Beli Ticket Train part 1


 

Mungkin gak sih? Orang Jepang banyak yang tidak mengerti bahasa Inggris. Lantas bagaimana caranya naik train, beli tiket train, atau pesan makanan di restoran? Gimana caranya tanya jalan kalau tersesat? Dan masih banyak lainnya yg mungkin akan menyulitkan apabila kita tidak bisa berkomunikasi!

Kemudian jalan2 ke Jepang katanya mahal! Benarkah? Berapa budget yang perlu dipersiapkan untuk jalan-jalan selama seminggu di Jepang misalnya?

Mungkin enggak jalan bersama keluarga? Ribet gak sih? Tempat atau aktivitas apa yang dapat dinikmati oleh anak-anak?

Makanan? Cocok gak makanan disana? Apa yang khas dan istimewa? Belinya dimana dan bagaimana caranya menemukan tempatnya?

Terakhir obyek wisata apa saja yang menarik untuk dikunjungi? Alam, budaya, theme park, shopping mal dsb.

Blog ini tidak banyak bercerita tentang hal-hal yang bisa ditemui di blog atau web. Sudah banyak informasi tentang obyek wisata, tempat makan, dan lainnya di web. Coba deh http://www.japan-guide.com

Yang ditulis di web ini berdasarkan pengalaman selama jalan 2x di Jepang, yang pertama memakai jasa Tour sendirian sedagangkan yang berikutnya bersama keluarga, jalan sendiri tanpa menggunakan jasa Tour.

Banyak riset yang dilakukan selama 3 bulan mulai sumber di internet, buku, dan tanya-tanya teman yang sudah pernah ke jepang dan bahkan tanya teman yang memang tinggal di Jepang.

Budget lengkap disusun, itinerary(schedule) sudah dibuat secara detil, download peta jepang, peta train station, peta railway, peta theme park, dan masih banyak lagi.

Bahkan dalam 3 bulan tersebut saya mencoba untuk belajar bahasa Jepang hampir setiap harinya baik melalui web, apple application, mp3, buku dan apa saja yang bisa saya temukan!!

Seharusnya persiapan saya sudah lebih dari cukup! Tapi ternyata?  Saya sungguh berharap bisa semudah itu hahaha…

Mudah-mudahan blog ini bisa membantu temen-temen yg mau coba adventure dengan jalan sendiri ke Jepang!

 

Caranya beli tiket Train di Jepang

Saya masih ingat saat pertama kali mencoba membeli tiket Train (saya tuliskan train untuk membedakan dengan tram atau moda transportasi lainnya yg byk terdapat di jepang).  Menurut saran seorang rekan yang pernah berkunjung ke Jepang, cobalah untuk membeli tiket train di loket, dengan berbicara dengan petugas. Katanya hampir semua petugas tersebut dapat sedikit berbicara bahasa Inggris .

Saat saya berada di station Osaka, saya mencoba berbicara dengan petugas, sambil membawa peta dan menunjukkan kota yang saya tuju. Alhasil….dia tidak mengerti yang saya katakana, demikian pula sebaliknya..hahaha..

Hanya beberapa patah kata yang mereka ucapkan bisa saya mengerti sisanya…?????

Putus asa, akhirnya saya coba mesin tiket yang berada disamping loket, bentuknya spt di photo berikut:

Dan menunya maaf photonya kurang jelas, tapi yang jelas menunya sih sederhana, tidak ada pilihan dari station A menuju station B spt yg banyak ditemukan di Singapore atau Hongkong. Isi menunya hanya harga Y100, Y150 dst.

Lama saya bersama keluarga tercengang di depan mesin tersebut, bingung bagaimana cara menggunakannya. Saya coba melihat peta jalur train yang tertempel di dinding di samping mesin.  Namun sayangnya peta tersebut hanya bertulisan kanji atau hiragana…yang tidak saya mengerti sama sekali.

Lantas bagaimana…?

Setelah diperhatikan dengan seksama ternyata ada tombol ini..ahaaaaa!!!

<ENGLISH !!>

biasanya terletak di pojok kiri bagian atas!

Kemudian ketika ditekan tombol tersebut!  Saya berusaha menemukan kota tujuan, ternyata tidak ada!

Tidak seperti yang ditemui dimesin tiket di Singapore , dimana kita tinggal memilih station tujuan dan membayar sesuai dengan yang tertera.

Di Jepang sebenarnya sistemnya jauh lebih mudah!  Sistemnya seperti recharge card, atau spt system pulsa. Tinggal pilih berapa yang mau kita isikan dalam tiket tersebut.

Untuk setiap station tentunya biayanya berbeda, baiknya cek dulu di  www.hyperdia.com sebelum kamu berangkat ke Jepang.

Gunanya www. hyperdia.com adalah supaya kamu tahu berapa Yen dibutuhkan untuk perjalanan dari station A ke station B.

Misalnya dari Shinjuku ke Tokyo, atau dari station lainnya. Memang kamu perlu juga donlot map railway system kalau belum tahu apa nama stationnya.

Atau kalau belum sempat cek web tersebut, cukup beli tiket dengan memilih isi termurah, misalnya Y100  .

Perhatikan juga biasanya anak-anak cukup membayar ½ harga (ada tombol bergambar <> anak kecil atau tulisan kanji   ).

Sedangkan untuk anak berusia 4 th ke bawah tidak perlu membayar (free of charge).

Setelah membeli tiket, tinggal menuju platform! Mudah bukan?? WRONG….justru disini bagian yang cukup sulit. Bisa jadi lebih sulit dibandingkan upaya membeli tiket.  Kenapa? Rata-rata station di Jepang sangat besar, dan didalamnya terdapat puluhan platform, misalnya Shinjuku, Tokyo, dan Kyoto Station. Apalagi station yang memiliki Shinkansen (bullet train), yang biasanya nama station tersebut dimulai dengan kata “SHIN..”

Seperti ShinOsaka, ShinYagama, ShinTing??

Ada baiknya pelajari, bawa peta station, atau paling tidak cari peta-peta yang tertempel di dinding station (jika beruntung ada yang berbahasa Inggris).

