Hotel di Jepang


Nginep di kota mana ya?

Ada teman yg mau berkunjung ke jepang, rencananya enggak pake tour! (iya donk harus berani jalan sendiri!).

Terus dia tanya, nginepnya dimana ya?

Menurut saya sih supaya perjalanan kamu lancar dan enggak ribet:

1. Cari hotel yg dekat dengan train station (2-5 menit walk), biasanya kalau kamu search hotel di web ditulis berapa jaraknya dari train station, coba deh ke  www.agoda.com atau www.hotels.com

2. Di jepang kebanyakkan hotel rate dihitung berdasarkan jumlah orang yg menginap, bukan jumlah kamar! Jadi kalau 3 orang ya ditulis 3 orang, jangan cuman 2 orang.

3. Nah ini yg penting, kalau mau nginep carilah didekat station yg dilewati oleh YAMANOTE Line  http://www.japan-guide.com/e/e2370.html, penting karena hanya jalur tersebut yang menghubungi kota2 yg jadi tujuan kamu spt HARAJUKU, SHIBUYA, SHINJUKU, dan lain sebagainya.

Sekedar sharing pengalaman menginap disana, waktu itu saya menginap di beberapa hotel antara lain:

Waktu kunjungan pertama saya pakai Tour, jadi hotelnya sudah ditentukan:

OSAKA

Nikko Hotel, Shinsaibashi, lokasinya enak karena tinggal jalan kaki ke pusat pertokoan terkenal Shinsaibashi, dan ranjangnya ada 2, masing2 twinbed. Hotelnya mewah dan bersih, lokasi dekat dengan metro(tram).

http://nikko-osaka.hotel-rn.com/?lbl=ggl

TOKYO

Hilton Hotel, KabukiCho, lokasinya juga sangat convenient sekali, karena dekat dengan Kabuki Cho yg merupakan pusat hiburan di Tokyo. Hotelnya bagus,nyaman dan mewah.http://www3.hilton.com/en/hotels/tokyo/hilton-tokyo-hotel-TYOHITW/index.html

Kekurangannya mungkin ke-2 tempat tersebut relatif mahal.

Pada kunjungan kedua saya jalan sendiri, hotelnya tentunya lebih murah:

OSAKA

Hearton Hotel, Umeda, hotelnya dekat sekali dengan station, jalan kaki kurang lebih 5 menit, dan dekat dengan restorant2 yang relatif terjangkau dan lezat sekali. Memang kamarnya kecil, tapi bersih dan fasilitasnnya bagus. Dan perhatikan exitnya di pintu yang mana, maklum station di OSAKA besar banget, nyari pintu keluar butuh sedikit ketrampilan hahaha

http://www.heartonhotel.com/hotel.aspx?id=16

 

TOKYO

Century Southern Hotel, Shinjuku, ini juga sangat convenient , jaraknya 5 menit dari Shinjuku Station, berhadapan dg Takashimaya Dept Store dan YOYOGI Park. Hotel ini cukup mewah dan pemandangan dari kamar hotel , SUPERB!! bagus sekali kalau siang kamu bisa lihat station Shinjuku dan hijaunya Yoyogi Park dan saat malam lihat jutaan lampu-lampu kota Shinjuku…speechless deh. http://en.southerntower.co.jp/

Oke deh selamat berlibur!

Advertisements

54 thoughts on “Hotel di Jepang

  1. Hai Mr wong,
    Senang sekali membaca blog ini, saya jadi ada gambaran untuk ke jepang bulan april tgm 13 pagi tiba haneda-18 siang kembali haneda, bersama istri saya
    saya berencana utk tgl 13 menghabiskan di disney sea, tgl 14 city tour tokyo, yg mau saya tanyakan lebih baik menginap dimana dikarenakan kami lebih banyak menghabiskan waktu diluar sedangkan tgl 14 paginya sy berencana sudah bergeser ke hakone, (tenttunya kami siapkan JR pass)
    untuk tgl 15 paginy saya berencana ke hakone, gotemba (karna istri ingin sekali kesini), kawaguchi,, keinginan saya di tgl ini sy ingin naik gondola, cable car, kemudian berbelanja di gotemba, berendam di onsen dan ,melihat sakura ( pertanyaan saya apabila menginap di ryokan, kira-kira dimana tempatnya yg budgetnya standar dan mudah transportasinya karena esok harinya kami akan ke kyoto, kmudian apa perlu saya beli fuji-hakone pass??)
    tgl 16 pagi saya bergeser dari hakone menuju shizouka untuk naik hikari (JR pass) menuju kyoto, disini sy akan beli kyoto one day pass dan koper sy titipkan di stasiun,, pertanyaannya lebih baik saya menginap di kyoto/osaka diakrenakan esok pagi-pagi sy ingin menuju osaka
    tgl 17 saya ingin menikmati universal, dan malam harinya sekitar 00.30 saya naik sleep train menuju yokohama dan dilanjutkan kodama serta Jr rail menuju haneda.
    tgl 18 skitr 08.00 tiba di haneda

