Jalan Murah Jepang part 1


Halo bro,

Sebelumnya perkenalkan nama saya Sofian, dari Medan. Saya tau email bro dari situs jalansendirijepang.wordpress.com/.
Terima kasih atas situsnya yg sangat informatif πŸ™‚

Saya mau bertanya sedikit karena tahun depan ada rencana jalan-jalan sendiri ke Jepang tanpa ikut tur. Modal nekat πŸ˜›

1. Untuk perjalanan selama 6 hari. Budget total kira2 menghabiskan berapa ya? Budget saya kisaran 10-20 jt. Kalau bisa 15jt maksimal. Untuk sementara tempat yg mau saya kunjungi dengan budget itu di Tokyo dan sekitarnya. Kalau misal mau ke tempat lain spt Gunung Fuji apa akan menghabiskan banyak biaya?

2. Untuk akomodasi kira2 berapa biayanya per malam? Untuk makan?

Best regards,

Sofian

=========

Halo juga Bro Sofian!

Glad to answer your questions.
Kelihatannya banyak neh yg nanya soal jalan-jalan murah(budget) ke Jepang, meski my blog sebenernya gak mengkhususkan soal ini sih. Tapi off course, bisa aja kok jalan-jalan ke Jepang murah. Kalau cari buku di Gramedia ada yg dikarang oleh Claudia Kaunang, Rp 2,5 Juta keliling JEPANG, isinya bagus dan make sense untuk jalan-jalan dengan budget tersebut( Tentunya diluar Tiket ya!!)

Jalan ke Jepang yg mahal sebenarnya hanya ada 2 hal, transportation dan akomodation, untuk makanan boleh dibilang relatif hampir sama dengan di Indo, khususnya Jakarta yg sekarang rasanya makanan udah enggak murah lagi deh…
Nah untuk accomodation, di Jepang ada juga pilihan hotel murah atau biasa disebut HOSTEL.Β  Hostel ini meski relatif kecil tapi bersih. Coba deh kamu ke

http://www.khaosan-tokyo.com/en/kabuki/

http://sakura-hostel.co.jp/

http://osaka.j-hoppers.com/

http://kyotohostel.net/

Seberapa murah sih? Rata 1500Y – 2000Y atau dengan rate sekarang sekitar Rp 183,000 – Rp 244,000 semalam! Murah kan…

Kemudian soal transportation, kalo mau murah ya naik bus yang harganya lebih murah dibanding kereta(train), kadang dengan perjalanan yang jauh misal dari Tokyo ke Osaka kamu bisa sekalian bermalam diperjalanan dengan bus (hemat hotel hehehehe).

Untuk pemesanan bus online (bisa pake Credit Card), coba ke

http://willerexpress.com/bus/pc/3/top/

Pelajari juga tentang Bus Pass, kadang bisa lebih murah, jadi kamu bisa naik turun bus untuk beberapa hari dg harga tertentu.

Dan untuk transport dalam kota spt di OSAKA atau TOKYO, ada juga Train atau Bus pass, biasanya disebut Kippu Pass nah untuk yg ini ntar dulu ya, dilanjut….

Semoga membantu…

Advertisements

55 thoughts on “Jalan Murah Jepang part 1

  1. Pak Hartawan Wong… ijin share promo yaaa….

    October Summmer at japan
    7 – 15 October 2016 ( 9 malam )
    Paket mulai dari 11 Juta
    Include:
    * Direct Flight PP Jkt- Tokyo(7 Jam)
    * Penginapan 1 orang

    Add On:
    * JR Pass, Disney Ticket, Universal Studio Japan, etc by request
    Lebih dari 1 orang bisa discount, plus bonus wifi selama di Jepang… πŸ™‚

    Whatsapp: 085883563881 Jude’s Travel

    Thank you to Mr. Hartawan Wong πŸ™‚

    Like

  2. Mr Wong, saya akan ke Jepang bulan Mei tanpa travel, rute dari osaka. pulangnya Tokyo Haneda , kalau mau ke Shirakawa Go… bagusnya dari mana ? Kalau dari bandara Kansai ke setasiun Namba Osaka , Bisa pakai JR pass ?

    Like

  3. Hi Mr Wong,

    Mohon masukan nya ya. Antara Tokyo Imperial Palace dan Kyoto Imperial Palace mana lebih bagus karena waktu nya terbatas jadi kayak nya harus milih salah satu. Dan di Tokyo sendiri ada bbrp zoo juga aquarium. Ada rekomendasi zoo/aquarium yang worth it buat dikunjungi?

