Mungkin pernah dengar istilah standing bar, atau standing sushi, atau standing noodle shop?

Di Jepang memang banyak hal yang unik, salah satunya ya standing bar!  Jepang memang terlihat sibuk, segalanya seperti selalu bergerak cepat, orang-orang berjalan dengan cepat (apalagi kalau di station). Karena kesibukkan tersebut sampai mereka menciptakan standing bar, yang sebenarnya tidak berbeda dengan restorant biasa, bedanya disitu tidak disediakan tempat duduk!

Jadi untuk makan kamu harus berdiri! Dan cara memesan makanannya pun cukup unik!  Diluar resto biasanya disediakan semacam vending machine, jadi seperti neon box, bergambar makanan dengan harganya tertulis disetiap gambar tersebut. Kamu tinggal pilih makananya, pencet tombol, kemudian masukkan uang kedalam alat tersebut.  Ticket yg berbentuk spt tiket train akan keluar dari mesin dan kamu tinggal bawa ke pelayan.   Nah setelah itu…agak repot nih, biasanya dia akan menanyakan apakah kamu mau “udon (mie besar)” atau “soba (mie hijau)” atau “ramen (mie kecil/tipis)”??

Dan terkadang dia juga menanyakan apakah kamu mau sup nya panas atau dingin? Ada baiknya belajar sedikit bahasa jepang untuk panas atau dingin ….

Tips: kenapa kita pilih standing bar? Tentu saja karena biasanya makanannya cukup murah! Sedangkan rasanya tidak kalah, ditambah lagi minum seperti ocha panas/dingin disediakan gratis. Standing Bar biasanya menjual noodle, udon, ramen dan soba!

Advertisements