    seian rencana saya MR wong, yg saya masih membingungkan adalah penginapan di tokyo, ryokan di hakone dan penginapan di osaka/kyoto.. sekiranya dapat memberikan solusi dan masukan kepada saya, diucapkan banyak-banyak terimakasih

    Like

    1. hi Luthfi

      SOal nginep dimana, menurut saya sih karena cuma semalem di Disney, mending di Tokyo saja, misal Shinjuku. Ryokan umumnya emang lebih mahal dan ada banyak pilihan di Kawaguchi dan Hakone, saya sendiri ga punya rekomendasi yg harganya bersahabat, sorry ya..
      Fuji Hakone pass is recommended kalau kamu mau naik cable car dsb.
      tgl 16, gak masalah mau nginep di Kyoto atau Osaka, hanya pilihan hotel memang lebih banyak di Osaka. Osaka Kyoto dekat kok 30 menit train sampai.

      Soal penginapaan, coba deh liat itinerary temen2 disini, harga fluktuatif sih, jadi enggak bisa dijadikan patokan.

      WOng

      Like

  2. Hallo Mr Wong, salam kenal..
    Saya berencana ke Jepang akhir Desember ini.
    2 malam di Tokyo ( nginep di airbnb A), dan 2 malam lagi di Osaka (airbnb B ) terus balik lagi ke Tokyo 2 malam (airbnb C, beda dengan yg A karena yang airbnb A sebelumnya sudah penuh).
    Saya minta ijin ke airbnb A tsb untuk titip koper selama kami ke osaka tapi tidak dikabulkan karena dia tidak tinggal disitu dan sesudah saya, airbnb nya penuh terus jadi ga bisa titip koper.

    Manurut Mr Wong, sebaiknya bagaimana ya masalah koper ini? Saya malas angkut2 koper kesana kemari.
    Tadinya pikir mau nginap di hotel saja tapi sulit juga cari kamar hotel yang bisa diisi kami bertiga (saya dan suami dan anak kami yang remaja). Apakah jika kami pesan masukkan 2 orang, bisa diisi 3 orang (kan yang satu anak2, remaja 15 tahun).

    Setelah saya pesan airbnb, saya baru ngeh bahwa kita tidak bisa titip2 koper, beda dengan di hotel.
    Bagaimana saran Mr Wong?
    Saat ini yang sudah saya bayar adalah airbnb A dan B. yang C belum saya bayar.
    Masih bingung antara hotel atau tetap airbnb, tetapi jika pun 2 hari terakhir pilih hotel, apakah boleh kami nititp koper 2 hari sebelum checkin?

    Mohon advisnya ya Pak.. Terima kasih banyak.

    Like

    1. hi Sinta

      Thanks udah mampir, hi Sinta sebenernya beberapa hotel bisa diisi ber3, opsi biasanya ranjang 2 queen bed atau 2 queen plus 1 single. Kalau kamu pesan lewat hotel.com kamu bisa isi di web tersebut, bahwa kamu travelling ber 3 dan masukkan umur anak. Biasanya tetap ada hotel yg muncul dalam list. Tinggal kamu perhatikan saja ukuran ranjangnya. Hotel biasanya tetap gak mau dititipkan, kecuali memang kamu sebelumnya menginap disitu dan kembali lagi ke situ. Opsi nya adalah titip koper di station (cari station bus, biasa jauh lebih murah drpd train station), atau kirim koper lewat jasa pengiriman.

      Lastly, kalau saya biasa bawa koper kecil2 dibagi jadi 3 koper, dan urusan belanja ditaro dibagian akhir perjalanan. Sekalian beli koper.