Di Jepang biasanya train dibagi menjadi beberapa line, spt di Tokyo, line yang cukup penting buat kita turis adalah Yamanote Line, yang menghubungkan station2 terkenal spt  Shinjuku, Shibuya, Harajuku, dan lainnya. Coba deh kamu google dan download peta railway di jepang. Setiap line ditandai dengan warna tertentu, utk Yamanote berwarna orange peach.

Ok mudah bukan? Kalau di urutin begini nih caranya; misalnya kita tinggal di Shinjuku, dan hendak menuju SHIBUYA, dimana disitu terdapat crossing yang sangat terkenal spt di film Tokyo Drfit. Dan disitu juga terdapat patung anjing Hachiko yang menurut cerita setia menunggu tuannya di station tersebut selama bertahun-tahun meski tuannya telah tiada.

Pertama-tama kunjungi www.hyperdia.com pilih Shinjuku Station to Shibuya dan catat apa line nya,  berapa Yen biayanya , dan Track berapa (PENTING SEKALI, karena byknya track disetiap station).

Ok pertama-tama jalan kaki menuju ke Station, penting sekali untuk mencari hotel yang dapat ditempuh dengan jalan kaki menuju station.

Setelah sampai di station. Cari mesin untuk beli tiket, siapkan coin!

Pilih dewasa 1 tiket misalnya, pilih sesuai dengan tujuan Y130

Pilih anak-anak 1 tiket, biasanya setengah dari harga dewasa Y100

Kemudian tiket keluar secara otomatis, lihat kanan kiri, untuk mencari platform yang dimaksud, cari dipeta yg tertempel di dinding. Jalan menuju platform yg dimaksud, masukkan tiket ke mesin.

Tunggu di platform, apabila tidak yakin, tanyakan ke orang-orang yang berada disitu, dalam bahasa jepang “kono densha wa SHIBUYA e ikimaska?” (Apakah kereta ini menuju ke SHIBUYA?).

Ucapkan terimakasih “Arigato Gosaimasta”

Naik ke kereta, perhatikan diatas pintu biasanya ada peta atau bahkan LCD bertuliskan station apa saja yang dilalui oleh train tersebut. Dan untuk beberapa train ada juga announcement dlm bahasa Inggris setiap kali train akan mencapai station.

Mudah bukan….selamat mencoba, kalau masih ada yang belum jelas, email saja ke….hartawanwong@gmail.com

Semoga saya bisa membantu.

>>> Lanjutkan ke Beli Ticket Train part 2

Advertisements

103 thoughts on “Beli Ticket Train part 1

  1. Pak wong, sy mau nanya nih, rencana kan sy mau ke hokkaido awal jan 17, nah sebaiknya pakai longjohn yg heattech punya uniclo atau yg punya tk Johan aja? Sy tgg jwban nya pak Wong, tq

    Like

    1. Hi Nanik, Hahaha wah baru kali ini nih ada yg nanya soal long john. Saran saya sih kalau memang mau ski ya bawa longjohn yg proper, pengalaman saya heattech masih harus dilapis lagi dg sweater yg tebal, kalau mau main salju. Kalau mau yg lebih aman sih beli long john merino (bulu domba) harga jauh lebih mahal.
      SO pilihan kamu 2 sih, beli long john biasa/heat tech, dan lapis dg sweater wool tebal, atau beli long john merino .
      Semoga membantu.
      Wong

      Like

  2. Hi mas…. Salam kenal…

    Saya dan rombongan, rencana akan ke Jepang 20 des – 6 jan. Untuk transportasi selama disana kami rencananya menggunakan JR Pass 14 hari. Apakah ada rekomendasi untuk transportasi sisa 3 harinya yang ekonomis, termasuk untuk ke bandara Haneda ? Arigatou

    Like

  3. Bgus bngt blog.a sngat membantu sekali mr.wong ..
    Sya rencana mw k jepang 4 hari dan sya msh bngung sya trun d osaka dan plang dri haneda yg ingin sya tanyakan klo dari osaka ke haneda it pke willer bus ato transportasi apa yg murah??? Mohon petunjuk.a

    Trma ksh sblm.a

    Like

  4. halo om wong, mau tanyaa.
    kalo saya search di hyperdia, misal dari TOKYO ke SHINJUKU arrival track. 12 dengan kereta JR Chuo/Ome Line Rapid Service for OME.
    dari infromasi tersebut ketika saya tiba di stasiun tokyo petunjuk apa yang harus saya lihat ya? apakah dengan jelas tertera namanya atau bagaimana?
    dan ada satu lagi pertanyaan, arrival track dilihat ketika di stasiun tokyo atau di dalam kereta ketika berjalan atau saat keluar dari stasiun shunjuku.

    mohon dibales ya om wong. makasih banyak sebelumnya.

    Like

    1. Hi Betari

      Thanks udah mampir, this is truly a good questions. hhehehe…
      Emank agak sulit sih buat cari tracknya kalau belum biasa, jadi begitu kamu masuk gate station, lihat ke bagian atas, biasanya ada petunjuk track dan tujuan dari kereta. Jadi Platform 12 Rapid Shinjuku misalnya, terus tanda panah. Tinggal ikutin panah tersebut, setelah sampai dekat platform di bagian tembok ada tulisan angka 11 dan 12 misalnya. Nah 11 sebelah kiri, 12 sebelah kanan. Ikuti saja 12 , turun lewat escalator kebawah. Nah dibawah sudah ada lagi tulisan 12 Rapid Shinjuku 08:15 (jadi jam 8:15 keretanya datang).
      Kalau sudah sampai, percuma liat di station, meski ada tulisannya bisa jadi ketutupan orang, atau kereta terlalu cepat, ditiap gerbong ada layar monitor, yg menunjukkan kamu Next Station apa, dan ada suara juga…Kono Densa wa Shinjuku….artinya next station shinjuku, kemudian announcement dalam bahasa inggris Next station Shinjuku….