    Thank u Mr Wong.

    Regards,
    Leni.

    Like

    1. Hi Leni, sorry baru bales sekarang. Tokyo Imperial Palace kan gak boleh masuk? Kita cuma nongkrong di halaman depannya saja. Sedangkan Kyoto Imperial saya belum pernah masuk. Demikian pula Zoo dan Aquarium not my things hehehe….lebih demen yg hura-hura spt Disneyland atau USJ.

      Cheers

      Like

  4. Permisi mau tanya..

    Rencana saya mau ke jepang, tapi masih bingung kira2 enaknya bulan apa y ?

    Kalo desember tahun baruan disana gmn ?
    Kalo di tokyo kira2 hostel yg murah dmn dan brpa ? Lokasinya ga jauh2 juga dari bandara dan kira2 pake transport apa ?

    Like

  5. Nama saya Jenni, sy rencana ke jepang lebaran ini jumlah kami 7 (incl 3 anak-15,13&10- ditambah 2ortu), dengan rute KL-Hkg-Narita pp. Jadwal kami tiba narita jam 8 pagi, dan mengingat check in hotel jam 3, sy ingin minta pendapat Pak Wong, bila sy lgsg melanjutkan perjalanan ke osaka dg shinkansen kira2 akan sgt melelahkan ga pak? Mohon pencerhannya Pak krn ini baru pertama kali jalan ke Jepang. Terimakasih.

    Like

    1. Hi Jenni,
      Check in hotel jam 3 itu maksudnya cek in di Osaka atau di Tokyo?
      Trus flightnya stop over dan nginap dulu di HKG atau langsung ke Narita?
      It is all depend on those to determine whether it is a good idea to continue to Osaka

      Cheers
      Wong

      Like

  6. Hai mas wong,
    Saya sudah beli tiketvke jepang by gatuda dgn route jkt osaka haneda jkt utk tgl 10-17 mar 2016, bersama suami n 2anak (13 n 11 th), kami baru pertamakali ke jepang, tlg buatkan ittenerary dan tempat mana saja yg wajib dikunjungi?, oya apakah tanggal tersebut sakura sdh mekar?, bagus gak siy tanggal2 tersebut view di jepangnya?, berapa uang yg harus kita siapkan perorang?, thanks jawabannya mas wong..,gbu

    Like

    1. hi…thanks udah mampir.
      Wah kalo itinerary saya gak berani buatin, tiap orang seleranya beda2. Coba ajah liat comment di blog ini, byk yg punya itinerary bagus2.
      Sakura mekar, sekarang ini, biasanya cuma last 2-3 weeks.
      Uang juga tergantung, belanjanya orang beda2 juga, kalo modesty yah per orang diluar hotel ama transport sih murah.., makan harganya hampir sama kok ama di Jakarta. Hotel juga mirip2. Transport shinkansen ajah yg mahal…lainnya murah, per trip 20rb perak.

      Cheers
      Wong

      Like

  7. Pak Hartawan,
    Mau tanya lagi…apakah tau lokasi The Grand Pacific Le Daiba Hotel? menurut website.. right next to Daiba Monorail Station. Apakah lokasinya strategis dan convenient?

    trims,
    herman

    Like

    1. Tahun 2014 Saya sempat stay di sana selama 4 hari, Hotel tersebut recomend utk stay di tokyo, dekat mall dan station kereta, mereka ada bus connection ke disneyland dan disney sea free buat tamu hotel, tapi harus booked minimal sehari sebelumnya, dan juga ada bus airport baik ke haneda dan narita dr hotel ini.

      Like

  8. Pak Hartawan,
    Sy punya rencana rute sbb: Jakarta – Tokyo – Shirakawa – Kyoto – Hiroshima – Osaka – Jakarta.
    Trip untuk 15 malam, dari 24 Jun – 10 Jul 2015. Datang dari Narita – Tokyo, pulang dari Kansai – Osaka.

    Yg mau ditanya:
    1. Apakah rute tersebut ideal?
    2. Sebaiknya saya menginap dimana saja, dan berapa malam masing2 ?
    3. Saya ingin menginap di Ryokan – Shirakawa, apakah worth it menginap jg di Takayama?
    4. Untuk ke Alpine Route, idealnya dari mana dan naik apa?
    5. Jika ingin mengirit biaya hotel dg trip bus malam, rute dari mana – ke mana yg tepat?