      Salam

      Wong

      Like

  3. halo pak wong
    mau tanya donk
    kalau hotel2 di jepang ada yang 1 orang 1 kamar
    nah kalo kita diem2 masukin 2 orang bakal kena omel ga ya tuh ? ato bakal harus nambah apa gmana ?

    Like

    1. Hi Sugi

      Hotel 1 kamar untuk 1 orang ada donk. Biasanya yg judulnya “INN” misal DORMTY INN
      Saran saya sih jangan masukkin orang lagi, di Jepang itu kejujuran sangat dihargai. Baiknya ya kita juga respect lah. Kalau mau pesen hotel coba pakai hotel.com atau booking.com biasanya bisa masukkin jumlah orang secara akurat.

      Wong

      Like

  4. Dear Mr. Wong,

    Saya rencana mau ke Jepang bulan Desember thn ini. Mau tanya kalau sy mau ke takayama lbh baik menginap daerah mana yg relatif murah? Dan juga kalau mau ke gotemba sebaiknya menginap di daerah mana yg murah?

    Terima kasih

    Like

    1. hi Erika

      Wah kalau pertanyaan ini saya bingung jawabnya, kalo ke Jpn sy ke hotelnya itu2 aja sih, dan kadang promo hotelnya belum tentu bertepatan dg tanggal keberangkatan kamu. Belakangan ini malahan saya suka pakai AirBnB karena jalan berkeluarga agak sulit mencari kamar yang bisa diisi orang 4.
      Yang penting cari hotel yang walking distance dg station, then you should be okay.

      Cheers
      Wong

      Like

  5. hi Mr wong

    Blog nya sangat membantu neh,
    Untuk penginapan apakah ada yang pernah mencoba Airbnb sewa apartment di daerah osaka dan tokyo?
    and untuk di tokyo lebih baik cari tempat tinggal di shinjuku atau shibuya ( saya ada 2 anak umur 6 th dan 8 th) and osaka di shinsaibashi ya?

    thx

    Like

    1. Hi Cla

      Saya sih belum, tapi para pembaca sih udah sering pake AirBNB, good choice juga kok, asal kamu nanya yg detil dan baca rekomendasi org lain.
      Tokyo shinjuku or shibuya good choice, hanya shibuya biasanya lbh mahal.

      Wong

      Like

  6. misi mas numpang tanya nih kalo buat booking hotel di jepang yang bagus websitenya apa ya kalo kaya agoda gitu2 terjamin ga ya ,saya rencananya mau cari di daerah osaka ,many thanks ,btw informasinya sangat bermanfaat 😀

    Like

  7. Saya dan keluarga juga penganut jalan2 sendiri tanpa pakai travel, kamisangat terbantu dengan adanya blog ini, terimakasih Pak Wong. Kami sekeluarga ber5 +kedua ortu rencana jalan2 ke jepang liburan lebaran 2015, yg ingin sy tanyakan utk penginapan daerah asakusha, apakah rekomended, akses subway susah ga, cari makan daerah sana gimana? Krn stlh sy amati hotel daerah shinjuku lbh mahal dr daerah asakusha. Terimakasih

    Like

    1. Hi again Jenni

      Sorry agak lama nih balesnya, asakusa kalau soal makanan sih banyak, tapi kalo soal transport rada ribet. Sebaiknya cari yang dekat dengan jalur Yamanote Line, Shinjuku, Shibuya, Ueno, dsb.

      Cheers
      Wong

      Like

  8. pak wong, saya rencana ke jepang bsama suami dan 2 anak saya selama 9 malam, rencana mau ttp stay di tokyo biar ga ribet bawa koper dan cek in pindah hotel, jadi k osaka dan kyoto rencana PP. jadi kami mesti pesen JR Pass 7hari ya, trs sambung dengan suica, nah untuk dari dan ke Narita harus pake NEX itu brp kira2 harga per orangnya ya pak? sayang sekali tidak bisa pake JR Pass yg sudah mahal itu. memang sgt tdk rekomend y pak dari narita k city centre pake JR line?
    oya tiket disneylan pp brp ya pak? anak apa dihitung full? anak saya 8 dan 2,5th

    ika

    Like

    1. hi Ika

      Thanks udah mampir, kalau soal koper ada 2 solusi
      1. Bawa koper besar dan kecil, titip yg besar di hotel Tokyo (kamu balik lagi kesitu anyway). Bawa yg kecil dg pakaian cukup 2 hari. Saya gak recommend utk pulang hari dari Tokyo Osaka, selain buang waktu, kasihan anak kecil kecapekkan.

