Beli Ticket Train part 2


Sambungan dari Part1, Beli Ticket Train di Jepang

Hi baru-baru ini ada yang email ke saya nanya lebih lanjut tentang naik Train di Jepang, pertanyaan bagus sekali dan rasanya perlu saya share…

Sebut saja Lilo ya…

Hai… Saya Lilo
Saya sudah membaca jalan sendiri ke Jepang yang Anda tulis.
Infonya sangat membantu sekali… Thank you…
Kalo boleh, ada yang mau saya tanyakan….
Saat kita membeli tiket JR misalnya dari shinjuku ke shibuya seperti di foto itu, angka mana yang menunjukkan platform nya? Saya masih bingung apa yang dimaksud dengan platform?
Apakah Anda mempunyai foto trainnya? Apakah di train tersebut ada nomornya?
Bagaimana mengenali train yg kita maksud?

Thank you so much…..

Best regard,
Lilo

Saat membeli tiket memang tidak ada pilihan kereta apa atau station apa yang muncul di layar, hanya muncul berapa Yen harga tiket yg mau dibeli, 100Y, 200Y, dst.

Jadi sistemnya seperti recharge card, atau seperti pulsa telephone, kita beli 100Y misalnya, kemudian untuk tujuan Shinjuku ke Shibuya, yg hanya 130Y maka ketika di pintu keluar akan ditolak tiketnya, pintu tidak terbuka, karena kurang 20Y. Nah disamping pintu biasanya ada mesin utk top up, atau menambah saldo. Lihat photo tiket Train.

Untuk platform, memang kita harus tahu platform mana kereta yg menuju tujuan, Misal dari Shinjuke ke Shibuya, kita perlu tahu bahwa nama jalur kereta yg melewati SHIBUYA adalah Yamanote Line, meski di station ada peta yg menunjukkan line apa di platform mana tapi agak ribet karena peta seringkali dlm bahasa Jepang. Sebaiknya riset dulu di www.hyperdia.com platform apa saja tujuan kita, dan apa nama line nya.

Setelah di platform, tidak ada nama trainnya,tapi ada petunjuk jelas spt yang ada di photo 1, perhatikan “No Platform 14 YAMANOTE LINE” memang agak membingungkan, tetapi jangan khawatir ada announcement dlm bahasa Inggris, “Train on platform 8 is Yamanote Line, going to Shinjuku, Shibuya and all station to..

Ditambah lagi di dalam Train, terutama Train di kota besar spt OSAKA dan TOKYO, ada layar monitor terletak diatas pintu yg menunjukkan jalur dan kota2 yg dilalui…so santai deh..gampang kok hehehehe

Ok selamat mencoba dan kalau masih bingung email saja ya…

 

Melanjutkan ke Beli Ticket Train part 3

Advertisements

13 thoughts on “Beli Ticket Train part 2

  1. Mr Wong yg baik,

    Sy Mau ke jepang tgl 31 des , sampai di Tokyo haneda jam 11 malam, sarannya dong ( sy bersama suami Dan anak umur 15, 12 Dan 6 thn )

    1. Sebaiknya nyampe di haneda jam 11 malam nginap di bandara atau cari hotel ok Tokyo? Takutnya nggak Ada kendaraan lagi jam segitu

    2. Apalagi cuaca dingin banget ? Bersaljukah ?

    3.bisa bikinin nggak etenery 4 hari ke Tokyo Dan cuaca dingin itu ?

    This yaa

    Lusiana

    Like

    1. hi Lusiana

      Thanks udah mampir di blog saya. Wah jadinya ber lima ya berangkatnya ? Tapi udah gede2 koq anaknya, seharusnya gak gitu ribet.
      1. Kalau sampai jam 11 memang alternativenya nginep di Bandara, nginep di hotel yg dekat bandara, dan kalau masih keburu naik train (terakhir jam 12 malem). Memang repot sedangkan naik taxi terlalu mahal.