      So gak usah khawatir deh hehehe…kalo ke desa baru tuh, station announcementnya dalam bhs jepang saja, kamu perlu bawa wifi kalau itu, jadi bisa tracking melalui google maps hehehe…

      Semoga menjawab….
      Cheers
      Wong

      Like

  5. Selamat malam mr wong, mohon masukannya nih.
    Saya november ini pertama kali mau ke jepang. Hehehe.
    Mau nanya soal akomodasi termurah kalo mau ke toyama (tateyama alpine route) . Kalo mau paling murah, saya harus dari bandara apa ya yg udah bisa di jangkau oleh penerbangan langsung dari indonesia.?
    Terus dari bandara itu, naik transportasi apa ya yg paling enak n murah?
    Soalnya setau saya katanya wisata ke tateyama biasanya mahal. Hehehe
    Makasih sebelumnya suhu.

    Like

    1. Hi Ravykhan

      Thanks ya udah mampir di blog, blog saya sebenernya soal jalan sendiri alias jalan tanpa menggunakan tour, jadi lebih bebas. Nah dalam jalan sendiri ini enggak selalu lebih murah dibanding dengan Tour, hanya lebih merdeka saja… Jadi maaf untuk info hotel yg murah atau moda transportasi yg termurah saya tidak punya informasinya.

      Salam
      WOng

      Like

  6. Mr WOng mau nanya donks sy uda book tiket desember 2015 jalan sendiri ke Jepang landing di Narita. yg mau sy tanyakan (maap ya ada 4 pertanyaan hihihihi ) :
    1. Apakah smua station di sana tulisannya Kanji atau jelas dg nama2 kayak di Seoul gtu ?
    2. kalau sy landing Narita dan berencana ke Osaka juga brrti wajib beli JR pass yah ?
    3. Kok dr yg sy browsing byk bgt ya ketika mau pindah dr satu tempat ke tempat lain pake card slain JR gitu, itu mksdnya kemana mana brrti ga sllu pake JR pass itu ya ? kan kalau di di Singapore kita pake EZ Link gtu uda dr pergi ampe pulangnya.
    4. Minta pendapat rute yg enak buat 8 hari 7 malam. sy landingnya pagi jam 10 di Narita :D… apakah lgsg Osaka dlu ? atau Tokyo – Osaka – Kyoto – Tokyo ?

    Makasih banyakkk kalauuu dijawab yahh… berharap banget dijwb 🙂

    Like

    1. Hi Cindy

      I think u confused between jr pass and ez link. It is not comparable. Ez link itu sama dg suica atau passmo di jpn. Dan dg suica mau naik apa aja jr atau bukan no problem. Mau naek kereta, bus, taxi, selama masi ada saldo ya jalannn….

      suica sama dg emoney kalo di jkt.

      Jr pass itu spt pass atau tiket buat seminggu, mau naik brp kalipun ga byr lagi, asal keretanya JR

      Station ada tulisan english, kecuali di desa2.

      Soal rute tergantung selera masinv2 maaf sy ga bs bantuin

      Salam
      Wong

      Like

  7. halo Mr. Wong..
    saya butuh masukannya nih dari master..
    saya ada rencana ke jepang bulan depan (agustus 2015), rencana saya ingin ke tokyo, osaka, kyoto, Mt. Fuji.
    sebaiknya penerbangan saya turun dimana dari jakarta untuk memudahkan transportasinya? apakah turun di osaka lalu ke kyoto – mt. fuji – tokyo lalu balik ke jakarta dari tokyo atau dari jakarta turun di tokyo kemudian dilanjutkan ke mt. fuji – kyoto – osaka, lalu pulang lagi kejakarta dari osaka. terima kasih sebelumnya.

    reply

    Like

  8. Hi Mr Wong, blog nya bagus banget! Very inspiring!! Saya sudah beli tiket unt bulan Mei, dan setelah beli tiket baru baca2 kalo lebih baik entry di Tokyo dan exit di Osaka atau vice verca.. yaah telat deh, dah beli tiket nya PP semua naik turun di Narita. Mau gak mau ya dijalanin aja ya Mr. Wong.. nah saya perlu advise nih dari expert nya, kalau dengan 6 hari dan 5 malam saya bisa gak main2 di Tokyo plus Osaka / Kyoto? Agak mepet sekali sih harinya ya.. tapi most important sih mo ajak si kecil 6 tahun ke Disneyland.. kalau saya beli JR pass keburu gak ya mampir 2 mlm ke Osaka / Kyoto?

    Mohon inputnya ya Mr. Wong! Many many thanks,
    Lea

    Like

    1. Hi Lea

      Thanks udah mampir nih hehehe…
      6 hari emank mepet tapi bisa kok keliling Osaka, Kyoto dan Tokyo. Asal kamu enggak terlalu ambisius, artinya batasin di obyek2 yg standar. JR pass ya sebaiknya beli karena hrs PP Osaka Tokyo, dan waktunya mepet,jadi sebaiknya naik SHinkansen. Disney ya keburu ajah, pastikan jgn pergi saat weekend ya.

      Coba aja disusun dulu itinerarynya.

      Salam
      WOng

      Like

      1. Mr Wong, thanks input nya ya.. coba saya mau buat itinerary nya dulu, nanti mo minta tolong diintip ya kalo ada input lanjutan hehe..

        Btw, 1 lagi nih.. saya dan anak (6thn) akan mendarat di Narita jam 8pagi, after long flight rasanya kasian ya kalau langsung tancap gas ke Osaka, another 4hrs train ride kalo saya baca2 tuh.. maunya sih nginep dulu 1 malam di Tokyo, atau 3 malam dulu di Tokyo baru lanjut 2 malam di Osaka (biar gak bolak balik ribet cek in cek out hotelnya juga), tapiiiii ini nih main problemnya.. hari terakhirnya itu pesawat balik ke Indo dari Narita jam 10 pagi, gimana enaknya ya.. masa subuh2 berangkat dr Osaka, apa train nya ada? Kira2 Mr Wong punya ide baiknya gimana..

        Thanks a lot Mr Wong!!