      2. Kalau berat berpisah ama koper kamu, bisa minta hotel utk kirim ke hotel di osaka, mereka udah biasa soal begini, gak mahal juga kok.

      Jrline dan NEx ada tiket paketannya, jadi sedikit lebih murah. Kalo pake train biasa, gak recommeend, karena bawa anak kecil dan koper.

      Tiket disney, info lengkap di https://reserve.tokyodisneyresort.jp/en/help/tickets_01#price-list

      Cheers
      Wong

      Like

  9. halo pak wong, untuk hotel di jepang ada biasanya memang ada maksimal sekian bulan utk reservasi?
    krn sy coba booking bbrp hotel hasil rekomen teman yg thn lalu kesana, utk liburan november 2015 ini, tp banyak yg tidak available. biasanya berapa bulan sblmnya booking hotel agar dapat harga bagus? terima kasih.

    Like

      1. udah coba ke beberapa pak, seperti booking.com , agoda, expedia, hotel.com
        emang ada sih yg udah bisa,cuma kok rata2 reviewnya agak kurang bagus,
        beberapa hotel yg jadi inceran saya krn review temen bagus malah ga ada, atau emang belom available utk di-booking ya krn terlalu jauh?

        Like

  10. Selamat malam mr Wong,blog ini bener2 sangat membantu kami2 yg mau traveling ke negara Jepang terutama bagi mereka yg baru pertama kali berencana liburan kejepang mohon info dong hotel murah di Tokyo yg deket Hilton kira2 kisaran brp?dan untuk makanannya paling murah kisaran brp?Supaya kita bisa persiapkan keuangannya apalg ini kan jauh berada di negara orang terimakasih sebelumnya salam

    Like

    1. Hi met malam juga

      Hotel skrg harganya naik turun, tergantung musim dan occupancynya, saya sendiri kurang tahu ttg hal ini, baiknya coba ajah di agoda atau booking.com Kan bisa search by area…dan otomatis ditunjukkin hotel2 terdekat.

      Wong

      Like

  11. Selamat siang pak Wong,

    Rencanana bulan Maret 2015 ini saya ingin pergi ke Jepang dalam rangka kewajiban dari dosen untuk pergi ke luar negeri dan bertahan hidup sendiri hehe. Saya belum pernah melakukan hal ini sebelumnya dan saya masih sangat buta dengan Jepang. Saya memilih Jepang karena kata teman saya yang sudah pernah, walaupun agak mahal tapi negara Jepang bisa dikatakan negara yang memanjakan turisnya apalagi dengan sistem transportasi yang ada. Yang ingin saya tanyakan adalah

    1. sebaiknya membeli Japan Rail Pass yang berlaku selama 1 minggu atau sebaiknya kita top up setiap kali ingin menggunakan kereta yang ada disana?
    2. Cara mencari tempat tinggal yang murah
    3. Rekomendasi tempat-tempat untuk berbelanja mainan / hobby

    Terima kasih pak, semoga sehat selalu 🙂

    Like

    1. hi Bro Anas
      Sorry saya telat balesnya nih, JR Pass enggak bisa di top up, kalau beli 7 hari ya buat 7 hari saja. Yg bisa di top up itu kalo beli SUICA atau Pasmo, semacam prepaid card. Spt di SIng dan HK.

      Hostel, coba googling JHopper dan airbnb .

      Tempat belanja? Wah saya enggak hobby shopping, jadi enggak tau juga hehehe..

      Salam
      WOng

      Like

  12. halo,

    Saya berencana ke Tokyo selama dua hari. Mendarat dan berangkat di Narita. Adakah ide saya baiknya nginep di sekitar narita atau di tokyo, ada hotel recommended? Kira-kira tempat apa saja yang perlu saya kunjungi? Saya berencana ke Naritasan temple di hari terakhir.

    Salam

    Like

    1. Hi , wah ini dia in a rush! 2 hari doanks? Wah minta Boss perpanjang deh, enggak bisa ngapa2 in itu sih. Menurut saya sih nginep di Shinjuku, jadi at least bisa merasakan denyut nadinya Tokyo…caile..bahasanya ya?? Lantas kamu wisata kuliner ajah, seputar Shinjuku, Shibuya, Tokyo (yamanote line).