      2. Cuaca pasti dingin, sekitar 5 derajat, tapi seharusnya sih enggak bersalju, kecuali kamu ke Sapporo.
      3. wah kalau Itinerary, preferensi orang kan beda2 ya, saya gak berani buatin, coba deh liat2 itinerary yg ada di blog ini byk yg posting bagus2, atau download yg pernah saya bikin juga boleh buat referensi
      https://jalansendirijepang.com/2012/06/27/osaka-kyoto-hakone-tokyo/

      Saran saya sih kalau hanya 4 hari, terlalu pendek sih, paling tidak 7 hari. 4 hari sudah habis 2 hari di Disney, meski untuk tanggal segitu juga sulit buat main di Disney, full house gak bisa main, tiap permainan bisa antri 2-3 jam, tiket Disney nya pun harus pesan online jauh2 hari (dari sekarang).

      Cheers

      WOng

      Like

  2. pak, kami rencana ke jepang selama 9 hari., di Juli 2014. Start dari Osaka, dan pulang dari Tokyo. Kami keluarga 8 orang (4 dewasa, 4 anak). Apakah rute Osaka-Kyoto-Nagoya-Tokyo cukup ideal ? Karena dgn anak-anak, kami biasanya pergi secara santai, otomatis tidak terlalu banyak obyek bisa kami nikmati. Baru Universal Studios (Osaka), dan Disney-Tokyo yang masuk dalam itenary kami. kebetulans kami juga senang fotografi. Ada rekomendasi rute atau spot yg wajib dikunjungi ? thks, edwin

    Like

  3. Pak Hartawan yb,Saya rencana ke Jepang ber2 dengan suami berangkat sendiri
    pergi Tgl.30/8/13 tiba di Haneda malam hari apa baiknya menginap disekitar hotel dan saran hotel?bagaimana dg transportasinya?
    Tgl.31/8/13 s/d tgl.3/9/13 kami rencana bertemu teman orang jepang yg tinggal di Kawaguchi,kami akan tinggal dekat tempat tinggalnya,tapi kami menginap di hotel,mohon saran hotel yg baik n bintang 3 begitu n ada kamar mandi dikamar
    Tgl.3/9/13 s/d tgl.5/9/13 kami mau berangkat ke Kyoto,baiknya naik kereta malam/bus sehingga kami tiba di Kyoto pagi hari bisa langsung ke hotel dan 2 hari itu kami bisa keliling kyoto yg santai,tempat apa yg menarik?mohon saran hotel n transportasinya.
    Tgl.5/9/13 s/d tgl.7/9/13 kami mau menuju Osaka baiknya naik apa dan hotel yg baik?setelah itu kami akan kembali ke Jakarta naik pesawat yg berangkat jam 23.35 lewat Kansai Airport,Osaka
    Mohon saran dan bantuan Bapak,terima kasih

    Like

    1. Pak Hartawan yb,Saya rencana ke Jepang ber2 dengan suami berangkat sendiri
      pergi Tgl.30/8/13 tiba di Haneda malam hari apa baiknya menginap disekitar hotel dan saran hotel?bagaimana dg transportasinya?

      Hi Lenny, menurut saya sih lebih baik menginap di HOTEL daripada menginap SEKITAR HOTEL!!! hahahaha..ntar enggak jelas tuh nginepnya, bisa2 di 7 Eleven hehehehe..
      Terus terang saya tidak punya banyak rekomendasi hotel selain yg sudah saya sebut di artikel https://jalansendirijepang.wordpress.com/2012/05/07/hotel-di-jepang/

      Jadi maaf kalau saya tidak bisa memberikan byk rekomendasi selain di tempat2 yg memang saya sudah pernah nginap, dan soal hotel dgn kamar mandi di dalam rasanya Lenny enggak usah terlalu khawatir sih, jaman sekarang justru susah cari hotel berbintang yg kamar mandinya masih diluar!!

      Utk transportasi ke Kyoto, agar hemat ya bisa naik bus, coba ke artikel ini untuk link nya https://jalansendirijepang.wordpress.com/2012/09/22/jalan-murah-jepang-part-1/

      Semoga membantu…- WOng

      Like

      1. Maksudnya disekitar bandara…wah agak melencong ya tulisan saya…terima kasih atas responsnya saya akan lihat dan pelajari pengalaman yg ditulis pak Wong yg bisa bantu inspirasi perjalanan saya nanti.

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s