        Like

  9. Halo Mr. Wong, testimoni dan infonya bermanfaat banget untuk 1x ke Jepang seperti saya. Kalau boleh pengen nanya sedikit, rencananya saya akan trip selama 8 hari 7 malam tapi Landing di Haneda. Boleh info, enaknya naik apa ke Tokyo kemudian untuk rencana rute kota – kotanya kemana saja ya baiknya menurut suhu? hehehe.. Saya pengen bisa Shibuya, Nagoya, Kanazawa, Mt. Fuji, Ginza dan Disneyland. Terima kasih banyak sebelumnya ya Mr. Wong.

    Like

    1. hi Manda…..thanks udah mampir

      Dari Haneda ke Tokyo byk pilihan, bisa naik Airport Bus atau Train. Keduanya hanya ada sampe kurang lebih jam 11 malem. Jadi kalo kamu datang lebih dari jam itu, mending nginap di airport hotel atau di kursi airport hehehe…
      Kemana ajah, kalau mau ke Disney sih, berarti kamu dah 2 hari abis di disney, sisanya ya TOkyo and surrounded, Fuji dan Nagoya masih bisa, ke Kyoto dan Osaka terlallu maksa. Kecuali kamu gak ke Disney, masi bisa Osaka, Kyoto dan Tokyo.

      Cheers
      Wong

      Like

  10. Aduh mas’e.. Aku jadi puyeng bacanya. Kayaknya jadi nggak sanggup ke jepang naek2 kreta..

    Rencana desember entar mau ke tokyo 2d + hokkaido 6d, bareng suami + 3 anak (9-7-6th).

    Kalo naek shinkansen dr tokyo ke hokkaido ribet ama anak+bawaan nggak ya?! Apa mending naik pesawat aja?

    Like

    1. hehehhehe….memang sih kalau mau jalan sendiri usahakan jangan byk pindah hotel, dan koper enggak boleh besar2 (medium size udah maksimal).

      ALternative, koper bisa dikirim sih, tinggal bilang ama hotelnya, mereka atur semua, kamu tinggal bayar. Mrk pake Yamato logistic buat beginian…

      Cheers
      WOng

      Like

  11. Hai Mr. Wong, mau infoya dong…saya berencana ke Tokyo march ini bersama keluarga (2 dws, 3anak teen dan ibu berusia 74 th), flight saya PP haneda 8 hari 7mlm, rencana perjalanan ke Tokyo-2 mlm, Kawaguchi 1mlm, Kyoto lanjut stay di osaka 2mlm, dan kembali ke tokyo 2mlm. Apakah memungkinkan bila dari osaka saya PP kyoto ataupun kobe ? Apakah sulit utk menyetir sendiri utk rute luar kotanya? Jika dalam kota Tokyo saya berencana utk memakai kendaraan umumnya.Tolong inputnya ya, bagaimana aturnya supaya lebih enak… Thank you…..

    Like

    1. hi ..
      wah agak challenging nih perjalanan kamu, di Jepang itu byk jalan kakinya loh, kalau dengan grup yg kecil gampang managenya. Apa gak sebaiknya ikut tour?
      Saya sih gak nyaranin untuk sewa mobil di jepang, disamping karena kita enggak terbiasa dengan stir kiri, rambu2 jalannya pun masih dalam bahasa jepang.

      Cheers
      Wong

      Like

  12. Hi Mr. Wong! Greeting from Surabaya. Thanks banget buat blognya.. very helpful! Anw saya rencana mau ke jepang buat jalan-jalan berdua dengan suami.. Saya rencana mau ke OSAKA KYOTO (kobe nara optional) trus ke TOKYO. Saya pengen ke kawaguchiko juga. Kalo boleh saran.. enakan dr kyoto ke kawaguchiko dulu atau ke tokyo baru hari selanjutnya ke kawaguchiko ya? saya sih rencana ga pake jr pass.. Thanks!

    Like

    1. Hi Nina

      Thanks juga udah mampir, kamu dentist ya? Asik kalo ke dokter gigi discounttt yaaaa…!
      Kalau mau ke Kawaguchiko paling gampang dari TOkyo, kalau dari Kyoto ribet. Dari Tokyo naik Odakyu Train/shinkansen sampe Odawara, dilanjut bis bisa sampe ke Kawaguchiko. Kalo bareng suami nginep ajah di Kawaguchiko. Kalo kamu cuma sebentar di Jepang (less than a week)dan gak perlu bolak balik Tokyo-Osaka gak perlu pakai JR Pass sih.

      Okie salam

      WOng

      Like

  13. Cool… “Kono densha wa SHIBUYA e ikimaska..?” XD
    Lagi tertarik pengen coba keliling sendiri ke Jepang for the first neh. Nama tempat yang familiar ya Kyoto, Kobe, Tokyo, Shibuya, Harajuku bla bla bla (korban komik Jepang haha!!).

    Ternyata banyak banget ya jenis transportasinya..? Orang Jepang bukannya banyak yang bisa bahasa Inggris? (Kayak wa English’nya jago aja XD) + wa kaga ngarte Jepang… tapi ngertinya mandarin.. bisa survive aja kali ya..? Kalau ga sengaja ketemu Yakuza gimana bro…???!!! Serem gaaa???

    Sakura di Ueno Park mulai bermekaran kapan ya pastinya? March-Mei?? Saya baca katanya Okinawa (beda tempat lagi ya?) sekitar awal Februari?

    Like

    1. hi Maessy

      Ternyata enggak cuma saya yg jadi korban manga hehehe… Mulai dari Doraemon, Kenji, Kungfu Boy, sampe Naruto bikin kita kenal Jepang ya.
      Orang jepang sedikit yang bisa bahasa Inggris, kalau kalangan muda umumnya ngerti, meski kalau untuk bicara mereka masih malu dan ragu.
      Tapi yg jelas mereka helpful sekali, meski enggak ngerti English, pasti kamu dibantuin sama mereka.

      Untuk sakura, harus liat sakura report di googling untuk pastinya, tanggalnya sering bergeser tergantung kapan cuaca mulai hangat. Umumnya sih pertengahan April. Okinawa letaknya dibawah jadi dia lebih hangat duluan, otomatis sakuranya lebih cepat muncul.