    Terima kasih.
    herman

    Like

  9. halo mr. wong… kalau jalan-jalan ke jepang menikmati destinasi wisata jepang selama 7 hari disana, total budget berapa ya dari pesawat PP, penginapan, makan 7 hari, transport bis dan semua serba hemat.. cukup gak bawa uang 15 juta ? kebetulan sdikit saya bisa berbahasa jepang,,, chotto sukoshi desu,… hehehehe

    Like

    1. Hi Mr Brown

      Cukup sih 15 juta, yg mahal paling hotel, tapi byk pilihan budget hotel kok, mulai dari 350rb juga ada. Selama hotel sudah kamu book sebelum berangkat, kalau cuma buat makan sih murah, paling 50rb per makan. Yg mahal juga transport antar kota, bisa kamu cek di hyperdia.com
      Jadi semua sudah di plan dg baik.

      WOng

      Like

  10. Hi Mr.wong…. Saya berencana akan ke japan.. Bagaimana caranya dari osaka ke tokyo, kl mau naik Train dari hotel mana di osaka terdekat dg train station utk ke tokyo? Dan di tokyo daerah mana yg terdekat dg train station nya? Krn saya berencana plg ke jkt dari osaka lagi.
    Bagaimana menuju disneyland nya ya? Saya dgr kl taxi nya mahal banget.. Solusi dg train gmn ya ? Ty info nya

    Like

    1. Kalau mau enak pilih hotel di keio plaza hotel shinjuku, hotel ini sangat dekat shinjuku station buat lanjut ke osaka, dan juga bus station kalau mau ke gunung fuji, hotel ini ada bus shuttle ke disneyland dan disneysea free tapi mesti booked 1 hari sebelumnya dan juga melayani bus airport shuttle ke haneda dan narita.

      Like

      1. Hi Bayu, thanks for the info, kalau saya sih kurang recommend, soalnya itu hotel turist, jadi kalo pada datang, minta ampun deh kayak pasar! Mau naik lift ajah susah nunggunya, mau buffet breakfast antri panjang. Emank lokasi oke banget,dilewatin airport bus limousine. Tapi pilihan terserah pemirsa.

        Cheers
        Wong

        Like

  11. Comment saja.
    Mantap sekali Wong ini, walaupun gak bisa bahasa Jepang namun kalau saya bisa bilang the real adventure.
    Saya dulu pernah 3 tahun di sana ( Program magang )dan hampir seluruh kota sudah saya jelajahi.
    Lokasi saya Magang di Kyoto pref, tidak usah di tanya kalau Kyoto memang kota yang sangat menarik.
    Jangan khawatir bagi traveller yang akan kesana, pasti disambut dengan ramah.
    Asal kan jangan masuk tempat2 yang dangerous saja…hehehehe…

    Like

    1. Hi Bro Ahmad

      Thanks buat commentnya, wah 3 tahun disana, pasti Jepangnya dah lancar banget!!
      Boleh donk bagi info, tips dan trick, buat jalan2 di Kyoto, maybe tempat2 yang sedikit dangerous tapi menarik hahahaha??

      Thanks again!
      Wong

      Like

      1. Mr.. Wong… seneng bgt baca blog ini.. saya tgl 26 mau ke jepang sampai tgl 5 naaaah booking hotel dah pada full.. saya dapat di shibuya kabukicho cukup oke kah?? Krn saya sih mau enjoy aja.. d tokyo.. paling pingin ke tokyo tower.. sky free disneyland.. harajuku.. ketempat patung hachiko.. dan nanti liat ngga tau dpt yg mana aja… info lagi dong…. thank U..

        Like

      2. Hi…thanks juga dah mampir!

        Wah Dec udah penuh ya? Jangan lupa bawa baju dingin, suhu 4 derajat dan angin lagi kenceng. Terutama Disney yg lokasinya agak minggir..brrr..dingin pisan!
        Lokasi hotel kamu sih oke koq, deket kemana2, apalagi kalo demen Night Life hehehhe. Kalau buat bawa keluarga si kurang cocok di lokasi itu, karena emang pusatnya nite life, byk bar, pub, karaoke, sex store. Tapi relatif aman enggak kayak red light district di kota lain, yg penting kalo ada yg nawarin ke kamu ini itu, tinggal bilang…arrigato kekko des (no thanks!) sopan ajeh. Tapi jangan photo2 yg pake kimono (geisha) ya, soalnya biasanya dibelakangnya ada Yakuza nya!

