      Like

  31. Mas, saya dg kelg (ber 3) mau ke Tokyo-Kyoto-Nara-Hakone, brkt tgl 27 Maret dr Jkt (6 hari di Jepang). Yang mau sy tanya bagaimana cara pindah kereta dari commuter line ke shinkansen di stasiun Shinjuku dan bagaimana cara membeli tiketnya. Makasih

    Like

    1. hi Yulia, sorry baru dibales nih, pertanyaan bagus tuh, cara pindah commuter ya? Tidak semua station itu ada Shinkansen, spt yg saya tulis di https://jalansendirijepang.wordpress.com/2012/05/17/shinkansen-kereta-super-cepat-jepang/
      Hanya station2 besar dan dimulai dg kata Shin… yg ada shinkanzen. Sbg contoh Kyoto station memiliki bagian yg disebut ShinKyoto. Platformnya terpisah dengan kereta biasa, jadi dari station yg besar itu ada bagian yg khusus hanya shinkansen. Coba deh di donlot peta stationnya, ada kog kalo kamu googling..

      Cheers – Wong

      Like

  32. mas hartawan maaf mau ngerepotin mo tanya nich…
    klo dari tokyo mo ke osaka enaknya naik apa? dan lebih murah mana train ato bus? berapa jam?

    Like

  33. Salam kenal bro..senang skali membaca artikelnya..boleh info ga hotel di tokyo yg murah meriah tapi nyaman dan dekat dengan pusat kota..boleh minta sarannya ga..kalo ke jepang 10 hari..jalan2 kemana aja yaa?? Rencana lebaran nanti mau pergi bersama keluarga nih… Tengkiu byk yah atas infonya

    Like

    1. hi Fenny, thanks udah mampir ya, untuk hotel di Tokyo coba deh mampir artikel saya tentang hotel. Byk sih hotel disono cuma nyari yg bisa ber-4 ama anak2 agak ribet, dulu saya nyari lewat web spt http://www.hotels.com kemudian masukkin 2 org dewasa dan 1 anak, setelah muncul pilihan kamar baru cari kamar yg bisa ber-4. https://jalansendirijepang.wordpress.com/2012/05/07/hotel-di-jepang/
      Lebaran baru mau berangkat ya heehhehe, rada challenging tuh, disamping tiket mahal, ditambah lagi Agustus biasanya lagi panas2nya tuh di Jepang sono, baiknya riset dulu, daripada gak nyaman, mending Desember sih..ademmmmm..
      Semoga bermanfaat – Wong

      Like

    1. hi Fiana, maap ya sebelumnya kalau belum terjawab, kalau cuma 4 hari memang kamu punya pilihan untuk ambil day pass, saran saya dihitung seberapa byk kamu harus gonta-ganti train dalam 1 hari? Kalau sering banget ya mending ambil day pass, tapi kalau kamu cuma mau ke Disneyland misalnya terus disono dari pagi sampe malem ya mending ambil SUICA, semoga sedikit menjawab ya…

      Cheers WOng

      Like

      1. ooo gitu.. oia mas..Kalo ke danau kawaguchiko bisa pake yg one day ticket? kalo ke odaiba/tokyo teleport itu juga bisa pakai one day ticket kah?

        -Fiana-

        Like

      2. hmm pertanyaan bagus nih, tergantung kamu naik apa sih, kalau naik JR Train ya bisa pakai SUICA, Tapi kalau kamu lihat di itinerary yg saya buat kebetulan ada dari Shinjuku ke Kawaguchiko harus naik Limited Express Kaiji, nah kalo limited express begini umumnya enggak bisa pakai SUICA, tiketnya harus beli di counter.

        Cheers – Wong

        Like

      3. Mas.. maaf aku masih kurang paham… 😦
        Jadi Tokyo Day Pass free keppu bisa untuk Limited Express Kaiji gitu mas..?
        Kalo kita mau jalan ke Tokyo Mosque terus ke Odaiba, bisa pakai Tokyo Day Pass free keppu juga? Tokyo Day Pass free keppu itu untuk tiket kereta aja..? atau monorail juga bisa..? Maaf ya mas banyak tanya… >,<!

        -Fiana-

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s