      OKie….jadi kapan berangkat??

      Wong

      Like

  14. Mr .wong aku planning ke jepang tripnya: osaka, kyoto,hakone,tokyo, 24 april -02 may 2015 , itu dah oke ga budget 7 jt utk akomodasi, transport trainx?

    Like

    1. Hi Ira

      Thanks udah mampir di blog saya. Budget sih tergantung kamu naik apa dan nginap dimana. Kalau mau di irit2 hostel masih ada yg dibawah Rp 500rb per malam, sedangkan utk kendaraan naik willer bus (separo harga train). Coba dihitung saja yg cermat, semua info harga ada koq di mbah Google.

      Cheers
      Wong

      Like

  15. hi mr. wong

    rencana tgl 30 des 2014 mau ke jepang dan perdana… disana sampai tgl 12 feb 2015
    tempat apa yg wajib di datangin dan gmn dgn transpornya serta tempat nginap ala backpacker!

    krn sejauh ini sudah coba cari-cari info dan lihat-lihat dan sepertinya masih bingung, mohon info dan petunjuknya….thxs sebelumnya,

    salam,
    budi

    Like

      1. hi Budi, makin dilihat emank biasanya makin bingung.
        Kalau menurut saya karena kamu perdana, pakai jalur umum saja, mendarat di Osaka, trus ke Kyoto, dan Tokyo, masi ada duit terusin ke Hokkaido.
        Itu dah umum banget, dan itinerarynya nyontek aja dulu, byk kok yg posting di blog saya dg itinerary bagus2.
        Utk tips murah , terus terang sy gak punya byk, tapi coba deh ke …https://jalansendirijepang.com/2012/09/22/jalan-murah-jepang-part-1/

        Salam
        Wong

        Like

  16. numpang nanya ya, katanya harus catet track berapa. tapi aku cek di hyperdia situ, kok ga muncul track no nya ya, ato aku ga tau dia dimana? tolong dongg >< thanks

    Like

  17. mantab Om, menarik banget saya pingin ke jepang lagi tapi tanpa tour des 2013 lalu kesana ikut tour semua serba terbatas, baru asik liat barang elektronik dah di panggil harus pindah tempat, seperti yang di ceritakan di atas Tidur pun kurang terus karena pagi2 sudah bangun sedangkan malam hari masih belum puas jalan2nya
    dah Bookmark dolo ini blog baca dan hafalin ampe ngelotok trus cus deh cabut sendiri
    Thanks Om buat share pengalamannya.

    Like

  18. hai Mr. Wong! saya baru aja (dan masih) ngakak baca artikel ini!! rencana maret 2015 mau ke jepang sama temen-temen sekitar 9-12 hari..

    so far, ini adalah artikel yang paling REALISTIS! dan sangat menggambarkan nasib para pelancong non-tour!! thanks banget artikelnya.. beli tiket kereta dan lainnya emang pe-er bngt kalau bahasanya ala dewa.. langsung di bookmark nih blognya!! akan segera baca artikel lainnya.

    makasih ya Mr. 🙂

    Like

    1. hi Vonny

      Thanks for the compliment, hehehe it is realy brighten up my day 🙂
      Wah asiek juga mau berangkat ama temen2 ya? The more the merrier, berapa orang? Baiknya cari tiket yg bisa arrive di Osaka dan pulangnya dr Tokyo (atau sebaliknya) jadi puas dan hemat duit dan waktu, enggak usah bolak balik. Kalau 12 hari malah bisa Osaka, Kyoto, Tokyo dan Sapporo hehehe..

      Ok thanks yah udah mampir, kalau ada yg mau ditanyain, feel free..

      Cheers
      Wong

      Like

  19. Salam kenal Mr. Wong,

    Hebat, kocak dan membantu sekali sharing pengalamannya di Jepang. Sekarang c saya masih dalam tahap browsing yg Mr. Wong sudah tulis dulu. Tapi nantinya pasti saya nanya2. Semangat sharing terus ya Mr. Wong ^^

    Ari – san

    Like

  20. Hai, mau nanya dong. Rencana akhir desember sampai awal januari mau ke tokyo-sapporo-osaka-kyoto selama 14hari, nyampe dan plgnya tokyo. Boleh advice new year dimana yg ramai tdk bro? Jr pass berlaku buat ke sapporo tdk? Tks

    Like

  21. hai Mr Wong.., terimakasih utk info2nya…, very usefull.. perkenalkan saya Mita, sy mau tanya dan minta saranya utk rencana perjalanan ke Jepang di musim winter thn ini.. rencana sy akan trip tanpa travel sptnya lebih menarik ya selaian efisiensi hehehe… di Jepang selama 7 hari, sy dgn suami dan bersama si krucil yg baru bermur 6 tahun. rencana mau ke Tokyo, Disneylan/DisneyWorld, universal studio, gunung fuji, nah dgn jadwal trip tsbt…, rute yg paling oke bagaimana ya…? thank you for your kind attention and info… very important for me…

    Like

    1. hi Mita

      Thanks udah mampir di blog saya, first of all make sure kamu mendarat di Osaka dan pulang lewat Tokyo atau sebaliknya. Ini penting untuk hemat Shinkansen yg cukup mahal. Kedua, kalau bisa begitu jadi enggak perlu beli JR Pass (enggak worth it). Kemudian atur supaya Disney jangan di hari pertama, kasihan si Krucil kecapekkan dan badan perlu penyesuaian krn winter. Kemudian ke Disneys pastikan jangan weekend, kasihan enggak bisa main, kerjaannya ngantri doank. Universal studio not really recommend buat anak umur 6 th sih.
      Sisanya sih tinggal enjoy aja deh, rute Osaka, Kyoto, Tokyo. Tempat2nya byk tinggal googling ajah, dont miss the Osaka Castle, Kiyumizudera temple,dan Shinjuku, Shibuya.