        Buat tempat2 yg mau dikunjungin udah pas kok, kalau mau ditambah ya Meiji Jinggu deket banget dari situ.

        Cheers – WOng

        Like

      1. Hi Wong,

        Saya Tiara btw, your blog is awesome! Insightful for wanna-be & first time traveller. Iri hati dgn kesempatan jalan-jalannya hehe…Mine was still lil bit like rants πŸ˜€ Bahasa Jepang hanya sedikiiiit, still all greek to me πŸ˜€

        Anyhow, kebetulan saya juga bekerja mengelola website anibee.tv (kalau sempat, visit yah..) sehari-hari & actually i’m thinking to contact you via email. Apakah email yg tertera pd blog masih valid?

        Sukses terus & Jangan berhenti berbagi cerita jalan-jalannya yaa..:D

        Like

      2. Hi Tiara, thanks a lot for the compliments hehehe.. I’ve just checked out your anibee.tv wow it is awesomely great! Boleh juga nih diskusi lebih byk, I am a bit curious, why dot tv instead of dot com? Please do not hesitate to contact me at hartawanwong@gmail.com

        Sukses juga ya….nice update on your blog too!

        Wong

        Liked by 1 person

  12. Hallo mas wong,

    Saya dita,
    Kebetulan ayah saya mau ke jepang, kira2 mas wong punya info/rekomen hostel/hotel murah dekat kedubes RI di Tokyo ga ya?

    Terima kasih sebelumnya πŸ™‚

    Like

  13. haloo
    saya vio~

    sya blm ada rencana ke jepang sih, cuma mau nanya beberapa hal~

    saya juga sbnrnya gak suka kalo ke jepang pake tour, soalnya tujuan nya pasti udh dirancang (ceritanya pengen jalan2 sesuai kemauan sndiri).
    tapi yang bikin aku mikir 2 kali itu bahasanya..
    kira2 kalo ke jepang dan gak tau bahasa nya “sama sekali” itu bisa survive gak ya kira2?

    makasih sebelumnya~

    Like

    1. hi Vio

      hehehe kalo travelnya rame2 gak usah takut deh, saya dah ke Jepang beberapa kali, dan bisa bhs jepang ya cuma sumimasen, konichiwa, dan angka 1-10, dan greeting yg basic2. So far survive ajah kok..neh masih bisa ngetik comment ini hehehe.
      Kalo masi khawatir bisa donlot google translator , beres…

      Cheers
      Wong

      Like

  14. mas wong, udah pernah nyobain onsen di jepang? ada tempat onsen yg recommend ga untuk dikunjungi? yg gak mahal, indah dan mudah untuk dijangkau..

    Like

  15. Sore om wong… saya ada rencana mau ke Jepang, dan mau ambil planning pakai willerbus yang overnight (hemat biaya) rute tokyo – kyoto.
    Saya mau tanya.. willer bus itu bisa dibeli langsung di willer station atau harus booking dulu sebelumnya? Thanks before om. Nice blog btw. 凄い!(*οΎŸΠ”οΎŸθ‰Έ)

    Like

  16. Hii Om Wong..

    Tahun depan bulan maret ak mau k jepang. Rencana rute: tokyo-nagoya-kyoto-osaka dalam 9 hari.. Bisa ga ya dlm wkt sgitu? Hehe truss.. Rutenya lebih baik dari mana kemana?

    Tiket ud dibeli dari jakarta-tokyo, pulang: osaka-jakarta

    Ada itinerary ga? Kirim email donk heheee.. Sama aku juga mau coba nginep di hotel kapsul, ud pernah ngrasain ga om?? Dibales ya om..