      Cheers
      Wong

      Like

  13. Dear pak Wong

    Konnichi wa, watashi no namae wa Ado desu yoroshiku onegaishimasu

    Saya berniat suatu saat ingin memberi kejutan untuk istri saya yg saat ini berada diwilayah Kiinagasima Kitamuro Distrik….
    Kalau boleh minta beberapa saran :
    1. Saya harus mendarat dibandara Haneda atau kansai?
    2. Saya bisa menggunakan transportasi apa menuju distrik tersebut?
    3. Saya bisa cari referensi hostel yang wilayah tersebut diweb apa?

    Arigatou Gozaimasu

    Like

  14. Dear Wong San

    Watashi wa 12 tsuki ni Nihon ni ikimasu, 19 – 27 december 2014, saya sdh beli ticket by garuda osaka, dan kembali via Tokyo, di osaka saya dapatkan banyak hotel bagus di agoda dengan harga menggiurkan, sebaiknya pilih yang di area mana ya? Shinsabasi kah?. 2 malam di Osaka, saya lanjut ke kyoto, disnaa wisata pegunungannya bagus ya, sebaiknya saya inap di are mana ya, saya sdh punya bbrp pilihan dari agoda juga, nah terakhir saya menghabiskan waktu di tokyo sekitar 3 malam. Rencana Backpacker , sekalian aplikasikan bahasa jepangku dan mencari perguruan tinggi disana.

    Arigatoo gozaimasu

    Like

    1. hoiii …wah kayaknya Oka sih enggak perlu lagi ni belajar bahasa Jepang 🙂
      Udah lancarr….hahahaha
      Shinsaibashi recommended, itu daerah byk makanan dan aktivitas, jadi seru dan rame. Osaka kan enggak gede2 amat.
      Kyoto, dulu saya gak nginap , jadi enggak ada recomendasi daerah yg oke, saya bolak balik aja osaka-kyoto, deket koq, dan pilihan hotel byk di osaka.

      Tokyo, shinjuku oke banget, kalau memang mau cari backpakeran.

      Ok..met liburan

      Wong

      Like

  15. Hi pak Wong, salam kenal ya. Saya dan suami ada rencana mau mengajak anak-anak liburan ke Jepang June ini. Kami kebetulan pakai tour group karena ini first experience for the kids, dan i thought it would be less ‘ribet’ for us all haha. Anyway, at the end of our group tour kita ada rencana mau extend beberapa hari di Tokyo. Pertanyaan saya, apakah hotel-hotel terutama di Tokyo punya aturan ketat untuk tamu dengan 3 anak? Usia anak saya 10, 7, dan 5. Apakah saya bisa book hanya 1 kamar untuk kami semua? Harapannya sih begitu. Terima kasih. God bless.

    Like

    1. hi Amelia

      Salam kenal juga, hmm kalo soal kamar sih sebaiknya declare ajah, apalagi kamu total ber-5, rada susah tuh untuk main petak umpet hehe.
      Kalo kebetulan kamu pakai tour bisa tanya ke agentnya, kira2 hotel mana yg bisa begitu.
      Kalo lewat http://www.hotels.com bisa kamu masukkin jumlah dan umur anak yg ikutan nginep.

      Oke deh

      Wong

      Like

  16. Mas Wong,
    Salam kenal,
    Mau minta advicenya, kami rencananya mau ke Japan, sudah punya ticket VV Jkt-narita, selama 8 hari.
    Sudah bikin itinerary mulai dari Tokyo-Kawaguchi-Toyohashi-Kyoto-Osaka, back to Narita airport.
    Pertanyaan: dari Osaka langsung ke Narita, naik apa sebaiknya?
    Thanks for the advice!
    regards,
    -Lita-

    Like

  17. Dear,mas wong
    Blog anda sangat membantu sekali. 😉 Mohon masukannya, saya rencana akan bawa anak saya berumur 5 thn jln2 ke Jepang, dia sangat ingin naik kereta cepat dan melihat robot 🙂 krn dia sangat tergila-gila dengan kemajuanteknologi.

    Menurut anda, lbh baik saya bawa k mana saja ya, selain disneyland, sebagai wisata teknologi. Biaya yg hrs disiapkan brp ya untuk jln2 k jpg diluar tkt? Saat yg tepat untuk wisata ke jepang bulan brp y?

    Terima kasih atas masukan dan waktunya.