      Cheers – WOng

      Like

  22. Hii mr. Wong
    Aku rencana berangkat tgl 17-23 oktober.. lumayan 5hri disana. Tujuannya tokyo osaka kyoto osaka.. worth it kah dgn beli jr pass mr.wong? Perdana jga ke jepang berdua tmn yang sama2 blom pernah ke jepang… hihii semoga gak nyasar2 yaa… dari tmpat tujuan kami, blh minta ide dong mister tempat2 yang recommendednya …

    arigato gozaimasta mr. Wong 😀

    Like

    1. hi Weni, 5 hari ya…wah nanggung tuh, rada mepet sebenernya kalo buat jalan sendiri, tapi ya dikebut ajah, karena kamu harus balik lagi ke osaka ya dari tokyo , baiknya sih beli JR Pass, soalnya shinkansennya mahal.
      Kalau mau naik bis berhub kamu cuma 5 hari, byk waktu kebuang sih.
      Tempat2 sih standard lah, donlot ajah itinerary yg saya buat di blog, atau byk jg temen2 yg udah comment nulis itinerarynya.

      Cheers – Wong

      Like

  23. wah thanks banget infonya. sangat bermanfaat. Saya beberapa kali ke Tokyo atas perjalanan Dinas, karena kebetulan kerja di perusahaan Jepang. Rencanannya mau liburan ajak istri dan 2 orang anak saya. yang paling kecil umur 8 bulan. worth it gak sih brother? soalnya mau ditinggal juga kasihan. thanks banger untuk advise nya.

    Arigato Gosaimasta,
    Philipe

    Like

    1. hi konichiwa Phillipe

      Thanks udah mampir ke blog saya, wah ini pertanyaan sebenarnya Philipe sendiri yg bisa jawab ya? Kan menyangkut dana, kerepotannya, tapi disisi lain experience buat orang tua dan siblingnya.
      Kalau saya sih, mungkin nunggu sampe rada gede ya, 2,5tahun baru deh bawa si kecil jalan, disamping makannya dah gampang, badan udah lebih tahan dari penyakit, dan sudah bisa jalan kaki sendiri…

      Tapi it’s entirely your decision ….

      Cheers – Wong

      Like

  24. Bro.. tolong tanya soal bahasa dong..
    Saya ga kenal sama sekali dengan bahasa Jepang, kecuali arigato gosaimasta.. Rencana mau jalan tgl 20 October 2013. Jadi, apa ada tips untuk ngatasin masalah bahasa ini?

    Thanks in advance

    Like

    1. hi soal bahasa ya? saya juga gak bisa bahasa Jepang kok. Saran saya just learn the basic, spt terima kasih, permisi, angka 1- 10, selamat pagi, selamat siang, dst. Bisa juga donlot google translator dan belajar dari situ. Atau rent wifi saat di Jepang, dan nyalakan tuh google translator, saya pake itu saat ke Korea , jadi tinggal ketik bhs inggrisnya, sisanya biarin si Google translator yg ngomong….beress…udah tinggal dijaman high tech koq masih pusing hehehehehe…

      Wong

      Like

      1. sorry mr wong mksdnya rent wifi gmn yah? wifi ato kyk sistem beli kartu sana yah? scra mo k sana juli ini n sm klrg besar pula.. mana sdh beli tiket jkt-tokyo-jkt. eh liat2 blog ini trnyata dah salah perhitungan:'(.. mohon d bantu2 yah ko..baru mulai liat2 blog bgtu mendekati mo berngkat..heheeeeh.. blog ini sangat membantu ko.. makasih yaaa.. biasa pergi pake tur br kali ini gamo pake tur k jepang pula yg bhsnya bener2 ddngr cm di lagu jepang doank.. 😛

        Like

      2. hi Hanny

        Maksudnya rent mobile modem, jadi selama disana kamu bisa tetap pakai internet untuk your smartphone. Bisa install google translator, kalau sampai kesulitan ngomong bahasa Jepang jadi gampang. Dan bisa pakai google maps juga.
        Coba ke http://www.rentafonejapan.com/ for more info deh..

        Hehehe..pede ajah deh, enggak sulit kok jalan2 sendiri di Jepang!

        Wong

        Like

  25. Mr Wong saya rencana ke Jepang bersama keluarga 5 orang ( 4 dewasa 1 anak ) selama 14 hari , saya rencana ke Universal studio , disneyland dan disneysea , sapporo , untuk hotel yg ekonomis sy rencana menyewa 2 kmr , apakah ada reference hotel atau apakah ada apartement yg yg strategis dgn hrg yg ekonomis. Kira2 brp budget biaya per orangnya.
    Tks

    Like

      1. mr wong, saya akan ke jepang agustus ini bersama suami saya dan saya dalam kondisi hamil, saya masih bingung untuk menginap sebaiknya di daerah Shibuya atau di daerah chuo/nihonbashi. FYI, saya pulangnya dari Haneda airport dan waktu saya hanya 4 hari 3 malam. thx mr wong

        Like

  26. Terimakasih info2nya, saya rencana ke Jepang melalui Haneda tgl 30 Juni depan, yang mau saya tanya gimana mencari makanan Halal untuk kami yang Muslim?

    Like

  27. Mr.wong saya mau tanya, kalau ke Jepang bawa uang di tangan 15 sampe 20 juta utk mkn malem sama belanja kecil” an cukup tdk?? Kemungkinan saya utk 10 hari di Jepang… Tx atas info nya..

    Like

    1. hmm bagus nih pertannyaan..nya, gampangnya gini deh:

      1. Makan pagi kalao cuma beli sushi di 7 eleven Rp 15,000. Minum bawa botol sendiri ajah.
      2. Makan siang kalo yg deket station Rp 70,000
      3. Makan malam harusnya yg lebih enak donk ya Rp 150,000
      4. Jajan takoyaki Rp 50,000
      5. Transport rata2 Rp 20,000 per trip kalau dalam kota
      6. Belanja sih..ya tergantung lah..mau kecil kalo branded ya mahal hehehe…

      Ok coba deh…dikalkulasi…Cheerss – Wong

      Like

  28. Hello Mr. Wong
    Mohon info..saya berencana Honeymoon di bulan Oktober’13. Apa Jepang merupakan negara yang cocok untuk Honeymoon? Kalau ikut tour di Travel itu biaya-nya sangat mahal..saya check AirAsia..harga tiketnya terjangkau banget. Apakah sebaiknya saya beli tiket sendiri dan nanti jalan2 sendiri disana? kira2 budget untuk berdua brapa ya? (Sudah termasuk Hotel,transport,makan) apa bisa ya kalau budget 15-20jt?
    thanks Mr. Wong atas info-nya..