    Makasih

    Like

    1. hi..Erde
      9 harii sih oke koq buat ke tempat2 itu, enggak kebanyakkan dan enggak kurang..hehehehe.
      Rutenya ya gak masalah mau dari Tokyo startnya atau Osaka, kalau bisa gak usah bolak balik, jadi kamu dah bener tuh beli tiketnya..hehehe
      Itinerary coba deh donlot disini , byk juga yg comment menyertakan itinerarynya , jadi bisa dicontek tuh heheh

      https://jalansendirijepang.wordpress.com/2012/11/27/beli-ticket-train-part-3/

      https://jalansendirijepang.wordpress.com/2012/06/27/osaka-kyoto-hakone-tokyo/

      Hotel kapsul? wah enggak deh, kalo ada Closetrophobia (takut tempat sempit), mending coba Love Hotel ajah, katanya aneh2 bentuknya hahahaha

      Okido..

      Wong

      Like

  17. Kak wong. Wan mau jln2 ke jepang selama 13hri tpi pswt dr jkt-osaka-jkt. Menurut kak wong jalan kemana saja yg hrs di kunjungi ? Thx alot ya

    Like

  18. hy..
    saya nindy.. saya pengen jaln2 ke jepang lihat musim gugur… tempat pling bagus kira2 yang banyak pohon warna warninya dmna yah? sebelumnya trimakasih..

    Like

    1. Hi Nindy, wah dimana2 sih bagus tuh buat saya, di Jepang meski di kota byk pohon dan taman, dan warna warni kalau dimusim semi, kalau musim gugur ya ranting2nya yg cantik. Waktu ke arashiyama dan putar2 di Kyoto bagus banget, dan kalau kamu jalan2 di pinggiran kota ya bagus…

      Cheers
      Wong

      Like

  19. Halo, mas Wong
    Nama saya Dila..
    tadi saya baca blog mas ttg jalan-jalan ke jepang
    kebetulan saya berencana ke jepang tahun dpn.

    kira-kira berapa ya budget yang perlu disiapkan untuk kesana?
    ada rekomendasi g, kota-kota apa aja yg wajib dikunjungi sama objek wisatanya?
    selain visa apa ya yang mesti di urus sebelum ke jepang?
    ada gak hal-hal yang mesti kita perhatiin supaya tetep murah jalan-jalannya?

    maaf pertanyaannya banyak.

    Mohon Bantuannya,

    Dila

    Like

      1. gan bagi informasi ke jepang habis brapa budgetnya dong
        terus untuk transportasi dalam tokyo lebih baik pakai subway atau kereta biasa? apakah ada kaya semacam ezlink gitu?
        tempat wisata yang murah meriah atau gratis kemana aja?
        maaf banyak tanya
        makasih ya gan

        Like

  20. Hi Mr Wong, tanggal 23 Nov – 8 Des 2013 saya ada training di Jepang. Umumnya di Tokyo walaupun pindah2 ke beberapa bagian kota seperti : Shinagawa, Yamato, Kitaguchi.
    Yang saya mau tanyakan :
    – Tips & triks beli kamera di Akihabara/Ginza
    – Makananan halal di Tokyo. Mohon info resto makanan halal ataupun seafood restaurant
    – Wisata selain ke Disneysea, kemana lagi ya. Free timenya hanya weekend. Pulang training malam masih bisa jalan sih, namun kurang tau daerah mana yang menarik di malam hari
    – Tempat beli oleh2 untuk dibawa ke Indonesia, namun masih affordable price

    Terima kasih sebelumya
    Laghi-

    Like

    1. hi Laghi, thanks udah mampir ke blog saya

      Wah enak bener training ke Jepang dibayarin kantor donk.
      Tips dan trik beli kamera?? hmm sebenernya gak perlu trik sih soalnya harganya harga pas, gak bisa ditawar juga. Disekitar situ byk bar dg cewek2 pake baju pelayan yg nawarin bir, nah itu baru perlu pake tips dan trik, supaya enggak diseret masuk dan akhirnya byr mahal..hahahaha

      Makanan di Jepang sih kebanyakkan ikan, dan sapi, jadi enggak usah terlalu khawatir soal Halal.

      kalo waktunya mepet mending gak usah ke Disney, cukup ke Meiji Jinggu, Shibuya, Shinjuku, Kabuki cho.

      Tempat beli oleh2, ya di DAISO lah yg murmer, tapi disini juga byk sih, dan barangnya sama..hahaha..

      Cheerss

      Wong

      Like

  21. hai
    saya mesha
    yg saya mau tanyakan untuk dalam negrinya sendiri hal pertama yg harus diurus untuk persyaratan kejepang gmn??
    dan yg saya dengar harus ngurus ini itu,mohon penjelasannya
    makasih

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s