    Salam

    Like

  18. pagi pak..
    mau bertanya, saya mau ke jepang bertiga, hotel kebanyakan saya lihat di agoda max untuk 2 adults 1 kamar.
    bagaimana kalau bertiga satu kamar? apakah mungkin diizikan oleh pihak hotel nantinya?

    Like

  19. Dear,mas wong
    Blog anda sangat membantu sekali. 😉 Mohon masukannya, saya rencana akan bawa anak saya berumur 5 thn jln2 ke Jepang, dia sangat ingin naik kereta cepat dan melihat robot 🙂 krn dia sangat tergila-gila dengan kemajuanteknologi.

    Menurut anda, lbh baik saya bawa k mana saja ya, selain disneyland, sebagai wisata teknologi. Biaya yg hrs disiapkan brp ya untuk jln2 k jpg diluar tkt? Saat yg tepat untuk wisata ke jepang bulan brp y?

    Terima kasih atas masukan dan waktunya.

    Salam

    Like

  20. Dear mas,
    Saya rencana ke japan tgl 24 mei 2014 sampai dgn 2 jun 2014, dgn rencana perjalanan osaka-kyoto-tokyo, mhn dibuatkan itinerary nya dong.., and brp budget yg pas , aku jalan bsama teman 2 org lainnya tanpa tour n ini perjalanan pertama saya ke japan, thanks bantuanya.

    Anyway tulisan di blogmu sgt membantu sekali, thanks

    Like

    1. Hi Bro Zarnelis
      Wah itinerary coba deh donlot di blog saya, dan beberapa yg comment juga melampirkan itinerary mereka , barangkali ada yg cocok. Kalau sy yg bikiinin kan minat nya orang beda2 ya…:)

      Thanks udah mampir ya..

      WOng

      Like

      1. hi, Nama Saya Umey, rencananya sih desember ini keluarga saya mau ke Jepang, ber-6. Menurut saya kalo hotel itu masih aja tetep mahal, di daerah Tokyo ada penginapan ga? tapi bukan hotel, lebih kaya koskosan. makasih

        Like

  21. Hi Mr. Wong
    Sblmnya thank for sharing so great and helpfull blog!
    Saya mau minta advise mengenai hotel for Japan trip 30 Dec – 6 Jan ini.
    Travel dengan berlima dengan temen.

    Saya ada coba search di booking.com utk hotel di Japan.
    Let’s say saya book Hotel Hearton Umeda – Osaka 1 room yg tertulis for 2 persons, but in fact kita berlima stay in (tapi saat check-in berdua). Di negara sprti Malaysia dll cara ini sllu berhasil, but how if in Japan?
    And any recommended hotel in Kyoto?

    Please kindly help us, mohon suggestionnya Mr. Wong untuk destination yg fit for 8D/7N di Japan.
    30 Dec arrive Osaka Kansai Airport around 10.30PM
    06 Jan leaving Osaka Kansai Airport around 11.30PM

    Thank you!

    Like

    1. Hi Megan, orang Jepang sangat menghargai kejujuran, honesty is one of their number one things and they really hope you respect that.
      In short, saya tidak menyarankan menginap berlima ngaku 2!

      Ada beberapa hotel yg bias masuk 3 adults, kalau kamu ke web coba lihat saja jenis kamarnya, memang lebih mahal tapi ya…begitulah.

      Cheers – Wong

      Like

  22. hi mr wong,

    blognya keren abis. bener2 sangat membantu. saya dan suami plan to go to tokyo for 6 days including 2 days mount fuji trip.

    any recommendation for ryokan at hakone area?

    any suggestions utk perjalanan tempat di tokyo?

    makasih

    Like

    1. Hi Jenny, sorry nih agak telat respondnya, belakangan ini susah banget login ke gmail hehehe
      Anyway, hmm ryokan belon pernah nyoba sih, dulu ada temen yg sewa dekat Kawaguchiko, tapi cukup mahal, semalamnya Rp 5jt. Dia dapetnya dari web juga sih spt http://www.hotels.com

      Kalau 6 hari, yah cukup deh buat jalan keliling Tokyo, Disneyland, Kawaguchi, Hakone, Gotemba, Akihabara, Shinjuku, Shibuya, Tokyo tower skip ajah hehehe… Meiji Jinggu, dan Asakusa.

      Ok met liburan…

      WOng

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s