    Like

    1. wah menarik nih Steven, sebelumnya congrats ya, pengantin baru nih…heehehehe..
      Soal cocok atau tidak ya..tergantung masing2 orang ya, kalau emank suka suasana di jepang ya why not? Ikut Tour mahal atau tidak terngantung season, kalo Oktober harusnya masi reasonable! Jalan sendiri bukan berarti murah lho! Blog saya mengenai jalan sendiri, bukan mengenai jalan murah!! Kalau tetap nekat jalan sendiri, menurut saya sih 15/20 jt per person cukup untuk 7 hari disana, diluar belanja dan tiket pesawat!!. Tapi kalau kamu mau coba lebih murah lagi ya bisa aja..tapi coba deh baca…https://jalansendirijepang.wordpress.com/2012/09/22/jalan-murah-jepang-part-1/ ada buku yg saya recommend dan rasanya cukup masuk akal..

      Cheers – Happy Honeymoon!!

      Like

    1. kalau pantai sih rasanya kurang tepat untuk ke Jepang, mendink ke hawai, kalaupun mau ke jepang utk liat pantai maybe di Okinawa, saya sendiri belum pernah kesana.
      Tapi saran saya sih kalao demen ke pantai, coba deh ke Belitung, gak ada yg ngalahin deh, saya udah kemana2 tetap Belitung still the best!\

      Ciao.. Wong

      Like

      1. Mr. Wong minta info dong tempat apa Yg bagus untuk Di kunjungi Di Osaka, Kyoto, kawaguchi, Tokyo atau Ada tempat lain Yg oke banget. Thanks

        Like

  29. wah tengkyu banget infonya mas.saya berencana ke tokyo kyoto osaka tgl 19 mei ini, dan sempet tercengang pas liat peta railway nya..luar biasa, dan fare nya juga lumayan mahal.
    Saya mau nanya kalo SUICA yang katanya kaya prepaid bisa dibeli dimana yah? bisa dipake untuk smua line train dan subway? supaya sy ga repot2 beli tiket di setiap stasiun.terimakasih

    Like

    1. hi Bro Reza, wah bentar lagi ya berangkat, Suica bias dibeli di setiap station, ada mesinnya, tinggal pencet2 dan masukkin duit ajah hehehehe.
      Bisa dipakai di Train, Subway dan Bis selama di Tokyo Region. Utk Osaka dan Kyoto bisa dipakai untuk Train saja. Tapi saya dengar skrg bisa dipakai juga di Bus dan Subway di Osaka dan Tokyo.

      Thanks- Wong

      Like

  30. Hi, saya Nuning, saya mau ke Tokyo haneda, selama 7 hari, saya dpt hotel di daerah Ueno, saya minta tolong dearth mana saja yg bisa saya kunjungi? Dan bagaimana cara naik kereta apinya yg murah? Tks Atas bantuannya, Salam

    Like

  31. Haloo…Mr.Hartawan,,,Saya Memiliki Rencana untuk Liburan di Jepang Selama Beberapa Hari di Mid Summer Tahun ini…yang ingin saya tanyakan adalah apabila kita sudah menggunakan suica pass dan sudah masuk ke kereta, apakah ada pengecekan tiket dari petugas…dan apa yang harus kita tunjukkan? Suica card tsb? Jujur saya masih awam mengenai penggunaan octopus card di Jepang…Thx Before Mr. Hartawan…

    Like

  32. Mr. Wong…..saya 2 keluarga (5 dewasa dan 4 anak) mau liburan ke Jepang Januari 2014 selama 9 hari, tiba di Narita dan kembali juga lewat Narita. Boleh minta info nya untuk kemana kemana nya yg asik dan efisien, nginep di daerah mana yg dekat dg stasiun, sama tiket2 transport yg sebaiknya dibeli. oiya saya juga pengen nyobain shinkansen yg paling murah hehehe. Saya pengen nginep di Osaka juga sih kalo memungkinkan. Thanks a lot

    Like

    1. hi Dona, thanks udha mampir di blog ini ya, untuk kunjungan 9 hari, cukup koq buat OSAKA< KYOTO< TOKYO kalau bawa anak dan seneng Disney spend 4 hari di Tokyo, krn 2-3 hari dah di pake ke Disney, sisanya city tour ke Shibuya, Harajuku, and maybe ke aquarium.
      Hari lain ke Hakone, 1 hari nginepnya bisa di Hakone atau baiknya stay di Tokyo jadi ga perlu pindah2 koper, repot kan bawa anak2, for more info Hakone go to https://jalansendirijepang.wordpress.com/2012/06/27/osaka-kyoto-hakone-tokyo/
      Utk Hari ke 6 bisa ke Kyoto, hari ke 7-8 Osaka, kalau masih ada sisa hari ya ke Kobe,

      Sebaiknya beli JR Pass karena kamu mau balik lagi ke Tokyo (Narita), tapi perhatikan schedulenya karena JR pass hanya berlaku 7 hari, jadi jalan2 dulu di OSAKA< Kyoto, KOBE, selama 7 hari, dan baru sisanya di Tokyo.

      Shinkansen karena kamu dah beli JR pass ya naik shinkansen jgn tanggung2, dari TOkyo ke Osaka PP donks. Tapi perhatikan bahwa hanya shinkansen tertentu yg bisa pakai JR Pass, dan harus book dulu.

      Cheers
      Wong

      Like

      1. HI MR WONG,
        Di salah satu balasan email Mr Wong, ada informasi harus book shinkansen. Bagaimana cara book shinkansen?

        Thanks

        Like

  33. hai mr wong,saya ditte ingin berlibur ke jepang sama keluarga tgl 20 april -28 april ini,kita dewasa dan 2 anak2 (7 th dan 9th)tanpa tour,mohon bantuanya sebaiknya saya beli suica,jr pass,atau yg lain,rencananya sampai di narita tokyo tgl 20 april malam,hotel daerah shibuya rencananya…
    tgl 21-24 kita mau di tokyo aja jalan2,termasuk ke disneyland dan disneysea
    tgl 25-28 kita mau ke osaka tapi mampir ke mt fuji,kawaguci dan kyoto dan pgn nyobain shinkansen tp kalo bisa yg termurah krn cuma pgn nyoba,ditunggu saran2 dan tipsnya yaa tks sebelumnya

    Like

    1. hi Ditte…wah liburan bentar lagi, asieek bangett..heeehe
      Untuk JR Pass tergantung kamu pulangnya ke NARITA atau lewat Kansai? Kalau harus balik lagi ke Narita mending beli JR Pass supaya shinkanzennya murah.
      Kalau enggak ya cukup Suica saja. Kalau Mt Fuji sebaiknya tetap stay di TOkyo, cuma 1jam an kok dari Tokyo.
      Shinkanzen yg murah, hmm coba deh di http://www.hyperdia.com byk sih pilihannya…
      hehehe semoga membantu…
      My site moving to new url http://jalansendiri.com/jepang/ with more article…mampir ya…cheerss..

      Like

    1. Hi ini masalah classic neh, soal JR pass atau enggak, sebenernya JR pass ini enggak terlalu bermanfaat kok, tapi promosi dari tour agent di Indo kenceng banget, maybe karena mereka dapat komisi ya. Ada byk bahasan tentang ini di blog saya…https://jalansendirijepang.wordpress.com/2012/06/27/osaka-kyoto-hakone-tokyo/

      Prinsipnya kalau kamu mendarat di Tokyo dan harus ke osaka terus balik lagi ke Tokyo nah itu baru deh beli JR Pass, soalnya Shinkansen PP mahal banget. Tapi kalo enggak spt itu yah, dihitung lagi deh….

      Cheers – Wong

      Like

    2. saya jg bulan juni rencananya ke jepang,tp tepatnya ke kumamoto,msh bingung ngatur perjalanannya,masih mencoba mengumpulkan informasi yg cukup tentang jepang dan sekitarnya.

      Like

    1. hi Erine sorry ya balesnya rada telat nih, mengenai Metro Pass dan SUICA? Tergantung seberapa banyak kamu keliling tokyo sih, Metro Pass hanya dapat digunakan di subway di Tokyo, tdk bs buat train dan TOEI subway juga tidak bisa. Harganya 600Yen utk 1 hari. Saran saya sih kalau dalam sehari kamu enggak puter2 naik turun subway sampe 10x ya mendingan ambil SUICA. SUICA spt prepaid , dan bisa digunakan di Bus, Train, Subway.
      Btw, suka enggak dengan tampilan blog yg baru??

      Cheers

      Like

      1. Kalo berencana jalan seputaran tokyo bisa juga ambil tiket commuter. Dengan harga tertentu kita bisa menggunakan tiket ini sepuasnya selama 24 jam. Tp hanya berlaku untuk JR yamanote line. Dengan tiket ini kita tidak perlu beli tiket di tiap stasiun karena tiket ini akan keluar masuk mesin hingga di stasiun terakhir tempat kita mulai jalan tadi baru tiket tersebut akan di telan oleh
        mesin 🙂

        Like

      2. Hi Thanks buat infonya, wah namanya ditulis donk hehehe, berarti semacam Day Pass tapi khusus Yamanote ya? Buat yg belum tahu yamanote line ini menghubungkan kota-kota yg terkenal di Tokyo, spt Shinjuku, Shibuya. Cheers- Wong

        Like

  34. Tombol English sebenarnya ada 2 versi, ada yang di kiri atas (Biasanya berupa tombol) dan ada yang di kanan atas (Biasanya berupa touch screen).

    Kalau naik kereta hati2, jangan sampai pilih yang bangkunya ada nomernya, biasanya ada kondektur yang bakal nagihin uang extra buat limited express katanya. Jadi itu kereta memang spesial bagi mereka yang butuh kenyamanan dan kecepatan. Uang extranya ga sedikit lho. Bisa berapa kali lipat harga ticket regularnya.

    Like

  35. Tq atas sarana dan petunjuknya Mr Wong. Setelah sy tiba di sana dan memperhatikan tombol menu English version nya ternyata ada di pojok kanan atas pak. Bukan di kiri. Dan di bbrp stasiun tertentu kita hrs membeli tiket sesuai dgn jalur nya. Ttp jgn khawatir jika salah membeli tiket krn akan digantikan oleh petugas tiket dgn uang tunai lg supaya kita bs membeli di track yg benar. Yah begitulah org Jepang, sy suka sistem mereka…fair. Utk mencari train utk jalur tujuan kita cr, sangat mudah krn sdh menggunakan huruf alphbet dan sangat jelas train for…kemana. Dijamin ga kesasar, sy 10 hr ga pernah kesasar. Dan tips berikutnya adalah jika ingin bertanya, sebaiknya bertanya kepada anak sekolah, org muda krn mrk jg rata2 sdh mengerti bhs Inggris sedikit2. Jd tdk perlu khawatir tersesat. Dan satu lg bhw org Jepang sangat suka membantu org asing, pengalaman sy br san dr sana Desember ini, sy sempat dianterin sm seorg ibu penduduk lokal ktk mencari tk buku Book Off, dianterin sampe pintu depan toko…salut buat ibu tsb.

    Like

    1. Thanks Bro Yon utk ralatnya, emank sistemnya oke banget jd org gak merasa disalahkan kalau kurang bayar, tdk spt di aussie, kita sering disangka sengaja kurang bayar. Dan betul Japanese helpful banget sama turis. Kalau ada lg yg bisa di share please do not hesitate… Arigato Gosaimasta

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s